Manfaat daun sirih merah
10 Manfaat Daun Sirih Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang
August 6, 2018
cara menaikan trombosit
7 Cara Menaikan Trombosit Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini
August 8, 2018

9 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui

ciri ciri asam lambung kumat

Ciri ciri asam lambung kumat – Penyakit asam lambung atau GERD (gastroesophagael reflux disease) merupakan kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus) yang biasanya ditandai dengan mual, dada terasa nyeri atau terbakar.

Dan Tahukah Anda bahwa penyakit GERD atau yang biasanya disebut dengan penyakit asam lambung disebabkan oleh tidak berfungsinya LES (lower esophageal sphinchter).

Perlu Anda ketahui bahwa LES merupakan lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus yang umunya akan berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika minuman atau makanan turun ke lambung.

Baca Juga  10 Manfaat Daun Sirih Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Setelah makanan masuk lembung, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Jadi ketika LES tidak berfungsi dengan baik, anda akan merasakan 9 ciri ciri asam lambung kumat berikut. Terkadang nampak sepele, tetapi jangan sampai mengabaikannya supaya anda bisa mengatasinya.

9 Ciri ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui

ciri ciri asam lambung kumat
1. Nyeri di Dada (Heartbun)

Nyeri di dada (Heartbun), adalah kondisi dimana asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan, sehingga ciri ciri asam lambung kumat ini menyebabkan rasa sakit di dada yang disertai rasa panas seperti terbakar. Namun, ciri ini tidak hanya dirasakan karena gejala asam lambung tetapi juga karena gejala serangan jantung.
Ada 4 cara membedakannya

• Asam lambung biasanya tidak ditandai dengan keringat yang berlebihan

• Rasa nyeri tidak menyebar

• Rasa nyeri akan muncul setelah makan

• Akan mereda jika mengkonsumsi obat asam lambung

2. Mulut Terasa Pahit

Gejala ini biasa diakibatkan sering mengonsumsi makanan berlebih, makanan pedas, atau bisa karena tidak teratur makan. Penderita asam lambung biasanya akan merasakan pahit pada mulut, atau terkadang juga asam hingga merasa mual.

3. Suara Serak

Gejala suara serak ini biasa terjadi setelah makan, jika suara anda serak setelah makan, ini merupakan salah satu ciri ciri asam lambung kumat.

Baca Juga  6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah dan Tips Mencegahnya

Suara serak ini terjadi karena naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan (esofagus) mengiritasi pita suara, sehingga suara anda akan terdengar serak atau berbeda dari biasanya, tetapi pastikan serak terjadi bukan karena anda sedang flu.

4. Sakit Pada Tenggorokan

Sakit tenggorokan karena asam lambung berbeda dengan sakit tenggorokan karena flu, flu biasa ditandai dengan gejala demam dan bersin-bersin,sedangkan sakit tenggorokan karena asam lambung biasa hanya terjadi setelah makan.

5. Batuk dan Sesak Nafas

Sesak nafas karena asma pasti berbeda dengan sesak nafas dikarenakan asam lambung yang sedang kambuh. Naiknya asam lambung secara terus-menerus dapat mempersempit saluran pernafasan dan menimbulkan peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami batauk-batuk hingga sesak nafas.

6. Mual

ciri ciri asam lambung kumat selanjutnya adalah mengalami mual yang diakibatkan oleh rasa nyeri yang hebat di lambung dan ulu hati, sehingga penderita asam lambung sering merasa mual, tak jarang juga hingga muntah-muntah. Rasa mual ini biasa dirasakan setelah makan.

7. Produksi Air Liur Berlebih (Hiversalivasi)

Jika anda seorang penderita asam lambung, hal ini pasti sering terjadi. Produksi air liur secara berlebih merupakan respon alami tubuh untuk menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan.

8. Kesulitan Menelan

Naiknya asam lambung yang terus menerus, tentu saja akan melukai kerongkongan dan memicu timbulnya jaringan parut atau pembengkakan yang menyebabkan terjadinya penyempitan kerongkongan, sehingga membuat penderitanya mengalami kesulitan atau nyeri saat menelan makanan.

9. Sering Bersendawa

Bersendawa merupakan hal yang alami, tetapi akan bermasalah jika terlalu sering bersendawa maka bisa jadi ciri ciri asam lambung kumat. Sendawa merupakan akumulasi penumpukan angin berlebih di dalam perut, dan akan terasa nyaman setelah bersendawa, tetapi berbeda dengan penderita asam lambung, sekali bersendawa, akan memicu untuk bersendawa lagi.

Bagaimanakah Cara Mencegah Asam Lambung Kumat?

 ciri ciri asam lambung kumat

Jika Anda merasakan 9 ciri ciri asam lambung kumat diatas, maka Anda butuh penanganan dan penangannya juga tidak terlalu sulit, karena pengobatan untuk asam lambung biasa dilakukan bertahap.

Mulai dari mengubah pola makan, menu makanan, yaitu beralih ke makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, dan tidak terlalu pedas atau ketika salah satu dari gejala terjadi anda bisa membeli obat untuk asam lambung dari toko obat.Jika sudah melakukan tahapan tersebut tetapi tidak ada perubahan, maka anda butuh pemeriksaan dan pengobatan yang lebih akurat, segeralah konsultasi dengan dokter.

Baca Juga  Manfaat Penting Jeruk Nipis untuk Jerawat

Untuk diagnosis, biasa dokter akan menanyakan gejala-gejala yang anda alami. Pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis bisa dilakukan melalui endoskopi.

Endoskopi dilakukan dengan memasukan alat endoskopi ke dalam mulut untuk melihat penyebab naiknya asam lambung dan jika ada luka di dinding esofagus.

Sehingga pada intiya jika Anda mengalami salah satu ciri ciri asam lambung kumat maupun mengalami gejala asam lambung seperti diatas, maka bukanlah gejala yang bisa disepelekan, karena jika sudah menderita asam lambung kronis dan tidak ditangani oleh dokter, bisa komplikasi dan berakibat fatal menjadi kanker esofagus.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *