cara menghias nasi tumpeng
5 Cara Menghias Nasi Tumpeng Untuk Agustusan Agar Terlihat Cantik
August 27, 2018
manfaat okra hijau
13 Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
August 27, 2018

Cara Mengusir Cicak dan Cara Membasmi Cicak Di Rumah

cara mengusir cicak

Cara Mengusir Cicak – Mungkin Anda pernah mengalami, ketika sedang bersantai di rumah tiba – tiba Anda kaget karena kejatuhan sesuatu yang basah dan berbau yaitu kotoran cicak. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan, apalagi jika kotoran tersebut terjatuh di bagian tubuh Anda.

Kebanyakan orang merasa jengkel dengan keberadaan cicak. Selain karena membuang kotoran di sembarang tempat, terkadang cicak juga menyelinap dan hinggap pada makanan.

Baca Juga  Cara Mengusir Tokek Dengan 13 Tips Sederhana Ini

Jika Anda melihat cicak telah mencicipi makanan Anda, sebaiknya Anda segera membuang makanan tersebut. Pasalnya cicak ternyata menimbulkan beberapa bahaya yang mengintai Anda, sehingga membuat Anda harus mengetahui cara mengusir cicak.

Beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh cicak yaitu :

cara mengusir cicak

1. Air liur cicak
Jika Anda pernah menemukan cicak hinggap pada makanan atau minuman, segeralah buang makanan atau minuman tersebut. Pasalnya, makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan air liur cicak berpotensi terkena bakteri yang dibawa oleh cicak melalui air liurnya.

2. Kotoran cicak
Anda perlu waspada jika Ada cicak yang merayap tak jauh dari makanan Anda. Apabila makanan Anda kejatuhan kotoran cicak pastinya membuat Anda jijik dan hilang nafsu makan. Selain itu, makanan yang tercemari kotoran cicak pastinya tidak boleh dikonsumsi.

Segelarah buang makanan tersebut dan cuci sampai bersih wadah makanan yang terkena kotoran cicak. Hal itu perlu dilakukan karena kotoran cicak mengandung bakteri Escherichia Coli atau biasa disebut bakteri E Coli.

Bakteri E Coli yang masuk ke dalam sistem pencernaan manusia menyebabkan adanya mikroba yang menjadi racun pada sistem pencernaan. Sehingga mengakibatkan sakit perut.

3. Kulit cicak
Kulit cicak juga berbahaya karena berpotensi mengeluarkan racun. Jadi Jangan biarkan cicak menyentuh makanan atau minuman Anda.

Cara Mengusir Cicak dan Cara Membasmi Cicak yang Mengganggu Di Rumah

cara membasmi cicak

Mengetahui bahaya – bahaya yang ditimbulkan oleh cicak, pastinya Anda semakin kesal dan semakin ingin mengusirnya pada cicak. Simak cara mengusir cicak berikut ini :

1. Usir nyamuk dan serangga di rumah Anda

Cicak merupakan hewan pemakan nyamuk dan serangga. Jika Anda ingin cicak jauh – jauh dari rumah Anda, sebaiknya Anda usir hewan – hewan yang menjadi makanan cicak. Dengan tidak adanya nyamuk dan serangga di rumah Anda, secara otomatis cicak akan pergi dari rumah Anda.

2. Pelihara kucing

Kucing suka dengan hewan kecil yang bergerak – gerak. Cara membasmi cicak untuk mengurangi populasi cicak, Anda bisa memelihara kucing. Kucing biasanya menjadikan cicak atau hewan kecil sebangsa cicak sebagai mainannya. Sehingga cicak akan menyingkir jika ada kucing.

3. Menutup makanan dan minuman dengan rapat.

Jika Anda sudah mengurangi populasi nyamuk dan serangga di rumah Anda, Anda juga harus menutup rapat – rapat semua makanan dan minuman di rumah Anda.

Cara membasmi cicak dengan mmenutup rapat makanan dan minuman ini dimaksudkan agar cicak tidak bisa menjangkau makanan atau minuman tersebut. Jika sudah tidak ada makanan yang bisa cicak makan, maka cicak akan pergi dari rumah Anda.

Baca Juga  10 Cara Mengusir Tikus Curut yang Bandel Secara Alami

4. Menjaga kebersihan rumah

Cicak menyukai tempat gelap dan kotor. Selain muncul di langit – langit rumah, ternyata cicak menyukai kolong meja dan kolong lain yang gelap dan kotor. Cara mengusir cicak dengan menjaga rumah Anda tetap bersih agar cicak tidak muncul di rumah Anda.

5. Menutup ventilasi dan celah pada rumah

Cicak biasanya masuk melalui ventilasai atau celah yang ada di rumah. Salah satu cara membasmi cicak adalah dengan menutup ventilasi dengan jaring – jaring kawat dan menutup celah lain yang menjadi akses masuk cicak ke rumah.

6. Gunakan kapur barus

Kapur barus memiliki aroma menyengat yang tidak disukai cicak. Anda bisa menggunaka kapur barus untuk mengusir cicak. Anda dapat meletakkan kapur barus di tempat – tempat yang biasa dilalui cicak atau bisa juga menggantung kapur barus tersebut.

7. Gunakan kulit telur

Kulit atau cangkang telur dapat digunakan untuk mengusir cicak. Anda hanya perlu meletakkan kulit telur di ruangan. Karena cicak tidak suka bau amis, maka cicak akan menyingkir.

8. Gunakan bulu merak

Cara mengusir cicak menggunakan bulu merak yaitu dengan mengikat bulu merak dan menggantungkannya di beberapa bagian sudut rumah Anda. Corak pada bulu merak akan membuat cicak mengira itu adalah predator lain. Cara ini efektif untuk menakuti cicak dan membuat cicak menyingkir dari rumah Anda.

9. Gunakan cairan anti nyamuk

Selain membunuh nyamuk, spray anti nyamuk juga bisa digunakan untuk mengusir cicak. Cairan anti nyamuk memiliki bau yang sangat menyengat, membuat cicak tidak betah dan langsung pergi dari rumah Anda.

10. Gunakan karet gelang

Anda bisa menggunakan karet gelang untuk menembak cicak yang merayap di langit – langit ataupun di tembok. Saat menembak, arahkan tembakan pada tubuh cicak. Jika cicak yang tertembak karet gelang telah jatuh, Anda bisa membuang cicak tersebut.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mengusir cicak dan cara membasmi cicak di rumah dan semoga saja cara-cara di atas dapat mengusir cicak yang berada di rumah yah selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *