manfaat vaseline lip therapy
Manfaat Vaselin Lip Therapy untuk Bibir Kering dan Pecah – Pecah
August 25, 2018
telinga berdenging sebelah kiri
Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya
August 27, 2018

Cara Mengusir Tokek Dengan 13 Tips Sederhana Ini

cara mengusir tokek

Cara Mengusir Tokek – Tokek merupakan hewan mirip cicak yang berukuran lebih besar dan memiliki kulit punggung yang bersisik dan berbintik

Sebagian orang merasa terganggu dengan keberadaan tokek. Pasalnya suara yang ditimbulkan tokek keras dan berisik. Terkadang tokek meninggalkan jejak kaki dan kotoran yang mengotori rumah.

Umumnya tokek hidup dipohon tetapi kadang – kadang bisa juga tiba – tiba muncul di dalam rumah. Biasanya tokek menempel pada dinding atau atap rumah yang sulit dijangkau, sehingga membuatnya susah diusir.

Jika ada tokek yang muncul di rumah Anda, Anda bisa mencoba cara mengusir tokek berikut ini.

13 Cara Mengusir Tokek Dengan 13 Tips Sederhana Ini

cara mengusir tokek

1. Gunakan cairan pembasmi serangga

Tokek akan merasa terganggu dengan bau menyengat yang dikeluarkan oleh cairan pembasmi serangga. Anda bisa memanfaatkan cairan pembasmi serangga untuk mengusir tokek dari rumah Anda.

Caranya : Semprotkan cairan pembasmi serangga pada tempat persembunyian tokek atau tempat dimana tokek tersebut berada.

2. Gunakan bawang merah

Bawang merah memiliki bau yang tajam, pedas dan panas sehingga bisa digunakan sebagai cara mengusir tokek.

Caranya : Potong bawang merah menjadi beberapa bagian lalu letakkan potongan bawang merah di tempat persembunyian tokek atau bisa juga ditempat munculnya tokek.

Baca Juga  10 Cara Mengusir Tikus Curut yang Bandel Secara Alami

3. Gunakan bawang putih

Selain tidak menyukai bawang merah ternyata tokek juga tidak menyukai aroma bawang putih. Anda bisa menggunakan bawang putih untuk mengusir tokek.

Caranya : Iris bawang putih menjadi beberapa bagian kemudian letakkan bawang tersebut ke tempat dimana tokek berada. Anda juga bisa menggeprek bawang putih kemudian menaruhnya di tempat persembunyian tokek.

4. Gunakan kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki aroma menyengat yang tidak disukai tokek. Anda bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengusir tokek dari rumah Anda.

Caranya : Letakkan kulit jeruk dimana tokek berada bahkan di sarang persembunyiannya maka tokek akan menyingkir untuk menghindari kulit jeruk.

5. Gunakan cangkang telur.

Anda mungkin bertanya – tanya, bagaimana cangkang telur kok bisa menjadi cara mengusir tokek. Cangkang telur yang diremukkan lalu ditaruh di tempat persembunyian tokek akan membuat si tokek mengira kalo cangkang telur itu miliknya yang dihancurkan oleh hewan lain. Maka tokek akan pergi dari tempat tersebut.

Caranya: Remukkan cangkang telur lalu letakkan remukan cangkang telur itu di tempat persembunyian tokek.

6. Gunakan tongkat panjang

Anda bisa menggunakan tongkat panjang untuk mengusir tokek yang muncul di rumah Anda.

Caranya : Pukul dinding atau langit – langit disekitar tokek berada, hal ini akan membuat tokek terganggu dan efektif untuk menghalau tokek tersebut.

cara mengusir tokek

7. Gunakan asap dari daun kering

Cara mengusir tokek menggunakan asap bisa membuat tokek merasa terganggu dan membuat tokek menyingkir.

Caranya : Masukkan daun kering ke dalam kaleng lalu bakar daun kering dengan api kecil. Kemudian asap yang dihasilkan arahkan di tempat tokek berada.

8. Gunakan lem tikus

Cara mengusir tokek menggunakan lem tikus hampir sama seperti saat menjebak tikus. Buatlah perangkap untuk tokek agar tokek terjebak dalam perangkap yang Anda buat.

Baca Juga  Inilah 6 Efek Samping Daun Kelor yang Perlu Diantisipasi

Caranya : Oleskan lem tikus pada triplek dengan ukuran 30 X 30 cm atau sesuai ukuran yang Anda inginkan. Kemudian letakkan makanan yang disukai tokek di tengah – tengah olesan lem untuk memancing tokek tersebut. Letakkan perangkap tersebut di dekat tempat persembunyian tokek atau di tempat yang dilalui tokek.

9. Gunakan merica dan bawang merah

Jika cara untuk mengusir tokek dengan bawang merah dirasa kurang maksimal, Anda bisa menggunakan campuran merica dan bawang merah. Karena campuran kedua bahan tersebut menghasilkan efek yang lebih pedas dan lebih panas.

Caranya: Tumbuk merica dan bawang merah hingga halus, kemudian tambahkan 1 gelas air. Masukkan larutan merica dan bawang merah ke botol semprotan. Semprotan tersebut sudah bisa digunakan sebagai cara untuk mengusir tokek.

10. Gunakan kopi

Kopi memiliki aroma khas yang disukai manusia. Namun aroma khas dari kopi ini ternyata tidak disukai oleh tokek, bahkan bisa dijadikan cara untuk mengusir tokek.

Caranya: Tebarkan bubuk kopi atau biji kopi di tempat – tempat yang biasa didatangi tokek.

11. Gunakan tembakau

Selain kopi, tembakau juga dipercaya ampuh untuk mengusir tokek.

Caranya : Sediakan tembakau secukupnya lalu letakkan tembakau di tempat dimana tokek berada.

12. Gunakan lotion anti nyamuk

Bukan hanya nyamuk yang membenci lotion anti nyamuk tapi ternyata tokek juga membencinya. Bau kimia pada lotion anti nyamuk membuat tokek merasa tidak nyaman dan membuatnya menyingkir.

Caranya: Oleskan lotion anti nyamuk pada tempat – tempat yang biasa di datangi tokek.

13. Gunakan getah nangka

Getah nangka memiliki daya lengket yang cukup kuat untuk menangkap tokek.

Caranya : Tempelkan getah nangka pada bambu atau kayu yang panjang kemudian tempelkan ujung kayu yang ada getahnya itu pada tokek. Tokek akan menempek di ujung kayu tersebut.

Ituah tadi pembahasan mengenai berbagai macam cara mengusir tokok dirumah dan semoga saja artikel ini dapat membantu Anda yah untuk mengusir tokek selamat mencoba.

Artikel Terkait

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *