kata sifat dalam bahasa jerman
Contoh Kata Sifat Dalam Bahasa Jerman dan Kata Benda
February 16, 2019
contoh kalimat modals
Jenis, Kegunaan, dan Contoh Kalimat Modals Untuk Anda Ketahui
February 18, 2019

Ciri Ciri Cacingan Pada Anak Sesuai Dengan Jenisnya

ciri ciri cacingan

Ciri Ciri Cacingan – Anak-anak kecil usia sekolah dasar merupakan fase dimana rentan dengan segala penyakit. Selain penyakit-penyakit ringan sepert pilek, batuk dan pusing. Kadangkala penyakit lebih berat juga mengenai anak-anak kecil.

Selain karena antibodi tubuh yang belum maksimal. Kebiasaan anak-anak bermain di sembarang tempat menjadikan mereka rentan sakit. Bermain di tempat becek, bermain air comberan, bermain pasir bekas kotoran kucing dan ayam. Dan bahkan tak jarang anak-anak berkelahi satu sama lain dengan peralatan-peralatan kotor. Infeksi, luka dan bahkan penyakit akibat kotoran kencing tikus mengintai.

Apakah Penyebab Cacingan Pada Anak?

 ciri ciri cacingan
Salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak anak adalah cacingan dan penyebab utamanya sendiri adalah masuknya sel-sel telur cacing dari lingkungan kotor melalui kuku-kuku. Baik kuku kaki maupun kuku tangan.

Baca Juga  Selain Rasa Gatal Pada Anus, Inilah 10 Ciri Ciri Orang Cacingan

Kenapa bisa melalui kuku? Karena sel telur cacing yang sangat kecil sepersekian mikro membuatnya gampang berpindah inang (induk). sel cacing ini dulunya banyak ditemukan di hewan-hewan herbivora seperti kerbau, sapi, babi dan bahkan monyet. Mereka kemudian bermigrasi ke inang manusia.

– Jajan sembarangan

Jajan sembarang tempat merupakan hal yang disukai anak-anak. Kebiasaan ini bisa menyebabkan kuman penyakit semakin rentan menghinggapi anak-anak anda. Ditambah lokasi penjualan dan peralatan yang digunakan tidak higienis juga menjadi penyumbang tertularnya penyakit. Akibatnya, penyakit seperti tipus, demam, demam berdarah, malaria dan bahkan muntaber menjadi akrab di telinga ibu-ibu.

Kotornya lingkungan rumah

Selain disebabkan lingkungan luar. Kotornya lingkungan rumah juga menjadi penyebab sakitnya anak. Infeksi tetanus akibat kencing tikus, atau halaman rumah yang penuh pasir bekas kotoran menjadi sarang penyakit. Hal demikian diperparah dengan alpanya anda mengingatkan anak anda untuk cuci tangan dengan sabun, atau mandi sore sesegera mungkin setelah pulang bermain.

Baca Juga  Pengertian, dan Efek Samping Vaksin HPV Adalah Sebagai Berikut

– Rendahnya antibiotik anak

Penyebab selanjutnya adalah karena rendahnya antibodi anak. Penyakit ini harus cepat dideteksi. Karena sel-sel telur yang bersarang di anus dan saluran pencernaan. Akan menyerap gizi anak-anak. Dan
kemudian membuat anak kurus kering dan selalu garuk-garuk dubur.

Ciri Ciri Cacingan Pada Anak Sesuai Dengan Jenisnya

 ciri ciri cacingan
Sehingga anda sebagai orang tua harus mewaspadai gejala anak terkena cacingan. Sedini mungkin cobalah kenali ciri ciri cacingan pada anak. Karena terlambat mengetahui penyakit cacingan pada anak bisa berakibat fatal. Tumbuh kembang anak terganggu, dan kesehatannya menjadi tidak optimal dalam belajar dan bersosialisasi di lingkungannya.

Berikut ciri ciri cacingan pada anak yang patut anda waspadai sebagai orang tua dan Ciri ciri ini berkaitan dengan jenis cacing yang menyerang anak, lalu apa sajakah itu?

1. Terasa gatal pada anus atau dubur

Serangan cacing kremi pada anak ditandai dengan gatal terus menerus di bagian anus atau dubur. Kemudian diikuti susah tidur karena serangan gatal-gatal dari anus. Kadang karena seringnya digaruk, terasa nyeri dan sakit di bagian anus. Sehingga menyebabkan iritasi. Pada hasil penglihatan nyata, tinja anak terdapat cacing kremi. Atau biasanya dilakukan uji lab terhadap tinja.

Baca Juga  10 Ciri Ciri Amandel Meradang yang Perlu Anda Waspadai

2. Sering terasa nyeri pada perut

Serangan cacing gelang pada anak ditandai dengan batuk, nyeri perut, berat badan turun tidak wajar, lemah lesu, tampak cacing pada tinja, merasa mual-mual dan kadang muntah. Cacing gelang ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi cacing gelang. Cacing ini menjadi parasit di usus halus. Sehingga yang perlu anda waspadai adalah gejala terjangkiti cacing gelang tidak menunjukkan tanda-tanda khusus.

3. Mengalami diare

Serangan cacing gelang ditandai dengan diare pada anak, mual dan demam. Serta nyeri perut yang timbul hilang sehingga membuat bayi atau anak sangat rewel. Diikuti nafsu makan menurun, dan terkena anemia yang membuat anak terlihat pucat. Selain itu, ditemukan darah dalam tinja karena infeksi cacing di usus.

Cacing gelang menginfeksi di bagian usus dan mengigit usus dengan mulutnya. Sehingga menyebabkan anemia dan darah di tinja anak. Cacing ini bisa menyebar masuk melalui kuku kaki atau kuku tangan yang kotor.

Baca Juga  Kenali Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

4. Gejala Mual

Serangan cacing pita ditandai dengan gejala mual, kehilangan nafsu makan, nampak lemas dan lelah, penurunan berat badan dan jika infeksi meluas dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan organ. Serangan cacing pita disertai gejala umum yang tidak khas.

Sehingga anda harus mewaspadai serangan cacing jenis ini. Karena cacing pita bersarang di usus dengan mulutnya. Sementara tubuhnya terus memanjang di dalam usus dan memproduksi sel-sel telur.

Bagaimanakah Cara Mencegah Cacingan?

Karena seringnya anak-anak terserang infeksi cacing. Anda perlu menanamkan kebiasaan hidup bersih kepada anak-anak. Selain karena faktor rumah yang kotor, infeksi cacing juga bisa disebabkan karena pola hidup anak yang tidak bersih dan tidak menjaga kesehatan.

Ajarilah anak anda untuk mencuci tangan setelah bermain, sebelum makan dan sebelum tidur. Mengganti celana dalam setiap hari, dan membersihkan alat kelamin seusai bermain atau sehabis buang air. Serta menjaga kebersihan kuku.

Baca Juga  Biduran Pada Anak? Temukan Penyebab dan Cara Mengatasinya Disini

Selain kebersihan anak. Kebersihan keluarga dan rumah juga perlu dijaga. Cuci seprai, sarung bantal dan selimut seminggu sekali. Buka jendela kamar dan rumah setiap pagi. Serta pastikan anak mengerti bahwa air comberan dan tempat-tempat kotor bukanlah taman bermain. Sehingga mereka bisa terhindar dari penyakit cacingan.

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *