cara memerahkan bibir hitam
Cara Memerahkan Bibir Hitam Dengan 12 Bahan Alami
August 16, 2018
5 Cara Mengolah Daun Kelor yang Wajib Kamu Ketahui
August 18, 2018

Inilah 6 Efek Samping Daun Kelor yang Perlu Diantisipasi

efek samping daun kelor

Efek Samping Daun Kelor – Mungkin Anda pernah mendengar seseorang mengatakan “dunia tak selebar daun kelor”. Ungkapan tersebut menunjukkan bahwa dunia tidak sekecil daun kelor. Bentuk daun kelor memang kecil, namun dibalik bentuknya yang kecil terdapat banyak nutrisi di dalamnya.

Tanaman kelor memiliki batang, tangkai panjang, daun yang majemuk dan buah berbentuk segitiga memanjang. Dalam buahnya terdapat biji yang berbentuk bulat berwarna cokelat kehitaman. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 7 – 11 meter.

Daun kelor dikenal bukan hanya di Indonesia saja, melainkan juga di luar negeri. Tanaman kelor diduga berasal dai kawasan barat pegunungan Himalaya dan wilayah India kemudian menyebar ke Asia Barat hingga benua Afrika.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beberapa negara menyebut daun kelor dengan nama moringa leaves, moringa oleifera, horse radish tree, ben tree atau drumstick tree. Bahkan ada yang menyebutnya “Miracle Tree” karena berbagai macam kegunaannya.

Daun kelor banyak dilirik karena tingginya nutrisi yang terkandung di dalamnya sehingga memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Dikutip dari Minbodygreen 2015, beberapa negara seperti Nepal, India dan Pakistan telah lama menggunakan daun kelor untuk mencegah dan mengobati penyakit – penyakit seperti anemia, diabetes, gangguan pencernaan, liver, gangguan pernapasan, penyakit jantung dan penyakit kulit.

Dilansir dari Asian Pasific Journal of Cancer Prevention, daun kelor dikenal sebagai makanan super karena nutrisi yang ada pada daunnya. Daun kelor bisa dijadikan sayur maupun obat herbal. Bahkan menurut kepercayaan tertentu, daun kelor bisa digunakan untuk menangkal guna – guna atau kekuatan magis.
efek samping daun kelor

Efek samping daun kelor yang Perlu Diantisipasi

Daun kelor memang banyak manfaatnya untuk kesehatan dan berperan dalam menyembuhkan penyakit. Umumnya, daun kelor ini aman untuk dikonsumsi. Tetapi perlu diperhatikan bahwa konsumsi daun kelor secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping bahkan bisa berbahaya bagi tubuh dan berikut ini efek samping daun kelor :

1. Menyebabkan sakit perut

Perlu diperhatikan bahwa efek daun kelor yang paling sering ditemui adalah sakit perut. Hal ini bisa terjadi jika minum air daun kelor pada saat lambung dalam keadaan kosong. Air daun kelor dapat menyebabkan tekanan pada otot perut sehingga dapat menyebabkan sakit perut.

2. Menyebabkan diare

Daun kelor bisa digunakan sebagai pencahar alami. Namun untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu bisa menyebabkan diare. Untuk mencegah efek samping daun ini, Anda bisa memulai perlahan- lahan. Perkenalkan dosis kecil dan lihat dulu bagaimana reaksinya kemudian secara bertahap bisa meningkatkan dari waktu ke waktu.

Namun jika Anda mengalami diare saat mengonsumsinya, sebaiknya Anda mengurangi atau menghentikan dosisnya sampai gejala diare hilang.

Baca Juga  23 Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

3. Adanya gangguan fungsi ginjal

Efek samping daun kelor yang lain yaitu terjadinya gangguan fungsi ginjal jika mengonsumsi rebusan daun kelor secara berlebihan. Konsumsi rebusan daun kelor yang berlebihan akan meghambat kinerja ginjal dalam mengolah cairan tubuh.

4. Terjadinya kerusakan liver

Daun kelor yang dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak diimbangi dengan nutrisi dari sayran lain bisa menyebabkan kerusakan liver. Efek samping daun ini berbahaya bagi pendrita penyakit kuning dan hepatitis karena bisa merusak jaringan pembuluh darah disekitar hati.

5. Terjadinya kegagalan sperma

Mengonsumsi daun kelor setiap hari dan dalam jumlah yang besar bisa mengganggu kondisi sperma seorang pria. Efek samping daun kelor ini dapat menghambat pembentukan sperma sehingga dapat mengakibatkan ejakulasi dini.

efek samping daun kelor

6. Mengalami mati rasa dan kelumpuhan

Mengonsumsi daun kelor secara berlebihan perlu dihindari karena dapat menyebabkan mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan. Hal ini dikarenakan tidak selamanya senyawa yang ada dalam daun kelor itu cocok bagi jaringan tubuh manusia.

Efek samping daun kelor lainnya yaitu untuk ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi akar, kulit kayu atau bunga kelor. Senyawa kimia yang terdapat pada kelor dikhawatirkan bisa menyebabkan kontraksi pada rahim hingga keguguran. Walaupun belum ada penelitian yang pasti mengenai efek samping daun ini untuk ibu hamil, sebaiknya ibu hamil perlu menghindarinya.

Baca Juga  5 Cara Memperkecil Payudara yang Alami dan Efektif

Untuk ibu menyusui, para ahli menyarankan untuk menghindari konsumsi daun kelor karena belum ada bukti yang menunjukkan efek samping daun tersebut selama proses menyusui.

Belum ada informasi ilmiah yang pasti untuk menentukan dosis yang tepat mengonsumsi daun kelor. Karena dosis bisa tergantung dari beberapa faktor seperti usia, kesehatan dan beberapa kondisi lain. Sebelum Anda mengonsumsi daun kelor, Anda bisa konsultsikan dulu pada dokter ataupun tenaga medis.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi daun kelor, disarankan untuk mengonsumsi sewajarnya. Apabila Anda merasa aman saat mengonsumsinya, Anda bisa menggunakannya. Namun lebih baik jika dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *