manfaat rebusan daun sirsak
22 Manfaat Rebusan daun sirsak dan Kegunaan Daun Sirsak
August 21, 2018
cara mengobati mata bintitan
10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dan Penyebab Bintitan
August 23, 2018

Cara Mengungkep Ayam yang Enak dan Lezat yang Bisa Dicoba

cara mengungkep ayam

Cara Mengungkep Ayam – Kenapa sih ayam harus diungkep? Pastinya untuk mendapatkan citarasa ayam yang gurih dan lezat. Ungkep merupakan cara atau teknik untuk membuat bumbu meresap ke dalam bahan baku. Teknik ungkep biasa dikenal dengan teknik memasak lambat menggunakan api kecil dengan waktu yang lebih lama.

Yang dimaksud dengan cara mengungkep ayam yaitu cara merebus ayam dengan bumbu tertentu hingga ayam empuk dan bumbu meresap ke dalam ayam. Ayam yang hanya direndam lalu digoreng tanpa ungkep rasanya akan sangat berbeda jika ayam diungkep dulu baru digoreng.

Jika proses memasak yang biasa umumnya menutup pori – pori, proses mengungkep justru sebaliknya. Karena dengan proses mengungkep akan memberikan kesempatan untuk bumbu masuk dan meresap ke dalam ayam.

Saat proses mengungkep ayam gunakan bumbu giling halus agar mudah diserap oleh ayam. Dengan menggunakan cara mengungkep ayam, bumbu lebih mudah melepas enzim yang memunculkan aroma khas. Sehingga memberikan citarasa yang lezat dan aroma yang dihasilkan pun mengundang selera.

Baca Juga  Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Berikut Cara Menghilangkan Dahak

Bagi Anda yang bingung apakah bumbu lebih baik diulek atau diblender, sesuaikan pada kondisi. Apabila hanya masak sedikit, bumbu bisa diulek.

Namun jika jumlah yang dimasak banyak sebaiknya bumbu diblender. Kebanyakan orang merasa bahwa bumbu yang diulek lebih mengeluarkan aroma khas daripada diblender. Namun bumbu diblender pun sebenarnya tidak masalah.

Karena bisa disiasati dengan menumis bahan – bahan bumbu dengan minyak sedikit baru kemudian memblender bumbu tersebut. Ingat, bumbu yang halus akan semakin mudah meresap ke dalam ayam.

cara mengungkep ayam

Cara Mengungkep Ayam yang Enak dan Lezat

Cara untuk mengungkep ayam untuk membuat ayam goreng biasanya membutuhkan waktu 30 – 45 menit dan lihat ayamnya sudah empuk atau belum. Jika Anda masih bingung dengan cara mengungkep ayam, simak cara – caranya berikut ini.

1. Memotong ayam dengan ukuran sama

Potonglah ayam dengan ukuran yang sama sebelum memulai proses mengungkep.

2. Menggunakan bumbu – bumbu pilihan

Pada dasarnya, mengungkep menggunakan bumbu – bumbu seperti bawang putih, ketumbar, jahe, daun jeruk, kunyit, jahe, dll. Bumbu – bumbu inilah yang memberikan citarasa lezat olahan ayam.

3. Mengganti air dengan air kelapa

Anda dapat menambahkan air kelapa bersama bumbu dan rempah yang telah dihaluskan untuk merebus ayam. Penambahan air kelapa ini dimaksudkan agar ayam lebih cepat empuk dan rasanya jauh lebih lezat.

Baca Juga  5 Cara Efektif Mengecilkan Perut Dengan Jeruk Nipis dan Bahan Alami

4. Penambahan air secukupnya saja

Air yang ditambahkan saat mengungkep ayam sebaiknya tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan saat direbus daging ayam juga akan mengeluarkan cairan. Jadi tambahkan air secukupnya saja.

5. Cara mengungkep ayam menggunakan panci presto atau wajan

Jika Anda akan mengungkep ayam broiler atau ayam kampung yang masih muda, Anda bisa menggunakan wajan untuk mengungkep. Namun jika yang diungkep adalah ayam kampung besar yang dagingnya alot atau yang agak tua, gunakan panci presto untuk menyingkat waktu.

6. Menggunakan api kecil saat memasak

Teknik ungkep biasanya menggunakan api kecil dan waktu lama agar membuat bumbu meresap dan daging ayam matang dengan sempurna.

7. Tutup panci saat mengungkep

Saat mengungkep ayam, tutuplah rapat – rapat wajan atau panci agar sari – sari bumbu tidak menguap begitu saja. Menutup wajan atau panci akan membuat aroma dan rasa lebih gurih dan lezat.

8. Teknik mengungkep hingga air rebusan menyusut
Air rebusan yang menyusut saat proses mengungkep biasanya merupakan tanda bahwa bumbu lebih meresap ke dalam ayam.

Setelah mengetahui cara mengungkep ayam, Anda bisa mencoba resep mengungkep ayam di bawah ini.

cara mengungkep ayam
Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Bahan – bahan :

– 1 ekor ayam potong menjadi beberapa bagian.

– 2 batang sere digeprek

– 3 lembar daun salam

– 2 ruas kunyit yang dihaluskan

– 1 sdm ketumbar bubuk

– 3 butir kemiri dihaluskan

– 6 siung bawang putih dihaluskan

– 1 ruas jahe dihaluskan

– 2 ruas laos dihaluskan

– Garam secukupnya

– Kaldu bubuk secukupnya

– Air secukupnya

Cara memasak :

– Masukkan salam, sere, garam, ketumbar, kaldu bubuk dan semua bumbu yang telah dihaluskan.

– Masukkan ayam ke dalam panci, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menutupi semua permukaan ayam.

– Didihkan dengan api kecil, tunggu hingga air menyusut dan bumbu meresap kemudian angkat.

– Ayam bumbu ungkep ini bisa langsung digoreng ataupun disimpan di dalam kulkas dulu, jika sewaktu – waktu membutuhkan tinggal digoreng.

Itulah tadi berbagai macam cara untuk mengungkep ayam yang enak dan lezat dan semoga saja artikel di atas tadi dapat bermanfaat untuk kita semua selamat memasak.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *