manfaat jinten hitam
Manfaat Jinten Hitam Untuk kesehatan tubuh dan Untuk Kecantikan
August 9, 2018
daun antanan
6 Manfaat Mengejutkan Daun Antanan Untuk Kesehatan Kulit
August 9, 2018

Banyak yang Gak Tahu, Inilah 7 Efek Samping KB IUD

efek samping kb iud

Efek Samping KB IUD – Sebagian wanita merasa perlu menunda kehamilan karena berbagai hal. Hal – hal yang melatarbelakangi wanita untuk menunda kehamilannya yaitu pendidikan, karir, finansial dan lainnya.

Pemilihan alat kontrasepsi yang tepat dapat membantu wanita menunda kehamilannya. Namun jika kontrasepsi yang digunakan salah pada saat pemakaian, maka kontrasepsi tersebut akan mengalami kegagalan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi IUD, ada baiknya Anda mengenali kelebihan KB IUD ini dan efek samping KB IUD ini lebih dalam. Jika Anda telah mengenal lebih dalam, ini akan menurunkan kekuatiran Anda pada saat menggunakannya.

Baca Juga  Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Tantrum

KB IUD (Intra Uterine Device) merupakan alat kontrasepsi berbahan dasar plastik yang dimasukkan di dalam rahim berbentuk T kecil yang biasa dikenal dengan istilah KB Spiral. Ada 2 jenis IUD yang biasa digunakan oleh wanita pada umumnya, diantaranya:

– IUD tembaga yang berfungsi mencegah kehamilan dengan cara mempersulit sperma untuk membuahi sel telur atau fertilisasi.

– IUD hormonal dengan hormone progestin berfungsi mengentalkan cairan serviks, sehingga mencegah sperma masuk ke rahim.

efek samping kb iud

Kelebihan KB IUD

Kebanyakan wanita memilih menggunakan KB IUD ini karena menggunakan IUD relatif lebih efektif untuk mengontrol kehamilan. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan metode kontrasepsi lainnya dalam pencegahan kehamilan. Jangka waktu efektifitas penggunaan IUD hormonal 3 – 5 tahun. Sedangkan jangka waktu efektifitas KB jenis tembaga bisa sampai 10 tahun.

Pada umumnya, wanita enggan menggunakan kontrasepsi pil karena dapat menyebabkan kegemukan. Hal inilah yang membuat kebanyakan wanita memilih alat kontrasepsi IUD ini. Pada umumnya KB IUD ini disukai, karena penggunaan KB IUD ini tidak menyebabkan kegemukan seperti pada saat menggunakan kontrasepsi pil dan bisa dilepas kapan saja ketika Anda ingin hamil.

Baca Juga  9 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui

Selain itu, KB IUD juga dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks dan kanker endometrium. KB IUD ini juga mudah digunakan dan setelah pemasangannya, wanita tidak perlu repot untuk sehari – harinya serta tidak mengganggu kesuburan. Setelah dilepas, kesuburan dapat kembali dengan cepat.

Banyak informasi simpang siur yang beredar di masyarakat mengenai penggunaan KB IUD ini. Diantaranya yaitu:

– Banyak wanita yang kuatir pemasangan KB IUD akan berpengaruh pada saat berhubungan seks. Namun hal itu tidaklah menjadi masalah jika KB IUD dipasang dengan benar.

– Beredar cerita dari mulut ke mulut bahwa efek samping KB IUD dapat berpindah – pindah di badan atau bergerak sampai ke jantung. Hal ini tidaklah benar karena KB IUD dipasang dirongga rahim yang tidak memiliki rongga lain selain vagina. Jadi KB IUD tidak mungkin berpindah – berpindah ke luar rongga rahim.

Apabila KB IUD berpindah pun, hanya bisa bergeser disekitar rongga rahim atau keluar melalui vagina.

Belum Banyak yang Tahu Inilah 7 Efek Samping KB IUD

Namun demikian tahukah anda mengenai efek samping pil KB IUD ini? Sebagai referensi untuk Anda yang akan menggunakan KB IUD, beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh KB IUD ini antara lain:

1. Efek samping KB IUD yang umum terjadi : perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, pendarahan antar menstruasi, saat haid lebih sakit.

2. Komplikasi lainnya : merasa sakit dan kejang selama 3 – 5 hari setelah pemasangan, pendarahan berat pada waktu haid atau diantaranya yang memungkinkan penyebab anemia, perforasi dinding uterus (sangat jarang terjadi jika pemasangan benar).

3. Tidak mencegah IMS termasuk HIV/AIDS.

Baca Juga  Manfaat Jinten Hitam Untuk kesehatan tubuh dan Untuk Kecantikan

4. Tidak baik digunakan pada wanita yang berganti-ganti pasangan.

5. Menyebabkan nyeri dan pendarahan yang terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 – 2 hari.

6. Pengguna tidak dapat melepas IUD sendiri, namun harus dilepas oleh dokter.

7. Pengguna harus memeriksa posisi IUD dari waktu ke waktu

Pengaruh lain dari KB IUD ini, jika terjadi kontraksi rahim sebagai reaksi terhadap KB IUD yang merupakan benda asing di dalam rahim, Anda tidak perlu kuatir karena dengan pemberian obat analgetik keluhan ini akan segera teratasi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *