gurun terluas di dunia
10 Gurun Terluas Di Dunia Salah Satunya Ada Di Antartica
September 5, 2018
ciri ciri gejala tipes
8 Ciri Ciri Gejala Tipes Pada Pria dan Wanita yang Perlu Ketahui
September 5, 2018

7 Cara Merontokkan Karang Gigi Dengan Mudah dan Efektif

cara merontokkan karang gigi

Cara Merontokkan Karang Gigi – Sudahkan Anda menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur? Menggosok gigi sangatlah penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut, khususnya gigi. Sisa makanan yang menempel dan menumpuk di gigi dapat menimbulkan plak atau karang gigi.

Karang gigi muncul dari plak gigi yang menumpuk dalam waktu lama dan mengeras. Jika Anda tidak bersih saat menyikat gigi atau malah jarang menyikat gigi menyebabkan plak mengeras dan menjadi karang gigi.

Baca Juga  Jangan Minder, Ini Cara Menghilangkan Ngorok Dirumah

Karang gigi yang tidak dibersihkan lama – kelamaan akan menyebabkan gigi berlubang karena bakteri di dalam plak akan menghasilkan asam yang dapat merusak gigi. Karang gigi biasanya dibersihkan dengan teknik scaling, namun teknik ini membutuhkan bantuan dokter gigi.

cara merontokkan karang gigi

Inilah 7 Cara Merontokkan Karang Gigi Dengan Mudah dan Efektif

Jika Anda tidak sempat pergi ke dokter gigi, Anda bisa menghilangkan karang gigi sendiri di rumah dengan mencoba cara merontokan karang gigi berikut ini.

1. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Untuk menjaga kesehatan gigi, Anda dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Agar plak di gigi bisa rontok gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Cara merontokan karang gigi ini efektif dilakukan dengan menggosok gigi Anda selama 2 menit dan pastikan bahwa semua gigi Anda telah tergosok dengan rata.

2. Gunakan benang gigi untuk flossing

Flossing merupakan cara membersihkan gigi menggunakan sepotong benang tipis yang disisipkan antara gigi satu – persatu. Benang yang dipakai flossing bukanlah benang biasa melainkan dental floss.

Cara merontokkan karang gigi ini dapat dilakukan dengan menyelipkan benang gigi ke permukaan gigi kemudian menyapukan ke atas dan ke bawah permukaan gigi.

3. Gunakan mouthwash

Mouthwash atau obat kumur dapat dipakai sebagai cara merontokkan karang gigi. Setelah menyikat gigi, berkumurlah menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk merontokan plak dan mencegah terjadinya pembentukan plak.

4. Gunakan baking soda

Anda bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan karang gigi. Baking soda dapat membantu menetralisir asam yang terdapat pada gigi. Jika sifat asam berkurang maka bakteri pada plak gigi pun akan berkurang.

Baca Juga  7 Cara Mengempeskan Jerawat Batu Dengan Bahan Alami

Cara merontokkan gigi menggunakan baking soda bisa dilakukan dengan cara mengoleskan baking soda ke area gigi memakai sikat gigi yang telah dibasahi.

Diamkan 1-2 menit kemudian kumur – kumurlah menggunakan air hangat. Penggunaan baking soda ini tidak boleh terlalu lama dan terlalu sering diaplikasikan ke gigi karena dapat mempertipis lapisan enamel pada gigi.

cara merontokkan karang gigi

5. Gunakan kulit jeruk

Setelah memakan buah jeruk sebaiknya Anda tidak langsung membuang kulitnya. Pasalnya kulit jeruk ini dapat digunakan untuk merontokan karang gigi. Ketika Anda akan menggunakan kulit jeruk ini, bersihkan dulu kulit jeruk tersebut . Kemudian gosokkan langsung pada gigi hingga rata. Biarkan selama semalam lalu berkumurlah keesokan harinya.

6. Gunakan biji wijen

Cara merontokkan karang gigi secara alami ini bisa dilakukan dengan memasukkan segenggam biji wijen ke dalam mulut, kemudian mengunyahnya tanpa menelan biji wijen tersebut.

Selanjutnya gunakan sikat kering untuk menggosok gigi saat biji wijen masih ada di dalam mulut. Biji wijen yang disikat ini berfungsi sebagai scrub alami untuk merontokan karang gigi.

7. Gunakan cengkeh

Cengkeh dikenal ampuh untuk meredakan sakit gigi. Cengkeh mampu melawan bakteri penyebab plak dan karang gigi. Itu sebabnya cengkeh dapat digunakan untuk merontokan karang gigi.

Baca Juga  Gak Perlu Minder, Ini 6 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami

Cara merontokkan gigi dengan cengkeh ini cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan 1 sdt bubuk cengkeh dengan sedikit minyak zaitun lalu mengoleskannya pada gigi. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bersihkanlah dengan air hangat.

Itulah tadi berbagai macam pembasan mengenai 7 cara merontokan karang gigi dengan mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan dirumah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *