cara menyanggul rambut
Mengintip 3 Cara Menyanggul Rambut Paling Mudah Untuk Ditiru
August 21, 2018
cara mengeluarkan dahak pada anak
Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Berikut Cara Menghilangkan Dahak
August 21, 2018

Cara Merebus Daun Sirsak Agar Bermanfaat Dengan Cara yang Benar

cara merebus daun sirsak

Cara Merebus Daun Sirsak – Kebanyakan orang menyukai buah sirsak karena buah tersebut enak dikonsumsi dan bergizi.

Selain buahnya yang bermanfaat ternyata daunnya pun tak kalah bermanfaat juga. Daun sirsak mengandung senyawa yang berkhasiat untuk kesehatan. Daun sirsak mulai populer sejak ada penelitian yang menunjukkan bahwa daun sirsak memiliki senyawa yang mampu mengobati kanker.

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Cancer Prevention menyebutkan kandungan zat annonaceous acetogenins yang ada dalam daun sirsak dapat menghambat sel kanker.

Penelitian lain dilakukan oleh peneliti dari University of Nebraska Medical Center menemukan bahwa ekstrak daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas.

Baca Juga  Cara Mengolah Kulit Manggis Untuk Kesehatan Secara Lengkap

Di dalam daun sirsak terkandung Acetogenin yang merupakan senyawa aktif yang bersifat sitotoksik atau membunuh racun di dalam tubuh. Selain itu senyawa tersebut juga membantu menghambat transport adenosina trifosfat atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

cara merebus daun sirsak

Cara Merebus Daun Sirsak Agar Bermanfaat Dengan Cara yang Benar

Dalam beberapa penelitian lain juga disebutkan bahwa daun sirsak memiliki zat antiradang dan antibakteri. Namun jika seseorang sedang menjalani kemoterapi dan pengobatan medis sebaiknya mengonsultasikan dulu pada dokter sebelum mengonsumsi daun sirsak. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari efek interaksi obat medis dan obat herbal dari daun sirsak.

Cara mengolah daun sirsak sangatlah mudah, salah satunya dengan merebus daun sirsak. Namun agar khasiatnya tidak berkurang, cara merebus daun sirsak harus benar dan cara meminumnya juga harus benar. Meminum daun sirsak dengan dosis yang benar akan menghindarkan Anda dari keracunan karena overdosis.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Dikutip dari ahli budidaya tanaman sirsak dari Taman Wisata Mekarsari yaitu Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo, merebus daun sirsak sebaiknya menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat. Hal ini dimaksudkan agar terjaganya kemurnian zat yang ada pada daun sirsak. Perhatikan cara merebus daun sirsak berikut ini.

Bahan – bahan yang diperlukan :

– 5 – 7 lembar daun sirsak kering. Daun sirsak kering ini yang berkualitas dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

– 1 liter air

cara merebus daun sirsak

Begini Cara Merebus Daun Sirsak Dengan Benar:

1. Cuci daun sirsak hingga bersih pada air yang mengalir

2. Masukkan air ke dalam panci dan rebus hingga mendidih.

3. Setelah mendidih, masukkan daun sirsak satu persatu. Kemudian kecilkan nyala api pada kompor.

4. Rebuslah selama kurang lebih 10 – 20 menit.

5. Setelah mendidih matikan kompor kemudian tuangkan air rebusan 250 ml ke dalam gelas.

6. Diamkan hingga air rebusan dingin.

7. Air rebusan yang sudah dingin bisa segera diminum.

8. Konsumsi air rebusan daun sirsak ini 3 kali sehari.

Hal – hal yang perlu diperhatikan Ketika Merebus Daun Sirsak:

– Saat memilih daun sirsak yang akan diolah sebaiknya pilih daun yang tidak terlalu muda dan juga belum terlalu tua agar lebih optimal.

Hal ini berpengaruh pada kandungan acetogenin di dalamnya. Daun yang terlalu muda kandungan acetogenin belum terbentuk. Sedangkan daun yang terlalu tua diperkirakan kandungan acetogenin di dalamnya rendah, walaupun sudah ada namun ada yang rusak.

Baca Juga  Inilah 6 Efek Samping Daun Kelor yang Perlu Diantisipasi

– Jangan memungut daun sirsak kering yang sudah berserakan di tanah untuk menghindari adanya kuman, jamur atau bibit penyakit yang menempel pada daun sirsak yang sudah berserakan di tanah.

– Karena khasiat air rebusan daun sirsak hanya bertahan 7 – 8 jam saja, maka buatlah sesuai dosis Anda.

– Jika air rebusan daun sirsak diminum setelah 12 atau 24 jam sejak proses pembuatan maka manfaat yang diperoleh hanya sedikit.

– Dosis aman meminum air rebusan daun sirsak adalah 250 ml dan 3 kali sehari.

– Air rebusan daun sirsak akan lebih gampang diserap dalam keadaan perut kosong atau 30 menit sebelum makan.

– Disarankan berhenti mengonsumsi air rebusan daun sirsak setelah 30 hari karena bisa mengganggu aktivitas bakteri baik pada usus.

– Pastikan tidak berlebihan saat mengonsumsi air rebusan daun sirsak karena jika berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, tekanan darah rendah, gangguan pencernaan, kelelahan, masalah pada kehamilan dan beberapa efek gangguan saraf.

– Jika terjadi kontraindikasi sebaiknya segera hubungi dan konsultasikan pada dokter.

Itulah tadi berbagai macam cara mereus daun sirsak yang benar dan aman dan semoga saja artikel di atas ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *