manfaat air cucian beras
9 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Perawatan Kulit
August 29, 2018
makanan terpedas di dunia
8 Makanan Terpedas Di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia
August 29, 2018

Daun Mangkokan Punya 5 Manfaat Mengejutkan, Apa Sajakah Itu?

daun mangkokan

Daun Mangkokan – Adakah yang tahu khasiat daun mangkokan untuk tubuh? Atau paling tidak, masihkah ada yang ingat dengan tanaman yang dinamai dengan mengacu bentuk daunnya itu?

Memang hari demi hari ini, tanaman ini memang mulai langka tempat tumbuh seiring bergantinya pagar dengan semen dan bergantinya tanaman hias daun dengan tanaman berbunga.

Namun, bagi kamu yang pernah mengalami masa kecil di kampung, barangkali sudah tidak asing dengan tumbuhan yang sebenarnya bernama gulma ini.

Baca Juga  Daun Pohpohan yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Dan seperti namanya, daun tumbuhan ini sering dipakai oleh anak-anak perempuan sebagai wadah saat main masak-masakan. Kalau bagi bapak-bapak, tumbuhan ini dikenal sebagai tanaman pagar, alias tanaman yang digunakan sebagai pembatas antara satu pekarangan dengan pekarangan lain.  Namun, berbeda lagi dengan ibu yang menanamnya di dalam pot bagus sehingga nampak lebih cantik.

Daun Mangkokan Ternyata Punya 5 Manfaat Mengejutkan, Apa Sajakah Itu?

daun mangkokan

Selain itu, tahukah kamu kalau daun ini bisa dikonsumsi? Bukan hanya dikonsumsi supaya kenyang saja, tapi juga memiliki khasiat bagi seluruh tubuh, dari ujung kaki hingga ujung kepala. Untuk kamu yang tidak tahu dan merasa dulu pernah mencampakannya, kami punya penjelasan tentang khasiat daun mangkokan itu. Tentu saja ini bukan hanya mitos. Baca informasinya di bawah ini, ya.

Sebelumnya membahas khasiatnya, kita harus tahu seluk beluk tanaman daun mangkokan terlebih dahulu. Ini mungkin informasi penting yang biasanya malas untuk Anda baca. Oleh sebab itu, kami akan berusaha cepat saja, ya

Daun ini biasanya berbentuk cekung ini memiliki nama latin Nothopanax Scutellaium Merr, berasal dari kerajaan plantae, berordo apiales, berfamili araliaceae, bergenus polyscias, dan berspesies P. Scutellaria.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

Tanaman yang tingginya bisa mencapai enam meter ini berasal dari daratan di sekitar Pasifik Baratdaya dan tumbuh di daerah yang tropis, termasuk Indonesia. Tanaman ini tumbuh baik jika mendapat sinar matahari yang cukup, namun juga tetap bisa tumbuh walaupun pada tanah lembab dan terpayungi tumbuhan yang lebih besar.

Kita beralih ke khasiatnya. Namun, setelah membaca artikel ini, kami harap Anda tidak jadi berlebihan menyayangi pagar tanaman dan jangan melarang anak-anak untuk bermain masak-masakan menggunakan daun mangkokan ini. Santai saja ya. Ayo kita mulai.

Daun mangkokan memiliki banyak sekali khasiat. Bahkan, berkhasiat bagi bagian tubuh dari ujung kaki sampai ujung kepala. Kita akan bahas satu persatu dengan seksama mulai dari tubuh bagian atas.

1. Sebagai Perawatan Rambut

Manfaat daun mangkokan yang pertama berkhasiat sebagai perawatan rambut. Mulai dari rambut rontok, ketombe, sampai rambut kurang tebal dapat ditangani oleh tanaman hias ini. Caranya mudah, yaitu cukup dengan merendam dan melarutkan daun mangkokan ke dalam minyak kelapa.

Setelah itu, ramuan yang telah Anda buat tersebut dapat diberlakukan sebagai sampo. Anda bisa juga memadukannya dengan minyak kemiri atau minyak lain yang memiliki kandungan positif bagi rambut.

2. Untuk Kesehatan Mata

Dari rambut, kita turun sedikit ke mata. Daun mangkokan juga memiliki khasiat bagi mata dengan kandungan vitamin A-nya.

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A yang cukup dalam tubuh dapat menghindarkan mata dari berbagai penyakit seperti rabun dan katarak. Untuk Anda yang tidak suka wortel, tumbuhan ini bisa jadi alternatif.

3. Untuk Kesehatan Mulut

Setelah mata, kita turun lagi sedikit ke bagian mulut. Mulut adalah salah satu organ manusia yang sering terkena gangguan. Hal itu disebabkan karena mulut sangatlah sensitif terhadap berbagai bakteri.

Salah satu gangguan mulut yang paling sering dialami oleh kita adalah sariawan. Nah, daun mangkokan juga memberi alternatif bagi kamu yang ogah makan buah masam sebagai obat sariawan. Seperti jeruk, kandungan vitamin C di dalam daun mangkokan berfungsi mengobati sariawan tetapi tanpa mengeluarkan rasa masam yang berlebihan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain vitamin A dan vitamin C, daun mangkokan juga mengandung vitamin D yang cukup bagi tubuh. Kandungan vitamin D ini dapat menjaga kesehatan tulang.

Tentu saja ini dapat menjaga bahumu tetap kuat walaupun tanpa si dia. Hehe. Selain itu, bersama fosfor dan zat besi yang terkandung di dalamnya juga, daun mangkokan mengantisipasi sakit nyeri pada tulang serta merawat kuku tangan dan kakimu dengan baik.

5. Untuk Mengatasi Luka

Untuk bagian dengkul yang biasa timbul luka ataupun korengan, daun mangkokan juga bisa dimanfaatkan juga untuk luka goresan ringan, daun tanaman mangkokan punya kandungan antiseptik yang dapat mencegah bakteri berkembang.

Hal itu tentu membuat luka Anda menjadi lebih singkat. Untuk mendapatkan khasiat ini, yang harus dilakukan hanyalah menempelkan daun mangkokan bersih, yang sebelumnya telah dilunakan, ke atas luka baru. Berlakukan daun mangkokan dalam kasus ini sebagai obat merah.

Itu tadi adalah berbaai macam manfaat daun mangkokan bagi tubuh kita, dari rambut hingga kuku kaki. Namun, bukan hanya tubuh bagian luar saja yang disayangi oleh daun berbentuk cekung ini. Tubuh atau organ bagian dalam kita pun dapat memperoleh khasiat dari daun mangkokan. Apalagi, caranya lebih menyenangkan ketimbang hanya mengoles-oleskan daun di rambut, yaitu dengan cara mengkonsumsinya seperti makanan biasa. Ya! Boleh pakai nasi dan sambal terasi.

Daun Mangkokan Ternyata Bisa Dimasak

daun mangkokan

Siapa menyangka kalau daun mangkokan dapat dijadikan tumis atau lalapan seperti selada dan tanaman sayur lain? Meskipun tidak familiar dikenal sebagai tanaman sayur atau pun tanaman obat, nyatanya dengan mengkonsumsi daun mangkokan secara rutin dapat menanggulangi resiko peradangan pada tenggorokan, lambung, dan usus. Bahkan juga dapat dipakai sebagai obat walaupun peradangan sudah terlanjur terjadi.

Selain untuk masalah perut serius seperti peradangan tersebut, mengkonsusmsi olahan daun mangkokan juga dapat meredakan masalah ringan pada perut seperti gangguan pencernaan diare, susah buang air besar, atau pun sembelit. Sementara untuk masalah buang air kecil, daun mangkokan tidak dikonsumsi sebagai makanan melainkan hanya cukup direbus lalu ditempelkan pada perut selagi hangat.

Baca Juga  22 Manfaat Rebusan daun sirsak dan Kegunaan Daun Sirsak

Dari semua khasiatnya pada penyakit ringan di atas, daun tanaman mangkokan juga memiliki khasiat pada penyakit gawat seperti kanker. Seperti daun tanaman sirsak, daun tanaman mangkokan juga dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit kanker.

Hal tersebut dikarenakan daun tanaman mangkokan mengandung antioksidan yang tinggi. Dalam aktioksidan yang terkandung dalam daun mangkokan tersebut terdapat setidaknya empat senyawa yang dapat mematikan sel kanker, yaitu alkaloida, flavonoid, polifenol, dan saponin.

Selain untuk menangani kanker, antioksidan tersebut juga dapat menguntungkan bagi kelancaran peredaran darah, mencegah anemia, dan menangkal radikal bebas yang membuat tubuh mudah sakit. Itu catatan bagi Anda yang merasa mudah lelah, merasa hilang keseimbangan karena merasa pusing dan lemas, atau mudah sekali demam saat musim pancaroba. Tentu harus mencoba mengkonsusmi tanaman ini. Jangan khawatir pagar Anda habis! Yang penting kenyang dan sehat.

Nah, itu tadi adalah segudang khasiat daun mangkokan untuk tubuh, dari ujung kaki hingga ujung kepala, selain sebagai piring untuk main masak-masakan. Itu pun manfaat daunnya saja yang baru kita bahas, belum akarnya. Pada halaman lain kita akan membahas khasiat akar tanaman daun mangkokan ya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *