10 Cara Mengusir Tikus Curut yang Bandel Secara Alami
August 24, 2018
manfaat bedak marcks
Gak Cuman Legendaris, Inilah 8 Manfaat Bedak Marcks
August 24, 2018

Daun Pohpohan yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

daun pohpohan

Daun Pohpohan – Daun pohpohan sudah dikenal sebagai teman makan sambal alias lalapan dan daun ini identik dengan sambal dan lalapan kuliner sunda.

Daun pohpohan disukai karena rasanya yang enak, wangi segar dan hangat selain itu biasanya daun ini dijual per ikat.

Daun pohpohan gampang ditemui, Anda bisa menemukannya di supermarket. Bahkan di era modern ini, Anda bisa membeli daun ini di toko online.

Daun pohpohan tersebar banyak negara termasuk di Indonesia, Taiwan, Vietnam, Srilanka, India dan daratan Tiongkok. Tanaman pohpohan ini dapat tumbuh di ketinggian 700 – 1.750 m di atas permukaan laut. Tanaman pohpohan dengan nama latin Pilea melastomoides mengandung kaya akan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

daun pohpohan

Kandungan Daun Pohpohan

Selain mengandung antioksidan, daun ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti zat fosfor, zat besi, karbohidrat, protein, kalsium, vitamin B1 dan vitamin C. Daun ini juga kaya akan senyawa flavonoid.

Flavonoid berguna sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah kanker. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun pohpohan terdiri dari :

– Karbohidrat 6,9 gr

– Kalsium 744,0 mg

– Energi 37 kal

– Protein 2,5 gr

Baca Juga  8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

– Lemak 0,8 gr

– Fosfor 80,0 mg

– Besi 5,9 mg

– Vitamin A 900 RE

– Vitamin C 5 mg

– Vitamin B1 0,03 mg

– Air 87,4 gr

Dilihat dari kandungan nutrisinya, daun pohpohan memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan daun katuk, daun singkong maupun daun bayam. Jika Anda ingin memanfaatkan vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun ini maka Anda bisa mengolah sayur ini menjadi sayur atau lalapan.

daun pohpohan

Beberapa khasiat dan manfaat daun pohpohan untuk kesehatan yaitu :

1. Meredakan nyeri haid pada wanita

Sebagian wanita merasakan nyeri ketika haid. Dengan memanfaatkan kandungan yang terdapat pada daun pohpohan bisa membantu meredakan nyeri haid pada wanita.

2. Membantu mengatasi sakit pinggang

Sakit pinggang bisa dialami oleh siapapun dan kapanpun. Untuk mengatasi sakit pinggang, Anda bisa mengonsumsi daun pohpohan ini.

3. Mecegah darah tinggi

Tekanan darah tinggi yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jika Anda ingin terhindar dari darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi daun tersebut karena daun pohpohan akan membantu mencegah tekanan darah tinggi.

4. Mengatasi nyeri otot

Dengan mengonsumsi daun pohpohan Anda juga akan terhindar dari nyeri otot.

Baca Juga  22 Manfaat Rebusan daun sirsak dan Kegunaan Daun Sirsak

5. Mencegah efek radikal bebas

Di dalam daun tersebut terdapat antioksidan yang membantu mencegah efek radikal bebas. Konsumsilah daun ini agar Anda terhindar dari efek radikal bebas.

6. Mencegah kanker

Senyawa flavonoid yang terdapat dalam daun tersebut ternyata dapat membantu mencegah kanker.

7. Mencegah osteoporosis

Daun ini juga teryata mengandung kalsium yang dapat menutrisi tulang. Mengonsumsi daun ini ternyata dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

8. Membantu menyehatkan gigi

Kalsium yang terkandung pada daun ini selain baik untuk tulang, kalsium tersebut juga baik untuk gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi, Anda bisa mengonsumsi daun pohpohan.

9. Mencegah penyakit pikun atau demensia

Penyakit pikun biasanya dialami oleh orang yang lanjut usia. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit pikun sebaiknya Anda mulai mengonsumsi daun ini mulai dari sekarang juga.

10. Membantu menjaga daya tahan tubuh

Jika tubuh Anda memiliki daya tahan yang bagus, Anda akan terhindar dari dari berbagai penyakit. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada daun ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

11. Mengatasi rematik

Senyawa alami pada daun ini juga dapat membantu mengatasi penyakit rematik. Konsumsilah daun tersebut untuk membantu mengobati penyakit rematik.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

12. Mengobati wasir

Penyakit wasir atau ambeien dapat menyebabkan seseorang terganggu aktivitasnya. Dengan mengonsumsi daun ini secara rutin, penyakit wasir akan dapat diobati.

13. Membantu mengobati infeksi saluran kencing

Penyakit infeksi saluran kencing disebabkan oleh bakteri atau kuman yang masuk ke dalam saluran kencing. Daun ini juga teryata dapat membantu membersihkan saluran kencing.

14. Menetralkan racun dalam tubuh

Ternyata daun ini memiliki kandungan yang dapat menetralkan racun dalam tubuh. Anda dapat menonsumsi daun tersebut untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh.

15. Mencegah peradangan

Kandungan nutrisi dalam daun ini dapat membantu mencegah peradangan. Jika Anda mengalami sakit yang berhubungan dengan peradangan, Anda bisa mengonsumsi daun pohpohan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *