Cara Membasmi Kutu Busuk pada Perabotan Rumah
September 21, 2018
Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel
September 22, 2018

Cara Mengusir Kelelawar dengan Ampuh

Cara mengusir kelelawar – Sahabat, apakah Anda pernah mendapati lantai teras rumah kotor tahi dan potongan-potongan buah? Padahal, di atasnya atau di bagian atap tidak ada apa-apa. Anehnya, ketika dibersihkan, kotoran itu kembali lagi esok hari. Nah, biasa jadi itu adalah kotoran dari kelelawar yang tinggal di teras rumah Anda.

Kelelawar adalah satu hewan terbang tetapi bukan dari jenis yang sama dengan burung, melainkan mamalia. Berbeda dengan burung, kelelawar tidak disukai oleh kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan kelelawar kadang mengeluarkan suara yang berisik dan memiliki bentuk yang tidak sedap dipandang. Selain itu, walaupun kelelawar tinggal tidak bersarang dan hanya hinggap, kelelawar kerap membuat kotor tempat yang dihinggapi. Hewan ini suka buang kotoran sembarangan dan meninggalkan buah bekas makanan di mana-mana.

 

Bukan suatu masalah apabila kelelawar tinggal dan membuat kotor di pohon pekarangan. Namun, jadi masalah jika kelelawar tinggal di atap rumah terutama di teras. Lalu apa yang harus dilakukan? Tentu saja mengusirnya karena dia yang datang terakhir ketimbang kita. Jika Anda mau melakukannya dengan rajin, kelelawar sebenarnya mudah jengah jika diganggu rutin, misalnya dengan mengobrak-abriknya menggunakan sapu lidi setiap siang. Namun, apabila cara tersebut gagal, kami punya tips lain cara mengusir kelelawar dengan ampuh. Simak di bawah ini.

Pertama-tama kita harus memahami karakteristik kelelawar terlebih dahulu sebelum menentukan cara mengusirnya.

Singkatnya, kelelawar adalah hewan nokturnal yang suka dengan intensitas cahaya rendah. Selain itu, kelelawar terkenal memiliki pendengaran yang sangat baik dan sangat peka sehingga sangat sulit ditangkap dengan tangan kosong. Kelelawar kerap tinggal di goa karena goa memenuhi unsur tenang, lembab, dan gelap.

Hal lain yang harus Anda pahami adalah apakah di sekitar rumah ada pohon buah yang banyak matang. Hal tersebut adalah pemicu datangnya kelelawar sehingga mungkin akan butuh penanganan ekstra mengusir kelelawar sebelum musim buah tersebut selesai.

 

Baca Juga  Efek Samping Suntik Difteri, Efek Suntik Difteri, Efek Samping Vaksin Difteri, Efek Imunisasi Difteri

Itu tadi adalah hal-hal sederhana yang harus kita ingat mengenai kelelawar. Dengan memahami hal sederhana mengenai kelelawar tersebut, kita dapat menentukan beberapa hal untuk mengusir kelelawar, yaitu sebagai berikut.

Cara mengusir kelelawar yang pertama, yaitu kita harus membuat tempat yang ditempati kelelawar tersebut tidak gelap. Dengan membuatnya terang, maka kelelawar akan merasa terganggu pengelihatannya dan merasa tidak nyaman. Untuk itu, Anda bisa memasanginya lampu cahaya putih yang terang atau mengganti salah satu genting tanah dengan genting kaca yang transparan oleh cahaya. Dengan cahaya yang cukup, tempat yang ditinggali kelelawar tersebut juga akan memiliki suhu kering yang merupakan bukan tempat ideal bagi kelelawar.

 

Cara mengusir si kelelawar yang kedua, yaitu dengan membuat tempat yang ditinggali kelelawar menjadi berisik. Dengan memberi suara-suara kecil seperti dari pengeras suara atau pun bekas mainan anak-anak, kita dapat mengganggu navigasi kelelawar yang terbang memanfaatkan resonansi suara.

Resonansi kelelawar yang kacau akan membuatnya kesulitan hinggap di tempat yang dia tentukan. Efeknya adalah kelelawar hanya akan berputar-putar tanpa bisa mendekati tempat yang biasa dijadikannya menggantung.

Cara mengusir kelelawar bandel yang ketiga, yaitu menggunakan bahan kimia. Bahan kimia yang dapat kita gunakan adalah kapur barus, cairan pembersih lantai, atau yang lainnya. Bahan tersebut dicampurkan dengan air secukupnya, lalu disemprotkan ke tempat biasa kelelawar hinggap. Dengan bau kapur barus yang menempel, kelelawar tidak akan menyukainya. Anda mungkin perlu melakukannya berulang-ulang karena kapur barus dapat mudah hilang menguap.

 

Cara mengusir hewan kelelawar yang keempat adalah menggunakan terasi. Tahukan Anda bahwa kelelawar, terutama kelelawar buah, sangat tidak menyukai terasi. Meskipun banyak orang mengira bahwa kelelawar sebagai omnivora, kenyataannya kelelawar tidak menyukai bau menyengat dari beberapa bahan makanan seperti terasi.

Selain terasi, kita mengenal bahan menyengat lainnya yaitu belerang. Anda dapat mendapatkan belerang dalam bentuk bongkahan. Kemudian, bongkahan tersebut digantung atau diletakkan di dekat tempat kelelawar biasa hinggap. Selain baunya yang menyengat, belerang juga mengeluarkan suhu panas yang tentunya tidak disukai kelelawar.

 

Baca Juga  Penyebab Biduran dan Cara Mengatasi Biduran Dengan Mudah

Nah, sahabat, itu tadi adalah cara mengusir kelelawar yang ampuh untuk dilakukan. Demi kesehatan keluarga, tetap jaga kebersihan tempat tinggal ya!

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *