Mengenal dan Tahu Khasiat Terong Belanda
September 21, 2018
Cara Membasmi Kutu Busuk pada Perabotan Rumah
September 21, 2018

Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Makanan

cara mengolah buah mengkudu

Cara Mengolah Buah Mengkudu – Selain buah oleh-oleh seperti apel dan jeruk, kita mengenal banyak buah yang jarang dikonsumsi namun memiliki banyak sekali khasiat, salah satunya adalah buah mengkudu.

Buah mengkudu juga disebut oleh kelompok masyarakat lain sebagai buah pace, cangkudu, kemudu, atau nama internasionalnya adalah noni dan mengkudu adalah buah dari tanaman bernama sama yang banyak ditemui di daratan Asia Tenggara.

Secara umum buah ini memiliki bentuk lonjong seperti sebuah kepalan tangan dan memiliki bintik-bintik pada bagian kulit seperti mata nanas. Warnanya ketika masih kecil adalah hijau sementara ketika buah ini dewasa hampir masak warnanya akan berubah menajadi putih keabu-abuan.

cara mengolah buah mengkudu
Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Santapan Enak

Buah mengkudu memiliki tekstur lembut dan bervolume ideal untuk dimakan sekali habis. Namun, alasan kenapa buah yang satu ini tidak menjadi buah konsumsi adalah karena rasanya yang cenderung pahit. Selain itu, yang paling mengganggu adalah baunya yang menyengat.

Walaupun demikian, penelitian membuktikan bahwa buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Beberapa kandungan yang banyak pada buah mengkudu adalah vitamin, protein, mineral, dan zat antibakteri serta antikanker.

Melihat kandungan nutrisi yang melimpah dari buah mengkudu, bebeberapa pihak rumahan maupun industri kecil telah berusaha membuat olahan dari buah yang kaya manfaat ini, di antaranya adalah sirup.

Baca Juga  Cara Mengungkep Ayam yang Enak dan Lezat yang Bisa Dicoba

Namun, olahan sirup tersebut rasanya tidak kunjung populer karena campuran pemanis dan pewarna serta penambah aroma yang kadarnya diperkirakan lebih banyak ketimbang mengkudunya sendiri. Lalu bagaimana cara mengolah buah mengkudu yang baik?

Nah, tahukah Anda, selain sirup ada juga olahan buah mengkudu dari negara lain atau pun olahan rumahan yang memang tidak populer karena tidak dikomersilkan. Yang pasti, olahan tersebut adalah olahan dari mengkudu yang enak tetapi juga tidak menipu secara komposisi. Berikut ini kami sajikan untuk Anda.

Seain itu, sayangnya kebanyakan orang mungkin enggan untuk mengkonsusmi buah mengkudu dengan alasan rasa dan bau nya yang khas, akan tetapi jangan dulu dibuang karena anda bisa mencoba cara mengolah buah mengkudu menjadi santapan yang lezat.

1. Dibuat menjadi nasi goreng

Pertama, cara mengolah buah mengkudu menjadi santapan enak adalah dengan membuatnya menjadi nasi goreng. Iya, nasi goreng. Untuk olahan yang satu ini, Aanda tidak memerlukan bahan dan cara yang asing. Cukup campurkan irisan buah mengkudu, yang bisa juga sebelunya Anda tumis terlebih dahulu bersama bumbu nasi goreng.

2. Dijadikan sebagai roti afgani

Cara mengolah buah mengkudu yang kedua adalah dngan menjadikannya roti afgani. Seperti namanya, roti ini memang berasal dari Negara Afganistan. Roti ini berbentuk gepeng menyerupai roti kering yang digunakan pada kebab. Dengan mencampurkan buah mengkudu ke dalam adonan roti ini, maka karbodihrat sekaligus nutrisi penuh khasiat akan Anda dapatkan sekaligus ketika sarapan dengan roti afgani.

3. Dijadikan bubur

Cara mengolah buah mengkudu menjadi makanan enak lainnya adalah dengan cara mengolahnya menjadi bubur. Anda jangan membayangkan akan mengolah mengkudu di atas pemasakan. Tidak. Buah mengkudu hanya perlu diblender halus

Kemudian, sajikan di dalam mangkuk dengan potongan buah naga dan taburan biji selasih. Makanan semacam ini sedang populer di kalangan vegetarian. Anda mungkin bisa menikmatinya sambil menenangkan diri dalam meditasi.

Baca Juga  10 Cara Menghilangkan Kutu Beras Paling Ampuh Bisa Dicoba Dirumah

Jika Anda tidak cukup tega menikmati buah mengkudu dalam keadaan mentah, Anda juga dapat memasaknya sebentar. Caranya adalah dengan memblender mengkudu dengan campuran sedikit madu atau bahan lain yang akan mempengaruhi rasa pahitnya. Kemudian, masak sebentar jus mengkudu tersebut hingga aromanya sedikit berubah.

Nah, untuk mendapatkan aroma yang enak dari mengkudu inilah Anda harus jeli dalam memilih bahan campuran. Jika menggunakan campuran madu atau gula, wangi karamel yang akan Anda dapatkan. Kemudian, sajikan dengan irisan buah.

cara mengolah buah mengkudu

4. Dijadikan sebagai kari

Ada juga cara mengolah buah mengkudu supaya enak disantap dengan menjadikannya sebagai kari. Noni curry adalah salah satu makanan yang juga sedang hits di kalangan vegetarian. Caranya adalah dengan merendam beberapa buah mengkudu di dalam toples kaca.

Kenapa toples kaca? Dalam proses selanjutnya adalah dengan menjemur setoples mengkudu tersebut langsung di bawah sinar matahari. Hal itu untuk menaikan suhu di dalam toples agar tidak terjadi pembusukan tetapi juga tidak terjadi pemasakan. Proses ini cukup lama karena bahkan bisa memakan waktu satu bulan.

Setelah kandungan buah mengkudu larut bersama air, pisahkan ampas dan air tersebut. ingat, kita tidak mengambil ampasnya melainkan airnya. Keluarkan ampas dari dalam toples dan pertahankan air yang telah mengandung nutrisi mengkudu tersebut. kemudian masak air mengkudu bersama toples di dalam panci yang berisi air mendidih selama kurang lebih 30 menit. Proses yang panjang ini akan membuat air mengkudu bertahan setidaknya 2 tahun tanpa berjamur.

Baca Juga  5 Cara Mematangkan Alpukat Agar Cepat Matang dan Lezat

Setelah selesai perebusan, buka toples dan biarkan uap air dari air mengkudu tersebut hilang. Setelah cukup dingin, tutup kembali toples dan masukan ke dalam lemari pendingin. Nah, sebenarnya air mengkudu tersebut sudah bisa digunakan sebagai air kari. Selanjutnya hanya perlu menambahkan bumbu rempah-rempah dan beberapa sayuran keras untuk dimasak.

Nah, sahabat, itu tadi adalah beberapa cara mengolah buah mengkudu yang bisa Anda telurusi bahan ideal untuk membuatnya, kemudian diterakan di dapur sendiri. Ingat, jadikan makanan sehat menjadi enak atau jadikan makanan sehat jadi enak!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *