cara tradisional mengusir tikus
Lupakan Racun, Ini 10 Cara Tradisional Mengusir Tikus Dengan Cepat
September 19, 2018
bunga cocor bebek
5 Manfaat dan Khasiat Bunga Cocor Bebek Bagi Kesehatan
September 19, 2018

Mengenal Fungsi Asam Mefenamat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

fungsi asam mefenamat

Fungsi Asam Mefenamat – Apakah anda pernah mengalami sakit gigi? Untuk meredakan rasa nyeri, biasanya dokter memberikan obat yang mengandung asam mefenamat. Asam mefenamat dikenal sebagai Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID) atau obat Anti Inflamasi Non Steroid (AINS) yaitu kelas obat yang berfungsi anti inflamasi (anti peradangan), analgetik (anti nyeri), antipiretik (menurunkan demam).

Istilah asam mefenamat sendiri mengacu pada nama merk salah satu obat generik, jadi sebenarnya ada juga obat sejenis dengan merk lain sesuai penamaan masing-masing produsen. Asam mefenamat bekerja dengan cara menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX).

Baca Juga  8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak

Saat terjadi luka, enzim ini memproduksi prostaglandin dan menyebabkan rasa sakit serta peradangan. Dengan menghalangi kerja enzim COX, maka prostaglandin yang diproduksi akan lebih sedikit sehingga akan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Mengenal Fungsi Asam Mefenamat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tahukah ada bahwa ternyata asam mefenamat memiliki fungsi utama untuk menghilangkan nyeri, baik nyeri ringan, sedang, sampai parah. Berikut ini beberapa manfaat asam mefenamat :

1.Mengatasi nyeri gigi

Fungsi asam mefenamat yang pertama adalah mengatasi rasa nyeri yang timbul karena sakit gigi. Setiap orang pasti pernah, setidaknya sekali dalam hidup mengalami sakit gigi. Sakit gigi biasanya muncul karena adanya gigi berlubang, gigi bengkak, kebiasaan menggeretakkan gigi, karies gigi atau gigi busuk, gigi patah atau retak maupun infeksi gusi.

Kondisi sakit gigi ini biasanya menyebabkan rasa nyeri di gigi, sakit kepala, hingga untuk makanpun terasa sakit. Jika kita datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan, biasanya dokter gigi memberikan asam mefenamat untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri.

2.Meredakan nyeri saat sakit kepala

Fungsi asam mefenamat selanjutnya adalah meredakan nyeri akibat sakit kepala. Sakit kepala bisa terjadi karena gangguan pada struktur kepala itu sendiri seperti migrain, stress, depresi, kurang tidur.

Dan ada sakit kepala yang disebabkan akibat dari suatu penyakit seperti sakit kepala yang diakibatkan akibat masalah gigi, flu, infeksi telinga atau karena adanya masalah pada mata.

Untuk mengurangi nyeri akibat sakit kepala tadi, salah satu obat yang biasanya dianjurkan oleh dokter adalah asam mefenamat.

Baca Juga  Waspada, Inilah 13 Gejala Tipes Pada Orang Dewasa

3.meredakan nyeri otot dan sendi

Nyeri otot adalah rasa sakit di sekitar otot yang biasanya terjadi ketika seseorang sedang beraktivitas atau setelahnya. Nyeri otot bisa terjadi karena keseleo, otot yang tertarik, dislokasi, maupun patah tulang. Orang yang mengalami nyeri otot, mereka terkadang mengeluh seluruh tubuhnya sakit semua, sehingga kita bisa mengkonsumsi obat anti radang untuk meredakannya.

4.Mengatasi nyeri saat menstruasi

Sebenarnya rasa nyeri saat menstruasi adalah hal yang normal asalkan keluhan nyeri hanya berlangsung ringan dan tidak mengganggu aktivitas sehari hari. Rasa nyeri ini timbul akibat konstraksi dan pelepasan lapisan dalam rahim. Tetapi hal ini bisa mengganggu aktivitas jika rasa nyerinya berlebihan.

Asam mefenamat dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi dan mengurangi volume pendarahan yang terjadi. Namun asam mefenamat bisa mengurangi kesuburan sehingga sebaiknya dihindari pada wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

Tidak masalah sesekali menggunakan obat ini untuk mengurangi rasa nyeri, tetapi jika rasa nyeri terus terjadi setiap menstruasi, disarankan konsultasi ke dokter ahli kandungan agar bisa dicari penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

5.Meredakan nyeri pasca operasi

Tindakan medis seperti operasi biasanya meninggalkan bekas luka pasca operasi. Luka tersebut pasti menimbulkan rasa nyeri, baik nyeri yang diakibatkan luka bekas operasi itu sendiri maupun nyeri akibat proses penyembuhan.

Saat rasa nyeri menyerang, biasanya cara cepat untuk menghilangkannya adalah dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri. Obat analgetik atau anti nyeri seperti asam mefenamat dapat anda gunakan untuk mengurangi rasa nyeri.

6.Meredakan nyeri akibat cedera tulang

Nyeri tulang adalah rasa nyeri yang terjadi pada tulang. Nyeri tulang berbeda dengan nyeri otot. Pada nyeri otot, rasa nyeri bisa dikurangi dengan tidak bergerak atau menjaga posisi otot, sementara nyeri tulang tidak akan hilang dengan berdiam diri.

Nyeri tulang biasanya terjadi akibat kecelakaan, cedera, bekerja berlebihan, ataupun karena buruknya kondisi kesehatan yang mempengaruhi tulang seperti kurangnya pasokan darah ke tulang, kekurangan mineral (osteoporosis).

Untuk mengobati nyeri tulang, dokter biasanya akan memberikan obat yang dapat menghilangkan rasa nyeri pada tulang. Obat yang masuk dalam kategori NSAID seperti asam mefenamat bisa digunakan untuk mengobati nyeri tulang.

Efek samping penggunaan asam mefenamat

fungsi asam mefenamat

Sebagaimana obat-obatan yang lain, mengkonsumsi asam mefenamat juga memiliki efek samping bagi kesehatan. Sebelum mengkonsumsi, baca terlebih dahulu petunjuk pemakaian dan dosis yang tertera di label kemasan.

Penggunaan asam mefenamat dalam jangka waktu lama dan melebihi dosis dapat menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Berikut ini beberapa efek samping yang biasa timbul ketika mengkonsumsi asam mefenamat :

• Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare

• Hilang nafsu makan

• Sakit kepala, pusing, mengantuk, pandangan menjadi kabur

• Meningkatkan tekanan darah

Baca Juga  Jangan Dibuang, Ini Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang

Perlu diketahui bahwa dokter memberikan obat ini karena manfaat asam mefenamat lebih besar dibandingkan efek sampingnya, banyak juga yang mengkonsumsi asam mefenamat tanpa mengalami efek samping negatif. Sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya beritahu dokter tentang kondisi dan riwayat kesehatan sehingga anda akan mendapatkan rekomendasi penanganan yang tepat.

Demikian ulasan kami mengenai manfaat asam mefenamat sampai efek sampingnya, semoga bermanfaat. Obat ini memang dapat mengurangi rasa nyeri secara efektif, tetapi disarankan agar menggunakan sesuai petunjuk dan di bawah pengawasan dokter sehingga kita mendapatkan manfaat secara maksimal dan terhindar dari efek samping yang membahayakan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *