khasiat buah naga untuk ibu hamil
Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui
August 15, 2018
khasiat daun seledri
Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan
August 16, 2018

23 Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

daun gedi

Daun Gedi – Daun gedi adalah tumbuhan dengan nama latin Abelmoschus manihot L yang bisa dimanfaatkan untuk memasak dan mengobati berbagai macam penyakit.

Selain di Indonesia, daun gedi juga dikenal di Filipina dengan nama Lagikuway, Thailand dengan nama Po fai dan Inggris dengan nama Edible hibiscus.

Daun gedi berbentuk menjari berwarna hijau segar. Jika dilihat dari bentuknya, daun ini hampir serupa dengan daun pepaya. Perbedaannya terletak pada permukaan daun ini yang terasa lebih lembut dari daun pepaya dan tumbuhan ini tidak berbuah sama sekali.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Asian Journal of Traditional Medicines 2011, daun ini juga ternyata berperan dalam mencegah tulang keropos. Penelitian ini dilakukan menggunakan seekor tikus yang diberi esktrak daun gedi dengan dosis 15 % dan telah menunjukkan hasilnya.

Baca Juga  Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui

Kebanyakan daun ini banyak dijumpai di daerah Indonesia Timur, khususnya Sulawesi. Daun ini juga bisa ditemukan di Papua.

Namun memang jarang dijumpai di pulau Jawa dan Sumatera. Di daerah Sulawesi daun gedi sangat disukai dan menjadi sayur khas terutama di daerah Sulawesi Utara mulai dari Talaud di utara hinga ke Bolaang Mongondow di selatan. Di daerah tersebut sayur gedi populer dengan nama sayur yondok.

Daun gedi menjadi khas di Sulawesi utara terutama manado karena bagi orang Manado makan bubur Manado tidak lengkap tanpa daun ini.

Sehingga di sana daun ini menjadi campuran wajib pada bubur Manado karena daun ini berfungsi menambah rasa gurih serta mengentalkan. Jadi ketika menikmati bubur Manado tanpa daun tersebut  rasanya menjadi kurang pas atau tidak khas.

Kandungan Apa Sajakah yang terdapat pada Daun Gedi?

1. Vitamin A : terdapat beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata dan untuk kesehatan lender pada usus

2. Vitamin C : berfungsi mencegah infeksi, pembentukan tulang, mengaktifkan sel dan pembuluh darah

3. Flavonoid : zat anti peradangan dan dapat memperkuat kapiler darah

4. Alkaloid : senyawa yang dapat menetralkan asam dalam tubuh karena sifatnya yang basa

5. Saponin : menambah rasa gurih dan sebagai bahan pengental alami

6. Tanin : senyawa polifenol yang membantu mengobati peradangan

7. Serotonin : berfungsi sebagai anti depresan

8. Polifenol : berguna untuk kesehatan jantung

daun gedi

23 Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan

Selain kandungan yang disebutkan di atas, daun gedi juga memiliki kandungan protein yang lebih banyak dibandingkan bayam. Di dalam kandungan daun ini juga terdapat zat besi, kalsium dan kalium.

Dan berikut di bawah ini adalah 23 manfaat daun gedi untuk kesehatan tubuh, diantaranya.

1. Menjaga kesehatan mata

2. Dapat memperkuat janin

3. Memudahkan pada saat persalinan

4. Membantu menambah produksi ASI

5. Membantu mengurangi asidosi pada ibu hamil

6. Membantu menurunkan tekanan darah

7. Membantu menurunkan kolesterol

8. Membantu pencegahan sakit jantung

9. Mengobati sembelit pada ibu hamil

10. Sebagai obat maag pada ibu hamil

11. Membantu mengontrol kesuburan

Baca Juga  Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Kesehatan Tubuh

12. Membantu penyembuhan luka

13. Sebagai anti inflamasi

14. Membantu mencegah osteoporosis

15. Membantu menstabilkan mood ibu hamil

16. Mencegah anemia pada ibu hamil

17. Membantu mengatasi gangguan kemih pada ibu hamil

18. Menghaluskan kulit

19. Mencegah insomnia

20. Melancarkan pencernaan

21. Mengobati diabetes

22. Mengobati kejang dan depresi

23. Sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas

daun gedi

Bagaimanakah Cara pengolahan Daun Gedi?

Dalam pengolahan daun ini ternyata perlu kehati – hatian karena daun ini mengeluarkan getah saat dipotong. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena getah itulah yang menjadi keutamaan daun tersebut  sebagai pengental alami masakan berkuah atau bubur.

Untuk pengolahan daun ini tergantung minat masing – masing orang. Namun seringnya sayur gedi ini dimasak dengan santan dan ditambahkan rebung, ubi talas dan bumbu – bumbu lain. Sayur ini biasa dimakan dengan ikan asin agar lebih nikmat.

Baca Juga  8 Khasiat Daun Tempuyung Yang Wajib Kamu Ketahui

Cara pengolahan daun ini pun terbilang sangat sederhana. Pasalnya, hanya perlu mencuci dan memotong daun tersebut  lalu bisa mencampurkannya salam masakan.

Selain diolah menjadi masakan, daun ini juga bisa dijadikan obat herbal dan berikut ini cara mengolah daun gedi menjadi obat herbal untuk dikonsumsi :

– Ambil beberapa daun gedi yang masih segar

– Cuci daun tersebut dengan air bersih

– Rebus daun ini yang sudah bersih dengan 2 – 4 gelas air.

– Tunggu rebusan daun tersebut hingga hanya tersisa 1 gelas.

– Lalu tuangkan rebusan air daun ini ke dalam gelas dan air rebusan tersebut langsung bisa dikonsumsi.

Sebagai obat herbal, ternyata rebusan daun gedi bisa dikonsumsi 1 kali sehari. Banyaknya manfaat dan kegunaan daun ini untuk kesehatan memang sudah terbukti maka mulailah mengonsumsi daun tersebut untuk menjaga kesehatan Anda.

Artikel Terkait

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *