khasiat teh basi
Jangan Dibuang, Ini 7 Khasiat Teh Basi Untuk Kesehatan Kulit
October 2, 2018
Inilah Bahan Makanan untuk Memperbanyak Asi
October 3, 2018

Daun Meniran, Si Gulma yang Kaya Khasiat

Daun Meniran – Bagi masyarakat di perkampungan tentu tidak asing dengan Rumput Daun Meniran atau tanaman Meniran. Tanaman yang dianggap gulma ini sering sekali tumbuh di halam rumah, pekarangan, atau pun area persawahan. Karakteristiknya yang tidak seperti tumbuhan karpet membuatnya harus terusir dari halaman atau pekarangan.

 

Ciri-ciri Daun Meniran

Tumbuhan Meniran atau yang bernama latin Phyllanthus urinaria memiliki bentuk batang bulat, basah, dan tinggi hanya sekitar 50 cm. Bentuk tulang daunnya menyirip genap, memiliki daun majemuk berjumlah genap dengan bentuk daun lonjong. Bunganya yang juga akan menghasilkan buah berupa butiran kecil berada tepat di bawah tulang daun.

Di Indonesia, secara fisik tumbuhan tumbuhan Daun Meniran memiliki dua jenis, yaitu tumbuhan Meniran berwarna kemerahan dan Tumbuhan Meniran yang berwarna hijau. Saat ini belum ada penelitian yang menyebut adanya perbedaan kandungan di antara keduanya.

Meskipun tidak hanya tumbuh di Indonesia, tetapi nampaknya tumbuhan ini sudah melekat dengan masyarakat Nusantara. Hal itu dapat dibuktikan melalui adanya sebutan yang bermacam-macam oleh setiap daerah atau suku. Misalnya, orang Minangkabau yang menyebutnya sidukuang anak atau orang Jawa yang menyebutnya Meniran.

Dinamakan sidukuang anak karena pada bagian tangkai daunnya terdapat biji yang digambarkan seperti orang menggendong anak. Sementara pada masyarakat Jawa menggunakan nama meniran karena merujuk pada bentuk buah yang menyerupai menir atau beras yang patah-patah.

Selain di Indonesia, ada beberapa negara lain yang mengenal tanaman ini sebagai tanaman obat. Di Thailand, Meniran digunakan untuk mengobati diuritic. Di India bahkan tanaman ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai obat diabetes, kencing nanah, gangguan menstruasi, gagal-gatal, dan bengkak.

Sementara itu di Amerika Selatan, Meniran digunakan untuk menyembuhkan asam urat, batu ginjal, batu empedu, flu, dan demam.

Kandungan Daun Meniran

Tumbuhan Meniran mengandung banyak sekali zat penting yang diketahui dapat menangkal atau mengobati berbagai penyakit serius. Di dalam seluruh bagian Meniran, baik daun, batang, akar, hingga buahnya, setidaknya terdapat zat-zat seperti filatin, kalium, mineral, damar, dan bahkan zat penyamak.

Karena kandungan-kandungan penting tersebut bahkan sudah sejak dulu digunakan untuk menyembuhkan penyakit malaria, sakit kuning atau lever, demam, ayan, batuk, menstruasi berlebihan, disentri, luka bakar, luka infeksi kering dan termasuk perawatan wajah mengusir jerawat.

Selain itu juga ada kandungan senyawa flavanoid. Flavonoid dari Meniran penting karena bekerja menjadi bagian imunitas tubuh. Cara kerja senyawa flavanoid tersebut adalah dengan mengirimkan sinyal pada reseptor sel sehingga sel dapat cepat tanggap dan bekerja secara optimal. Salah satu efek yang ditimbulkan apabila imunitas dalam sel optimal memakan bakteri, nafsu makan akan bertambah. Dengan kata lain tanaman ini juga akan berguna dalam meningkatkan nafsu makan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Penggunaan Daun Meniran

Meniran dapat diolah menjadi minuman untuk mengobati penyakit dalam seperti demam, ayan, batu, atau yang lainnya. Caranya adalah dengan merebut bagian daun, batang, dan akar dengan sedikit air. Rebusan tersebut kemudian dapat diminum dan diambil khasiatnya.

Untuk mengobati sakit kuning, Meniran dapat dicampurkan dengan cengkeh kering, temulawak, dan kayu manis. Hasil rebusannya dapat diminum secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

Untuk mengobati malaria, batang Meniran dicampur dengan cengkeh dan kayu manis. Bahan-bahan tersebut ditumbuk sebelum direbus dan rebusannya dapat diminum sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

Ayan yang sangat sulit ditangani dunia medis juga dapat diobati dengan tanaman herbal ini. caranya adalah dengan merebus Meniran dan meminumnya selama tiga hari berturut-turut sebanyak 1 gelas setiap hari. Hal ini dapat menurunkan resiko ayan kambuh.

Jika tidak suka meminum air rebusan tumbuhan Meniran saat masih mentah, karena memang terkadang menimbulkan bau langu, Anda dapat mengolahnya terlebih dahulu menjadi teh atau Meniran kering.

Meniran kering dapat ditumbuk sampai halus dan baru direbus menggunakan air beberapa gelas. Akan lebih baik jika ditambahkan dengan air tajin. Ramuan tersebut akan berkhasiat bagi perempuan yang mengeluarkan terlalu banyak darah saat menstruasi.

Selain itu, Meniran juga dapat digunakan pada luar tubuh. Pada luka bakar terkena api atau air panas, ampas dari rebusan Meniran, temulawak, dan cengkeh dapat digunakan sebagai peredam rasa panas.

Ampas dari rebusan Meniran juga efektif untuk mempercepat penyembuhan pada luka koreng atau luka menganga yang tidak kunjung kering. Bahkan, untuk masalah jerawat yang sering dialami oleh usia pubertas, meminum air rebusan Meniran juga dapat menjadi solusi.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai tumbuhan Meniran dan kegunaannya. Mulai sekarang, Anda dapat menyisihkan sedikit tanaman gulma ini saat menyiangi halaman atau pekarangan. Atau bahkan dapat memeliharanya dengan mudah di pot bunga karena Meniran merah juga cukup sedap dipandang.

 

Baca Juga  4 Cara Mengenali Gejala Tipes Ringan Dengan Mudah dan Tepat

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *