Cara Mengusir Kelelawar dengan Ampuh
September 22, 2018
cara membasmi lalat
8 Cara Membasmi Lalat Dengan Bahan Murah Meriah Dirumah
September 22, 2018

Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel

Cara merapikan gigi tanpa behel – Gigi menjadi masalah yang dipentingkan oleh orang-orang sekarang. Gigi dianggap menjadi penunjang kecantikan dan kesehatan yang menentukan penampilan. Untuk itu, perawatan gigi banyak dipilih demi mengatasi masalah yang ada. Hingga hari ini, perawatan gigi menggunakan behel masih menjadi yang paling populer di kalangan para dokter kecantikan. Namun, bagi beberapa orang, behel sangat mengganggu dan tidak nyaman dipakai. Oleh karena itu banyak orang menjadi ragu untuk menggunakannya. Apakah Anda juga demikian?

 

Apabila Anda merasa enggan datang ke dokter untuk masalah gigi ini, Anda dapat mencoba beberapa cara merapikan gigi tanpa behel yang sudah populer dilakukan oleh orang-orang zaman dulu. Cara-cara yang berikut ini sudah dilakukan sebelum adanya teknologi behel. Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

Cara merapikan gigi tanpa behel yang pertama adalah dengan membuat kebiasaan lidah. Kebiasaan lidah yang dimaksud adalah kebiasaan untuk memberi tekanan pada gigi. Cara sederhana ini mungkin terdengar sangat sepele, tetapi kenyataannya konsep behel pun sama halnya, yaitu memberi tekanan pada gigi. Hanya saja cara ini memang tidak bisa efektif pada semua kasus kerusakan gigi. Cara-cara ini hanya dapat digunakan untuk gigi tidak rata atau gingsul kebanyakan.

Selain memberi tekanan dengan lidah untuk membuat gigi bergerak ke arah luar, Anda dapat memberi tekanan dengan ibu jari secara lembut dari luar ke dalam. Sebelum melakukannya, cobalah kumur dengan air hangat agar gigi dan gusi rileks. Cara ini sering digunakan oleh orangtua zaman dulu untuk membenarkan bentuk mulut anak mereka yang monyong.

Cara merapikan gigi yang kedua adalah dengan centong nasi berbahan kayu. Cara yang satu ini sudah populer sejak lama. Dengan memanfaatkan centong kayu yang hangat, gigi ditekan-tekan sesuai letak yang diinginkan. Centong kayu tidak akan melukai mulut karena bahannya yang melentur jika terkena hangat. Hangat yang didapatkan dari nasi tersebut juga akan membuat gigi lebih rileks.

Nah, itu tadi adalah cara-cara unik untuk merapikan gigi yang memang terkesan ekstrim dan primitif. Jika Anda memang lebih mengutamakan alat-alat yang dikeluarkan oleh dunia medis modern, beberapa alat yang berkonsep seperti behel juga dapat digunakan. Beberapa alat itu adalah sebagai berikut.

 

Baca Juga  Manfaat Okra Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Pertama, cara merapikan gigi menggunakan invisalign. Singkatnya, invisalign adalah kawat yang digunakan untuk memberi tekanan gigi, persis seperti behel. Namun, alat ini tidak harus dipakai setiap hari. Invisalign bisa Anda lepas kapan pun Anda mau. Jika kemajuan kondisi gigi Anda bagus, maka seminggu sekali atau dua minggu sekali Anda harus memeriksakannya kembali ke dokter untuk mendapat design invisalign yang baru, yang sesuai kondisi bentuk gigi terbaru.

Apabila masalah gigi yang Anda alami hanyalah ketidakrataan pada bagian depan, alat yang cocok dipakai adalah Inman Align. Alat ini merapikan gigi dengan waktu yang satu cepat, yaitu sekitar satu bulan hingga dua bulan saja. Lebih menguntungkan lagi alat ini dapat dilepas dan dipasang dengan mudah sehingga Anda tetap bebas menyantap makanan kesukaan.

 

Alat lain yang mudah dilepas dan dapat efektif digunakan sebagai cara merapikan gigi tanpa behel adalah teeth trainer. Apakah Anda ingat mainan gigi drakula ketika masih kecil? Kira-kira begitulah alat itu digunakan. Dengan teeth trainer yang berbahan karet, Anda hanya perlu memasangnya selama 1-2 jam setiap harinya. Alat ini mudah dicuci sehingga tidak menjadi sumber bakteri bagi mulut. Sama dengan inman invisalign, Anda harus kerap memeriksakkan teeth trainer ke dokter apabila kemajuan kondisi gigi Anda cepat.

Alat terakhir yang dapat digunakan sebagai cara merapikan gigi tanpa behel adalah headgear. Alat yang satu ini digunakan untuk merapikan gigi di bagian depan saja, terutama gigi bagian atas. Caranya adalah dengan memberi tekanan pada rahang atas sehingga menciptakan ruang untuk salah satu gigi yang tidak rata dapat masuk menyempil di antara gigi lain.

Anda mungkin tidak akan menyukai alat yang satu ini karena pemasangannya yang cukup ribet dan membuat Anda seperti berkepala robot. Namun, baiknya, alat ini hanya perlu digunakan ketika Anda tidur malam saja sehingga tidak mengganggu penampilan Anda ketika siang hari. Beberapa orang memilih cara ini karena tidak harus mencabut beberapa gigi seperti halnya jika kita melakukan pemasangan behel.

Nah, sahabat, itu tadi adalah cara-cara dan alat-alat yang bisa digunakan untuk merapikan gigi. Cara merapikan gigi tanpa behel kini memang terus diperbaharui. Namun, apabila Anda memang membutuhkan behel demi kesehatan, jangan ragu untuk memasangnya di dokter ahli. Intinya, sahabat, jangan malu hidup sehat, ya!

 

Baca Juga  Cara Merontokan Gigi Berlubang Dengan 5 Bahan Alami

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *