gre test jakarta
3 Daftar Tempat Kursus GRE Test Jakarta dan 3 Tipe Soal GRE
November 15, 2018
cara bersihkan karang gigi
Mengintip, 6 Cara Bersihkan Karang Gigi Tanpa Ke Dokter
November 15, 2018

Penyebab, Gejala, Ciri Ciri Cacar Air dan Bolehkah Cacar Air Mandi?

ciri ciri cacar air

Ciri ciri cacar air – Sahabat, ada beberapa penyakit cacar yang dapat menyerang manusia, seperti cacar air, cacar ular, cacar api, dan beberapa yang lain.

Bagi masyarakat Indonesia, cacar air adalah jenis yang paling sering ditemui kasusnya. Lalu, apa itu cacar air? Penyakit cacar air atau chickenpox merupakan sebuah infeksi pada kulit, tepatnya pada membran mukosa. Infeksi tersebut menyebabkan bintik pada seluruh kulit di tubuh. Penyakit ini dapat menular kepada seseorang yang antibody-nya lemah, yang umumnya belum pernah mendapat vaksin sebelumnya.

Penyakit ini dapat menyerang semua usia, namun umumnya terjadi pada anak dengan usia kurang dari 15 tahun. Orang-orang yang beresiko sebagai penderitanya adalah bayi, landia, dan ibu hamil. Meskipun pemandangan yang terlihat anak-anak adalah psien yang sering mengalami, namun angka statistik menunjukan bahwa orang dewasa adalah yang paling sering terkena.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Difteri, Infeksi Mematikan yang Harus Dihindari

Lama masa cacar air sekitar 2-3 minggu. Selama itu badan akan terasa panas. Pada kasus yang lebih berat, panas badan akan disertai dengan nyeri sendi. Beberapa hari setelah itu akan mulai muncul bintik kemerahan yang menjadi khas penyakit cacar ini.

Beberapa orang bisa salah mengenali apakah itu cacar air atau cacar monyet. Pada cacar air, ciri utamanya adalah adanya cairan di dalam lenting atau bintil. Sementara pada cacar monyet, bintil yang ada berupa kering. Namun, pada fase trtentu, cacar air juga akan mengering.

Artikel ini membahas tentang: gejala cacar air, ciri ciri cacar air, penyebab cacar air, cacar air boleh mandi

Penyebab Cacar Air

Penyebab dari cacar air adalah salah satu virus herpes, yaitu virus varicella-zoster pada anak-anak dan shingles herpes zoster pada orang dewasa. Cacar yang diakibatkan oleh virus shingles memiliki rasa yang lebih nyeri dan memiliki resiko komplikasi yang lebih berat.

Baca Juga  Kenali Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

Penularan virus herpes yang menyebabkan cacar air biasanya melalui udara. Namun, bisa juga karena kontak langsung dengan seseorang yang sudah terkena, misalnya kontak dengan luka koreng cacar airnya. Apalagi jika cairan cacar air tersebut langsung masuk ke jaringan kulit lesi.

Waspadai, Inilah Ciri Ciri Cacar Air dan Gejala Cacar Air

gejala cacar air

Pada sebagian besar kasus gejala cacar air biasanya muncul setelah seminggu hingga sebulan terjangkit virus. Gejala cacar air dapat berupa demam, batuk pilek, sakit kepala, lemah energi, kehilangan nafsu makan, dan yang pasti adalah munculnya bentol-bentol pada tubuh.

Bentol-bentol tersebut akan berubah menjadi lenting berisi cairan dan terasa gatal. Selanjutnya bintik tersebut berubah lagi menjadi luka koreng kering. Konon, koreng yang muncul tersebut berjumlah 500 titik.

Artikel ini membahsa tentang: gejala cacar air, ciri ciri cacar air, penyebab cacar air, cacar air boleh mandi

Penularan Cacar Air

Waktu paling berbahaya atau waktu penularan virus cacar air adalah 2 hari sebelum ruam muncul hingga 6 hari setelah bentik terbentuk. Biasanya pada saat-saat itu akan terbentuk luka pada mulut, telinga, dan sekitar mata.

Anda dapat segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan jika mendapat ciri-ciri sebagai berikut.

1. Terdapat bintik merah di mata, bisa salah satu atau keduanya

2. Ada bintik di tubuh yang sensitif bila tersentuh, terlebih lagi jika berubah menjadi terasa panas

3. Merasa pusing, hilang keseimbangan, jantuk berdenyut lebih cepat atau justru sesak, gemetaran, batuk berat, muntah, kaku di bagian leher, dan mengalami demam setinggi 39 derajat celcius.

4. Hal tersebut bisa jadi benar cacar air jika diperkuat dengan situasi memiliki anak berusia kurang dari 6 bulan dan memiliki riwayat keluarga yang lemah imunitasnya.

Artikel ini membahsa tentang: gejala cacar air, ciri ciri cacar air, penyebab cacar air, cacar air boleh mandi

Mencegah Terbentuknya Noda Hitam

Cacar air tidak hanya mengganggu ketika saat sedang terjadi, tetapi juga ketika seusai terjadi. Hal itu karena biasanya cacar air akan meninggalkan noda hitam di bekas lenting atau bintilnya. Bintil hitam itu terbentuk karena ketika saat sedang berair, lenting tersebut pecah.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu dan Cara Pengobatannya

Oleh karena itu, pemberian bahan anti gatal pada lenting cacar air sangat perlu dilakukan agar tidak sengaja tergaruk ketika terasa gatal.

Artikel ini membahsa tentang: gejala cacar air, ciri ciri cacar air, penyebab cacar air, cacar air boleh mandi

cacar air boleh mandi
Faktor Penambah Risiko Terkena Cacar Air

Sebenarnya cacar air tidak sangat sensitif. Artinya, bukan berarti kita tidak boleh sama sekali berinteraksi dengan seseorang yang mengalami cacar air. Namun, beberapa faktor memang bisa menambah risiko terkena cacar air ini, di antaranya adalah:

1. Belum pernah terkena cacar air seumur hidup

2. Belum pernah sama sekali melakukan vaksinasi cacar air

3. Memiliki aktivitas yang rentan pada itu, seperti di dunia kesehatan atau bergelut dengan anak-anak.

Artikel ini membahsa tentang: gejala cacar air, ciri ciri cacar air, penyebab cacar air, cacar air boleh mandi

Pengobatan Cacar Air di Rumah

Pengobatan ecara medis atau farmatologi akan diberikan dokter sesuai karakteristik cacar air pada masing-masing pasien. Hal tersebut dapat berbeda-beda. Namun, untuk pengobatan secara mandiri, beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Difteri, Infeksi Mematikan yang Harus Dihindari

1. Jaga kedua tangan tetap bersih dan usahakan kuku tangan tidak panjang. Hal itu dilakukan karena kecenderungan orang cacar air adalah menggaruk luka.

2. Bersihkan peralatan yang sering terkena tubuh, seperti sprei atau pakaian dengan air panas dan sabun.

3. Istirahat yang cukup namun tetap melakukan aktivitas ringan.

4. Minum obat non-aspirin atau anthisiamin untuk meredakan gejala yang ada.

5. Tetap mandi, tetapi gunakan spons halus untuk mengusap luka.

Selain cara-cara tersebut, penderita cacar air harus mengonsumsi makanan yang bergizi seperti mengandung vitamin C sebagai antioksidan dan mengandung vitamin E untuk merawat kulit tubuh. Makan juga makanan yang mengandung energi agar tubuh tidak lemas karena panas.

Makanan yag baik dikonsumsi ketika sedang mengalami cacar air adalah jambu biji, jeruk, tomat, minuman berbahan lidah buaya dan rumput laut, dan anggur. Hindari makanan yang biasanya dapat memperparah luka seperti telur dan gula.

Artikel ini membahsa tentang: gejala cacar air, ciri ciri cacar air, penyebab cacar air, cacar air boleh mandi

Apakah Penderita Cacar Air Boleh Mandi?

Ada mitos yang mangatakan bahwa seseorang yang mengalami cacar air tidak diperbolehkan mandi atau bersentuhan dengan air karena akan membuat semakin parah. Sebenarnya hal itu keliru. Jika seseorang yang mengalami cacar air tidak membersihkan diri, maka resikonya justru akan terkena infeksi lain yang lebih parah pada luka bintik.

Namun, memang beberapa hal perlu diperhatikan saat mandi, seperti penggunaan jenis sabun dan jangan mengusap terlalu keras pada luka cacar air. Selain itu, selama lima hari pertama memang sebaiknya penderita tidak mandi dengan syarat tetap menjaga kebersihan tubuh. Sebisa mungkin lenting cacar air harus dijaga dan tidak pecah karena cairan yang keluar akan menular pada bagian yang tidak terkena.

Baca Juga  Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Namun, mandi bukanlah cara yang digunakan untuk mengurangi gatal. Untuk mengurangi rasa gatal, cukup gunakan bedak salisil. Bedak juga akan membuat lentingan cacar air tetap utuh atau kering. Nah, jika memang sudah pecah maka bisa diberikan segera salep yang mengandung antibiotik.

Hanya hal-hal itulah yang dapat dilakukan seraya menunggu tubuh memperkuat diri dan menyembuhkan cacar air. Untuk itu, bagi pasien yang sedang hamil tentu sangat dianjurkan untuk langsung menghubungi dokter. Pasien yang mengalami demam lebih dari 38 derajat celsius disertai muntah, sulit tidur, dan tidak konsentrasi juga demikian.

Sekianlah artikel ini membaas tentang: gejala cacar air, ciri ciri cacar air, penyebab cacar air, cacar air boleh mandi dan semoga saja artikel di atas ini dapat bermanfaat untuk Kita semua.

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *