keramas saat haid
Keramas Saat Haid Dilarang? Apa Sebabnya dan Apakah Bahaya?
September 20, 2018
efek samping minum bawang dayak
Efek Samping Minum Bawang Dayak Yang Harus Anda Ketahui
September 20, 2018

Manfaat Daun Krokot Untuk Kesehatan Berikut Kandungan Nutrisi

daun krokot

Daun KrokotNama krokot mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, padahal tanaman ini dapat kita temukan di banyak tempat, karena memang termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja. Krokot tidak hanya tumbuh di sawah yang subur, tapi juga bisa tumbuh di tanah yang tandus, pekarangan, ladang, bahkan di trotoar pinggir jalan.

Sekilas, mungkin krokot dianggap sebagai tanaman biasa saja, bahkan sering dianggap sebagai gulma (tanaman pengganggu) bagi tanaman lainnya. Padahal tanaman ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia dan bisa diolah sebagai masakan.

Ciri-Ciri Tanaman Krokot

Tanaman ini memiliki ciri-ciri bunganya berwarna kuning kecil-kecil, bentuk daun tebal berdaging dan datar, serta batang berwarna coklat, tebal dan berair.

Kandungan Nutrisi Dalam Tanaman Krokot

Krokot masuk kategori tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan karena kandungan dalam daun ini ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan dalam daun krokot diantaranya fosfat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, mangan, sodium, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  7 Minuman Pelancar Haid yang Bisa Dibuat Dengan Bahan Alami

Penelitian juga menunjukkan bahwa krokot memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh, membantu perkembangan otak, dan penghasil energi. Bahkan kandungan asam lemak omega 3 pada tanaman krokot lebih besar dibanding beberapa minyak ikan sehingga cocok untuk mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 para vegetarian tanpa harus menyantap daging ikan.

daun krokot

Manfaat Daun Krokot Untuk Kesehatan

Bagi penggemar burung kenari, krokot dicari untuk dijadikan makanan tambahan bagi burung. Daun krokot dipercaya membuat kicauan burung kenari menjadi lebih merdu dan lebih panjang suaranya.

Tanaman ini telah dikenal di seluruh dunia sebagai tanaman yang memiliki manfaat kesehatan. Bahkan oleh WHO, krokot dimasukkan sebagai tanaman obat yang diprioritaskan di dunia.

Artinya kalau di suatu daerah yang jauh dari rumah sakit, terutama dialami di daerah Afrika atau pedalaman Asia, tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai pengobatan awal bahkan sampai menyembuhkan. Apalagi tanaman ini memang dapat tumbuh di mana saja dan dapat ditemukan dengan mudah di hampir seluruh penjuru dunia. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat daun krokot bagi kesehatan :

1. Mengobati diare

Diare bisa diakibatkan keracunan atau salah makan. orang yang terkena diare biasanya banyak mengeluarkan cairan, sehingga membuat tubuh menjadi lemas. Bila diare menyerang, anda bisa menggunakan daun korkot sebagai obat herbal yang ampuh untuk meredakan diare anda.

2. Melancarkan peredaran darah

Daun krokot berguna untuk melancarkan peredaran darah karena memiliki kandungan besi dan tembaga yang tinggi. Kedua mineral tersebut dibutuhkan tubuh dalam melancarkan peredaran darah, sehingga lebih banyak darah dan oksigen yang disuplai ke berbagai organ dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Krokot mengandung asam omega 3 yang berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam omega 3, termasuk krokot, maka dapat mengurangi risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan kardiovascular seperti jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

4. Mengobati wasir atau ambeien

Wasir adalah penyakit yang terjadi pada sistem kerongkongan yang diakibatkan pembuluh vena di sekitar anus membengkak. Menderita ambeien atau wasir akan sangat mengganggu karena seseorang sangat menderita dan tidak bisa nyaman menjalani aktivitas sehari hari. Salah satu pengobatan alami adalah dengan menggunakan daun krokot karena mengandung zat alami yang ampun mengatasi wasir dan membersihkan sistem pencernaan tubuh.

5. Mengatasi cacingan

Cacingan sering menyerang anak-anak karena masuknya cacing ke dalam pencernaan. Daun krokot sangat manjur dan efektif untuk membasmi dan membunuh cacing-cacing yang menjadi penyebab penyakit pada pencernaan tersebut.

Baca Juga  Manfaat Bunga Rosella untuk Penyakit Ringan hingga Serius

6. Mengatasi kencing berdarah

Kencing berdarah disebabkan karena yang menyerang saluran kencing sehingga terjadi infeksi pada saluran kencing. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengkonsumsi daun krokot karena daun ini mengandung anti infeksi yang akan membersihkan saluran kencing.

daun krokot

7. Menguatkan tulang

Daun krokot memiliki kandungan kalsium, magnesium, mangan, dan zat besi yang berguna untuk menguatkan tulang dan mengembangkan jaringan tulang. Dengan tulang yang kuat maka kita akan terhindar dari osteoporosis.

Selain berbagai manfaat diatas, berikut manfaat lainnya yang tidak kalah pentingnya diantaranya:

– Melancarkan haid

– Mengobati hepatitis

Baca Juga  Keramas Saat Haid Dilarang? Apa Sebabnya dan Apakah Bahaya?

– Mengobati radang kulit dan luka koreng

– Mengobati bisul

– Mengobati maag

Cara Mengkonsumsinya Daun Krokot

Untuk mengkonsumsinya, bisa dilakukan dengan menguapkan daun krokot yang masih segar selama 2-5 menit. Lalu ditumbuk sampai halus dan diperas sampai terkumpul air perasannya kira-kira 150 cc. Kemudian minum air perasannya tadi 3x sehari sebanyak 50 cc.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan ternayata daun krokot yang ada di sekitar kita ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Semoga artikel ini menambah wawasan kita dalam memanfaatkan tanaman di sekitar kita, khususnya daun krokot.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *