efek samping daun kelor
Inilah 6 Efek Samping Daun Kelor yang Perlu Diantisipasi
August 18, 2018
bedak saripohatji
Punya Jerawat yang Susah Hilang? Pakailah Bedak Saripohatji
August 18, 2018

5 Cara Mengolah Daun Kelor yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Mengolah Daun Kelor – Banyak orang mengenal daun kelor tetapi belum banyak orang yang tahu manfaat daun ini. Dari sebuah penelitian diketahui bahwa daun kelor memiliki kandungan berbagai jenis asam amino yang sangat berguna bagi tubuh.

Para ilmuwan telah mengakui bahwa air rebusan daun kelor banyak manfaatnya. Daun kelor yang diubah menjadi bubuk lebih besar manfaatnya dibandingkan dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sayuran.

Baca Juga  Inilah 6 Efek Samping Daun Kelor yang Perlu Diantisipasi

Daun kelor mengandung nutrisi seperti potasium yang 3 kali lebih banyak daripada pisang, mengandung kalium 4 kali lebih banyak dari susu, mengandung vitamin C 7 kali lebih banyak daripada jeruk dan mengandung vitamin A 4 kali lebih banyak daripada wortel. Selain itu juga mengandung protein yang lebih banyak dari susu.

15 cara mengolah daun kelor

Cara Mengolah daun kelor

Berikut ini beberapa cara mengolah daun kelor:

1. Merebus daun kelor

Daun kelor yang diolah dengan cara direbus, bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi kolesterol. Bahan – bahan yang diperlukan :

– 1 ikat daun kelor yang masih segar

– 500 ml air

Cara Mengolah daun kelor dengan direbus :

Cuci daun kelor hingga bersih lalu masukkan daun kelor ke dalam panci. Masukkan air 500 ml , kemudian masak dengan api sedang. Tunggu hingga air rebusan daun kelor menyusut menjadi setengah atau satu takaran gelas. Selanjutnya tuang ke dalam gelas dan air rebusan daun kelor siap untuk diminum.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Ditumis

Daun kelor bisa dimasak dengan cara ditumis. Saat menumis daun kelor ini, Anda bisa menambahkankan tahu atau bahan lainnya. Bahan – bahan yang diperlukan :

– 1 ikat daun kelor

– Garam secukupnya

– 2 siung bawang putih

– 2 buah cabe merah

– 2 sendok teh saus tiram

– Air secukupnya

– Minyak jagung secukupnya

Cara pengolahan daun kelor dengan ditumis:

Cuci 1 ikat daun kelor hingga bersih. Masukkan minyak jagung pada penggorengan, lalu masukkan irisan bawang putih dan cabe merah. Aduk pelan – pelan sampai tercium aroma harum dari bawang putih. Selanjutnya masukkan daun kelor dan aduk – aduk perlahan.

Jika ingin ditambahkan tahu, bisa ditambahkan sesuai selera. Kemudian masukkan 2 sendok saus teh saus tiram dan garam sesuai selera. Tambahkan penyedap rasa sesuai selera dan air matang secukupnya. Tunggu hingga bumbu meresap lalu koreksi rasa.

3. Dimasak sayur bening

Daun kelor bisa dimasak menjadi sayur bening. Saat memasak sayur bening daun bisa ditambahkan bayam atau jagung muda sesuai selera. Bahan – bahan yang diperlukan :

– 3 siung rimpang kunci

– 3 siung bawang putih

– Gula aren secukupnya

– Garam secukupnya

– Penyedap rasa sesuai selera

15 cara mengolah daun kelor

Cara pengolahan daun kelor dengan dimasak sayur bening :

Cuci daun kelor hingga bersih lalu rebus air hingga mendidih. Masukkan daun kelor dan semua bumbu secara bersamaan. Jika ingin ditambahkan bayam atau jagung juga bisa. Setelah matang lalu angkat. Sayur bening daun kelor sudah bisa dinikmati.

4. Digoreng menjadi bakwan

Selain dibuat menjadi masakan, daun kelor juga bisa dijadikan camilan seperti bakwan. Bahan – bahan yang diperlukan :

– Daun kelor

– Tahu putih

– Tepung terigu

– Garam

– Penyedap rasa

– Minyak jagung

– Air secukupnya

Cara pengolahan daun kelor dengan digoreng menjadi bakwan :

Haluskan tahu putih lalu masukkan daun kelor tanpa batang yang sudah dicuci. Masukkan tepung terigu. Tambahkan air matang, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk hingga menjadi adonan yang menyatu. Selanjutnya panaskan minyak dan goreng seperti menggoreng gorengan pada umumnya. Saat bakwan daun kelor sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Baca Juga  8 Khasiat Daun Tempuyung Yang Wajib Kamu Ketahui

5. Dijadikan teh daun kelor

Daun kelor juga bisa diolah menjadi teh daun kelor. Dengan pengolahan ini, kita bisa mendapatkan khasiat daun kelor dengan maksimal.

Cara pengolahan daun kelor dengan dijadikan teh :

– Petiklah daun kelor yang masih muda dan segar. Daun kelor yang masih muda berwarna hijau sedikit kekuningan.

– Kumpulkan daun kelor yang telah dipetik dan masukkan ke wadah yang bersih. Rendam daun kelor tersebut sambil bersihkan jika ada kotoran pada daunnya.

– Daun kelor yang sudah bersih lalu dikeringkan dengan cara dijemur ditempat yang sejuk atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Karena jika pengeringan daun kelor terpapar sinar matahari secara langsung membuat kandungan gizi daun kelor berkurang. Proses pengeringan ini memakan waktu 3 hari hingga daun kelor menjadi kering dan layu.

– Proses selanjutnya tumbuk daun kelor yang telah kering sampai halus.

– Daun kelor yang sudah halus lalu disimpan di atas nampan dan disimpan di tempat yang sejuk. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah daun kelor cepat busuk, menghilangkan enzim oksidatif dan menghentikan pertumbuhan jamur.

– Selanjutnya teh daun kelor bisa dikonsumsi dengan menuangan air panas dan daun kelor dalam gelas.

Nah, itulah tadi berbagai macam cara untuk mengelola daun kelor agar bisa dimasak dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah buat Kita semua.

Artikel Terkait

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *