cara membasmi semut
Mengintip, 8 Cara Membasmi Semut Tanpa Bahan Kimia
October 16, 2018
cara memakai minyak bulus
Cara Memakai Minyak Bulus Pada Kulit Agar Manjur
October 16, 2018

10 Ciri Ciri Amandel Meradang yang Perlu Anda Waspadai

Ciri Ciri Amandel

Ciri Ciri Amandel – Setiap orang memiliki amandel atau tonsil. Amandel merupakan bagian dari kelenjar getah bening yang terletak di sebelah kanan dan kiri pangkal tenggorokan. Amandel merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap suatu penyakit.

Amandel ini berfungsi untuk memberikan perlindungan yang efektif bagi tubuh dari serangan infeksi virus dan bakteri, terutama pada saat anak berusia 3 sampai 7 tahun. Umumnya amandel yang terdapat pada anak – anak memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan pada orang dewasa.

Baca Juga  Kenali Segera Ciri Ciri Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

Hal ini dikarenakan amandel pada anak – anak berperan aktif karena sistem kekebalan tubuh pada anak – anak belum terbentuk secara sempurna. Namun seiring bertambahnya usia, maka fungsi amandel pun akan menurun dan amandel akan mengecil secara perlahan – lahan karena sistem kekebalan tubuh anak sudah berkembang.

Amandel sebagai organ pertahanan tubuh paling depan akan melawan, memerangkap serta menghancurkan kuman dan bakteri penyebab penyakit yang masuk melalui mulut dan sistem penapasan.

Tetapi karena fungsi inilah amandel bisa terinfeksi virus atau bakteri sehingga membuat amandel bisa mengalami peradangan. Peradangan yang terjadi pada amandel disebut penyakit amandel atau tonsilitis.

Ciri Ciri Amandel

10 Ciri Ciri Amandel Meradang yang Perlu Anda Waspadai

Infeksi akibat virus atau bakteri dapat menyebabkan amandel menjadi meradang. Beberapa ciri – ciri amandel yang meradang hampir mirip dengan ciri pada sakit tenggorokan. Berikut ini ciri – ciri amandel meradang diantaranya :

1. Tenggorokan Terasa Kering

Peradangan yang terjadi pada amandel diawali dengan adanya rasa kering di tenggorokan. Walaupun sudah minum berkali – kali tetapi tenggorokan tetap terasa kering dan tidak nyaman.

2. Munculnya Rasa Sakit di Bagian Tenggorokan

Ciri – ciri amandel yang meradang ditandai dengan kemunculan rasa sakit pada tenggorokan. Rasa sakit ini akan menimbulkan ketidaknyamanan saat menelan ataupun makan. Ciri – ciri ini juga dapat muncul pada kasus penyakit faringitis atau radang tenggorokan.

3. Timbulnya Rasa Sakit Pada Saat Menelan

Gangguan pada bagian tenggorokan biasanya akan memunculkan ciri – ciri ini. Rasa sakit ini bisa Anda rasakan saat Anda menelan ludah, minum maupun menelan makanan.

4. Pembengkakan Pada Amandel

Pada umumnya amandel yang normal tidak terlihat jelas ketika seseorang membuka mulutnya. Untuk melihat amandel maka biasanya seseorang bisa membuka mulutnya sambil menjulurkan lidah.

Nah pada saat terjadi peradangan amandel maka amandel pun jadi membengkak. Ciri – ciri amandel ini menjadi terlihat jelas saat membuka mulut.

Ciri Ciri Amandel

5. Kesulitan Menelan

Kedua amandel yang terdapat di sisi kanan dan kiri tenggorokan akan mengalami pembengkakan saat terjadi peradangan tonsil. Kondisi ini membuat celah pada tenggorokan menjadi menyempit.

Ditambah lagi timbul rasa sakit pada saat menelan ludah, minuman maupun makanan akibat makanan sulit masuk melewati celah tenggorokan yang menyempit. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan kesulitan menelan.

Baca Juga  Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah? Obati dengan Cara Alami Ini

6. Demam

Ketika ada benda asing yang masuk ke tubuh otomatis sistem antibodi tubuh akan melawan zat asing tersebut. Hal ini kemudian akan memicu timbulnya demam. Peradangan pada amandel juga ditandai dengan munculnya demam akibat infeksi virus atau bakteri penyebab radang amandel.

7. Timbulnya Bercak Putih Di Bagian Amandel

Amandel yang normal biasanya berwarna merah muda. Namun, pada amandel yang meradang akan timbul bercak – bercak putih.

Ciri ciri amandel ini muncul karena adanya reaksi amandel dalam memproduksi zat antibodi yang berfungsi melawan infeksi virus atau bakteri. Bercak putih inilah yang menandai peradangan amandel dan menimbulkan rasa sakit.

8. Bau Mulut Tidak Sedap

Ciri ciri amandel meradang yang berikutnya adalah bau mulut tidak sedap. Hal ini dikarenakan adanya virus atau bakteri yang bersarang pada tonsil merangsang air liur dan zat kimia yang terdapat pada lidah dan gigi. Kondisi inilah yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

9. Mendengkur

Mendengkur merupakan salah satu ciri – ciri amandel yang seringkali tidak disadari. Ini dikarenakan mendengkur bisa menjadi kebiasaan seseorang saat tidur. Namun pada seseorang yang sedang mengalami peradangan amandel, mendengkur bisa terjadi karena penyempitan bagian tenggorokan akibat amandel yang membengkak.

10. Kelenjar Getah Bening Di Leher Membengkak

Biasanya ketika tubuh sedang berusaha melawan infeksi maka akan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening. Hal ini umum terjadi karena kelenjar getah bening merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh yang berisi sel – sel darah putih.

Baca Juga  9 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui

Jika terjadi infeksi pada amandel, maka kelenjar getah bening bekerja lebih keras melawan infeksi tersebut. Itulah sebabnya kelenjar getah bening membengkak. Setelah infeksi mereda umumnya kelenjar getah bening akan mengempis dengan sendirinya.

Itulah 10 ciri ciri amandel yang meradang. Apabila Anda mengalami radang amandel (tonsilitis) yang ditandai dengan ciri – ciri tersebut, maka segera periksakanlah ke dokter THT agar mendapatkan penanganan yang tepat karena pengobatan pada radang amandel tergantung dari kondisinya.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *