Cara Menghentikan Cegukan dengan Benar
September 20, 2018
kosakata bahasa jerman
Belajar dan Mengenal Kosakata Bahasa Jerman Sehari-Hari
September 21, 2018

10 Cara Merawat Softlens Untuk Pemula Agar Awet dan Aman

cara merawat softlens

Cara Merawat Softlens – Menggunakan soflens memang bisa menjadi salah satu solusi jika anda tidak ingin menggunakan kacamata, karena mungkin beberapa orang menilai menggunakan soflens bisa terlihat lebih keren dibandingkan dengan menggunakan kacamata.

Misalnya saja warna soflens mata bisa kita pilih sesuka hati mulai dari warna merah, hijau, coklat bahkan warna lainnya yang pasti lebih indah dilihat akan tetapi menggunakan soflens tidak sembarangan dan harus hati-hati apalagi jika anda pemula.

Karena dalam kebanyakan kasus soflens sangat mudah robek dan rusak disaat membuka soflesn entah itu robek karena jari atau karena hal lainnya, lalu bagaimanakah cara merawat softlens agar awet dan aman?

cara merawat softlens
10 Cara Merawat Softlens Untuk Pemula AGar Awet dan Aman

1.Pastikan tangan kita bersih.

Tangan yang bersih akan meminimalisir penyebaran bakteri dan kotoran dari tubuh kita ke softlens yang akan kita pakai. Cucilah tangan dengan cairan pencuci tangan atau sabun di kamar mandi. Lalu bersihkan tangan dengan handuk kering.

Kebersihan tangan merupakan hal mutlak jika kamu masih menjadi pengguna softlens pemula. Bukan berarti jika sudah lama anda bisa seenaknya sendiri. Para pengguna softlens yang lebih senior kadang juga masih sering menyepelekan prosedur standar ini. Sehingga bisa berakibat perpindahan kotoran atau bakteri ke softlens dan menyebabkan iritasi ringan.

2.Pastikan anda tidak membuang kotak softlens

Selain untuk tempat menaruh kembali. Kotak softlens berisi informasi kadaluarsa pemakaian softlens. Jika anda menaruh kotak sembarangan.

Maka anda tentu tidak ingat dengan standar tanggal kadaluarsa softlens tersebut. Sementara masa kadaluarsa softlens berbeda-beda, ada yang satu hari, sebulan, tiga bulan dan bahkan enam bulan. Selain menjaga kotak, anda juga wajib menjaga wadah penyimpanan softlens (lens case). wadah ini berfungsi menjaga softlens agar tidak anda taruh di sembarang tempat.

Baca Juga  Awas Ini 4 Bahaya Softlens dan Cara Aman Menggunakannya

3.Pastikan kuku anda tidak panjang dan bertekstur halus

Kuku panjang berpotensi menggores softlens. Begitu juga tekstur kuku yang kasar ketika mengusap mata bisa membuat resiko tergores pada softlens.

4.Memakai make up terlebih dahulu sebelum memakai softlens

Prosedur standar ini mesti diperhatikan karena ketika menggunakan make up setelah memasang softlens. Maka serbuk-serbuk riasan make up bisa mengotori softlens yang berada di mata. Usahakan menggunakan make up dahulu, kemudian mencuci tangan dengan bersih. Baru kemudian memasang softlens.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju Tanpa Merusak Kain

5.Jangan sekali-kali menggunakan air keran untuk mencuci softlens

Air keran sarat dengan kuman, bakteri dan mikroorganisme bebas, Sementara softlens adalah benda yang setiap hari bertengger di mata kita. Jadi jangan gadaikan kesehatan mata anda hanya demi kepraktisan semata. Air keran hanya digunakan mencuci tangan dengan sabuk.

Kemudian keringkan tangan dengan handuk kering juga. Sementara untuk membasuh softlens gunakan cairan khusus yang telah disediakan dari optik atau dokter. Serta jangan gunakan cairan bekas mencuci softlens untuk membasuh softlens di kesempatan berikutnya. Karena biasanya larutan pembersih yang telah digunakan untuk membersihkan akan berkurang daya pembersihnya (desinfektan).

6.Jangan memberikan softlens anda ke orang lain. Begitu juga sebaliknya

Kesehatan mata tiap orang berbeda. Sehingga anda jangan mengorbankan resiko menggunakan softlens bekas hanya demi hemat biaya.

Perpindahan softlens dari satu mata ke mata orang lain berpotensi menyebarkan bibit bakteri dan bisa jadi infeksi yang diderita penderita sebelumnya. Anda tidak mau kan terpapar penyakit dari temen anda? Ini juga menjadi tugas anda menjelaskan kepada teman anda yang mungkin ngeyel meminta softlens bekas dari anda.

7.Hindari pemakaian softlens saat tidur

Selain menjadi kebiasaan buruk, Memakai softlens saat tidur juga tidak memberikan mata beristirahat dengan baik. Softlens yang digunakan saat tidur berpotensi membuat mata tidak bisa menyerap oksigen dengan baik. Selain itu, terus menerus menggunakan softlens saat tidur dapat membuat mata kering dan berujung menjadi iritasi.

Baca Juga  8 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami yang Bisa Dicoba Dirumah

8.Pastikan kesehatan mata anda juga

Selain cara merawat softlens dengan baik, Anda juga wajib memperhatikan kesehatan mata. Setidaknya dengan memberikan obat tetes mata khusus pengguna softlens (bukan obat tetes mata reguler ya). obat tetes mata khusus pengguna softlens ini berfungsi membersihkan mata, mengurangi mata kering, serta potensi penumpukan protein atau kotoran.

cara merawat softlens

9.Membawa cairan softlens kemanapun anda pergi

Layaknya membawa peralatan bayi bagi ibu yang mempunyai anak. Anda bisa mengadopsi cara serupa. Dengan menyediakan tas kecil atau menyisipkan di dalam tas ketika anda berpergian kemanapun anda pergi. Cara ini selain dapat mendisiplinkan anda.

Juga meminimalisir meremehkan kebersihan softlens. Berpergian jauh ke luar kota atau travelling singkat sehari kadang membuat orang melupakan hal-hal kecil. Usahakan selalu menyiapkan list daftar barang yang mesti anda bawa.

10.Jangan gunakan softlens ketika mandi atau berenang

Paparan air keran dan air kolam renang bisa membuat penumpukan kotoran di softlens yang anda kenakan. Selain itu, potensi softlens lepas dari mata juga bisa terjadi walaupun kemungkinannya kecil.

Selain cara-cara paling awal di atas. Sebagai pengguna softlens anda juga harus sadar dengan perubahan kenyamanan di mata. Semisal ketika dalam perjalanan memakai softlens anda merasa mata mulai tidak nyaman, perih atau terasa sakit. Berarti terjadi perubahan kenyamanan di mata. Jangan diteruskan, cobalah untuk melepas softlens beberapa saat. Lalu konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin sebelum terjadi iritasi lebih parah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *