cara memerahkan bibir dengan odol
Cara Memerahkan Bibir Dengan Odol Ini Perlu Kamu Ketahui
August 18, 2018
cara menipiskan bibir
Cara Menipiskan Bibir Dengan 14 Rahasia yang Perlu Anda Coba
August 20, 2018

8 Khasiat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan Pria dan wanita

daun handeuleum

Daun Handeuleum – Indonesia dikenal sebagai negara penghasil tanaman untuk pengobatan tradusional paling banyak, ribuan tanaman Inonesia yang diyakini bisa meneyembuhkan penyakit, sehingga tak jarang jika peneliti senang untu memeliti tanaman-tanman yang bisa berguna untuk medis.

Handeuleum atau lebih umum dikenal dengan daun ungu, adalah salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia dan sangat dibutuhkan dalam pengobatan tradisonal. Beberapa peneliti di dunia juga sudah meneliti kandungan-kandungan dari daun handeleum dan manfaat apa yang diberikannya dalam pengobatan penyakit

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui
.

Di Indonesia sendiri, daun handeuleum diyakini mengobati beberapa penyakit, seperti wasir, ambeien, bisul, sakit kepala, dan lain-lain. Adapun kandungan yang ada pada daun handeleum adalah alkaloid, falvanoid, saponia, tannin, anti-inflamasi, dan anti-plak.

daun handeuleum

8 Khasiat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Berikut di bawah ini saya akan dibahas khasiat daun handeleum bagi kesehatan pria dan wanita berikut  cara pengobatannya atau pengolahannya, diantaranya:

1. Asam Urat

Anti inflamasi yang ada pada daun handeuleum sangat bermanfaat dalam mengurangi panas, dan nyeri pada tubuh karena asam urat.

Caranya, cuci bersih daun handaleum, tumbuk hingga halus. Lalu tempelkan pada area yang nyeri akibat asam urat. Lakukan hingga merasa sudah baikan.

2. Sakit Telinga

Sakit telinga akibat infeksi dapat disembuhkan dengan daun handeuleum, caranya cuci daun ini hingga bersih, tumbuk dan saring sari/airnya. Teteskan perlahan ke dalam telinga. Miringkan kepala untuk beberapa menit supaya sari dari daun handeleum bisa meresap pada telinga.

3. Mengentikan pendarahan

Jika anda terkena luka, daun handeuleum bisa menjadi pertolongan pertama pada luka anda.

Caranya adalah bersihkan daun tersebut kemudian tumbuk lalu tempelkan langsung pada luka. Pendarahan akan segera berhenti dan anda bisa melakukan pengobatan berikutnya.

Baca Juga  5 Cara Mengolah Daun Kelor yang Wajib Kamu Ketahui

daun handeuleum

4. Wasir

Ternyata dengan mengonsumsi daun handeleum, wasir bisa sembuh.

Caranya adalah rebus daun tersebut dengan kunyit, lalu tambahkan sedikit gula merah, saring dan airnya bisa di konsumsi. Minumlah 2 kali sehari untuk penyembuhan yang lebih maksimal.

5. Sakit kepala dan Sakit perut

Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus beberapa lebar daun handeuleum, yang dicampurkan dengan jahe. Saring lalu minum

6. Batu Empedu

Batu empedu adalah salah satu penyakit yag cukup serius, dimana pencernaan akan terganggu karena ujung empedu akan tertutut sebagian atau bahkan seluruhnya.

Caranya cukup dengan merebus beberapa lembar daun tersebut kemudian disaring dan airnya diminum teratur minimal 2 kali sehari.

7. Sembelit

Caranya adalah dengan mebus 7 lembar daun handeleum pada dua gelas air, didihkan hingga air tersisa hanya 1 gelas. Saring lalu minumlah.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Diabetes

Kandungan anti-diabet dari daun handeuleum tentu saja sangat bermanfaat dalam pengobatan diabetes. Anda hanya perlu meminum rebusan daun tersebut untuk menetralkan kadar gula atau diabet pada tubuh anda.

Demikain pembahasan mengenai khasiat daun handeuleum bagi kesehatan tubuh dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *