bahasa mandarin sehari hari dan artinya
Belajar Bahasa Mandarin Sehari Hari dan Artinya Untuk Kita Pelajari
October 29, 2018
manfaat masker naturgo
Inilah 7 Manfaat Masker Naturgo dan Cara Pemakaiannya
October 29, 2018

Awas, Cegukan Terus Menerus Bisa Menjadi Pertanda 9 Penyakit Ini

cegukan terus menerus

Cegukan Terus Menerus – Hampir semua orang pernah mengalami cegukan dan cegukan merupakan suatu kondisi dimana kontraksi otot diafragma terjadi secara tiba – tiba dan menimbulkan efek bunyi ‘hik’ pada saat pita suara menutup.

Baca Juga  Lakukan 4 Cara Mencegah Penyakit Difteri Ini Pada Anak

Secara umum cegukan tidak termasuk kondisi yang berbahaya dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika terjadi cegukan terus menerus dan tidak kunjung berhenti sebaiknya Anda perlu waspada karena itu bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit.

Awas, Cegukan Terus Menerus Bisa Menjadi Pertanda 9 Penyakit Ini

cegukan terus menerus

Tahukah Anda bahwa ternyata pada beberapa penyakit yang mungkin terjadi dan memicu cegukan terus – menerus diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Adanya gangguan pada sistem pencernaan

Gangguan pada pencernaan bisa mempengaruhi kondisi pada tubuh Anda. Gangguan sistem pencernaan yang muncul dan menjadi penyebab cegukan terus – menerus misalnya terjadinya peradangan pada usus atau Inflammatory bowel disease.

Atau seperti penyakit asam lambung gastroesophageal reflux disease serta adanya penyumbatan yang terjadi pada usus halus.

2. Adanya gangguan pada penapasan

Faktor lain yang dapat menjadi pemicu munculnya cegukan terus – menerus yaitu adanya penyakit yang menyerang pernapasan.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu dan Cara Pengobatannya

Contoh penyakit yang menyerang pernapasan ini misalnya infeksi pada paru – paru atau pneumonia, asma dan pleuritis atau peradangan pada pleura atau peradangan pada selaput tipis yang menutupi paru – paru dan melapisi dinding di dalam rongga dada.

3. Stres

Stres bisa menjadi penyebab yang memicu munculnya cegukan terus – menerus.

Jika Anda mengalami tekanan yang meningkatkan stres, Anda harus segera mengambil langkah untuk mendamaikan batin Anda dan Langkah yang bisa Anda ambil misanya berolahraga, meditasi atau berlibur.

4. Kanker

Beberapa tipe kanker yang dapat menimbulkan cegukan terus – menerus misalnya kanker di otak, perut ataupun nodus limfa.

Jika terjadi cegukan terus – menerus mulai dari 48 jam hingga 30 hari seringkali diasosiasikan dengan kanker

Walaupun para pakar mengatakan bahwa cegukan terus – menerus merupakan pertanda kanker kasus sangat jarang.

Di Italia, diantara beberapa pasien yang rawat inap dan rawat jalan mengalami cegukan terus – menerus yang parah.

Di antara beberapa pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi dapat menyebabkan cegukan. Berdasarkan analisis retrospektif, pasien yang menjalani kemoterapi 0,39 % mengalami cegukan.

5. Serangan jantung

Terjadinya cegukan terus – menerus patut diwaspadai karena bisa jadi ini merupakan gejala serangan jantung, namun untuk memastikannya harus memerlukan pemeriksaan mendalam dari dokter.

6. Penurunan fungsi ginjal

Cegukan terus – menerus bisa menjadi pertanda adanya penurunan fungsi ginjal. Jika cegukan disertai gejala – gejala seperti bau mulut yang tidak normal, sakit tulang serta otot tegang bisa menjadi gejala awal gangguan kronis.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Anak Dengan 4 Cara Aman Ini

cegukan terus menerus

7. Adanya tumor dan gangguan sistem saraf pusat

Tumor pada otak dapat memicu cegukan terus – menerus. Selain itu kanker otak atau astrositoma, cavernoma atau kelainan sistem saraf pusat, tumor batang otak dan lainnya juga dapat menyebabkan cegukan terus – menerus.

Cegukan terus – menerus juga dapat dipicu karena adanya pembengkakan pembuluh cerebellar yang terdapat pada otak kecil serta cedera otak.

8. Adanya kerusakan pembuluh darah pada otak

Stroke dapat ditemukan di antara orang – orang yang mengalami cegukan terus – menerus.

Selain itu, cegukan terus – menerus juga dapat terjadi pada orang yang menderita penyakit lupus eritematosus sistemik (SLE).

Anda harus waspada jika mengalami cegukan terus menerus, karena Anda perlu mempertimbangkan kemungkinan adanya stroke, maka Segeralah pergi ke dokter agar tidak terjadi keterlambatan penanganan.

9. Adanya gangguan jaringan sepanjang saraf perifer

Cegukan terus – menerus dapat dialami oleh pasien sakoidosis kelenjar getah bening mediastinum.

Baca Juga  Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Infiltrasi tumor yang ada pada diafragma dianggap menyebabkan cegukan terus – menerus. Selain itu, cegukan juga dapat menjadi pertanda adanya iritasi diafragma pada perut buncit kemungkinan dapat menyebabkan gastric volvolus.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *