cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi
Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dirumah
November 21, 2018
kata kerja dalam bahasa jerman
Kata Kerja Dalam Bahasa Jerman Sehari-Hari Berikut Artinya
November 22, 2018

Selain Diare Inilah 5 Gejala Disentri, dan Cara Pengobatannya

gejala disentri

Gejala Disentri – Para orang tua apakah sudah tau bahwa si kecil sedang terkena disentri? Atau justru Anda sendiri sedang mengalami disentri? Penyakit disentri tidak boleh dianggap remeh karena kesalahan dalam penanganan atau terlambat memberikan obat yang tepat akan berbahaya. Nah untuk itu sebaiknya Anda mengetahui bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan ketika disentri menyerang.

Sebelumnya pelajari apa itu disentri dan apa saja gejala disentri yang harus diketahui. Disentri adalah penyakit yang menyerang bagian usus dan dilakukan oleh virus. Akibat dari virus yang menyerang ini maka diare akan terjadi terus menerus bahkan tidak akan berhenti. Ketika virus menyerang maka kondisi sakit bisa dialami mulai dari 3 hingga 7 hari.

Baca Juga  Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Tantrum

Disentri pada bayi akan sangat berbahaya karena bayi berbeda dengan orang dewasa dalam hal kekebalan tubuh yang dimiliki. Sehingga virus disentri paling cepat menyerang bayi. Virus ini bisa masuk karena pemberian asupan makan yang buruk.

Awas, Inilah Jenis Virus Disentri yang Menyerang Bayi

Banyak sekali kasus disentri pada bayi mengakibatkan kematian karena terjadinya dare terus menerus dan tidak berhenti menyebabkan bayi kekurangan cairan. Pada saat ini maka bayi akan mengalami dehidrasi akut karena kekurangan cairan tubuh, inilah yang menyebabkan kematian.

Jenis virus disentri yang akan menyerang bayi antara lain adalah disentri basiler dan disentri amoeba. Disentri basiler adalah infeksi bakteri dalam tubuh dan jenis bakteri yang merusak adalah baketri shigella. Sedangkan untuk disentri amoeba adalah disentri yang muncul karena infeksi amoeba dan parasit bersel satu.

Baca Juga  Apakah Aman Minum Air Kelapa Saat Haid? Dan 5 Manfaat Air Kelapa

Bayi akan mudah terserang virus melalui makanan, minuman, peralatan makanan yang kotor dan terkena bakteri bahkan tangan yang memegang bayi. Maka ketika akan memberikan makanan dan minuman kepada bayi wajib melakukan cuci tangan dan pastikan peralatan makan dan minum selalu bersih.

Bayi yang mengkonsumsi ASI juga bisa terkena jadi selalu perhatikan lingkungan bayi agar benar-benar bersih dan sehat. Tidak hanya bayi, kebersihan balita yang sedang senang bermain juga harus diperhatikan. Balita akan sering bermain di luar sebagai pengenalan namun selalu pastikan mereka tidak memasukan sesuatu yang bukan makanan ke dalam mulut seperti pasir.

gejala disentri
Selain Diare Inilah 5 Gejala Disentri yang Perlu Di Waspadai

Lalu apa saja gejala yang harus diwaspadai dan diperhatikan para orang tua atau para penderita disentri untuk memastikan bahwa dirinya terkena virus disentri? Berikut ini beberapa gejala yang akan dialami dalam masa awal virus disentri menyerang.

1. Diare

Gejala disentri yang pertama adalah diare. Karena virus akan menyerang usus maka pencernaan akan terganggu dan akibatnya menimbulkan penyakit diare.

Diare adalah gajala awal virus disentri jika setelah diobati dengan obat anti diare tidak bekerja maka ini sudah pasti disentri menyerang. Anda perlu memeriksakan ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

2. Kehilangan nafsu makan

Setelah diare terjadi maka gejala disentri selanjutnya adalah nafsu makan akan menurun, lidah akan terasa pahit dan tenggorokan tidak nyaman untuk menelan makanan bahkan minuman.

Kondisi akan membuat badan lemas namun makanan harus tetap masuk untuk memberikan sedikit tenaga untuk melawan virus. Nah inilah yang harus diwasapadai agar tidak memuat badan menjadi lebih lemas. Paling tidak asupan air manis dibutuhkan.

3. Demam tinggi

Kasus pada bayi akan sangat berbahaya jika disentri menyerang dan menimbulkan gejala disentri seperti demam tinggi Demam tidak kunjung turun dalam waktu semalam bahkan lebih dari satu hari akan sangat berbahaya bagi kesehatan otak.

Demam yang terlalu tinggi dan tidak turun akan membuat sel otak menurun sehingga mengganggu kesehatan otak. Anda harus waspada ketika demam tidak turun biasanya harus mendapatkan infus untuk penanganan pertaman.

Baca Juga  Kenali Penyebab dan 5 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

4. Mual dan muntah

Selain panas dan diare mual dan muntah akan terjadi. Usus tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya sehingga makanan tidak akan tercerna dengan baik. Ketika bayi yang terkena disentri diminumkan ASI maka dalam beberapa menit mereka akan mudah muntah.

Pada orang dewasa rasa mual yang tidak tertahankan akan terjadi selama beberapa hari selama virus tidak dihilangkan.

5. Dehidrasi

Diare dan muntah akan membuat mereka yang terserang virus disentri akhirnya kekurangan cairan. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan ini akhirnya akan menuju pada tahapan dehidrasi. Pada saat ini tubuh akan terasa lemas dan tidak berdaya. Otak sudah tidak bisa berfikir dan akan sangat berbahaya jika kondisi ini terus menerus berlanjut.

Langkah-Langkah Mengobati Disentri Sendiri di Rumah

gejala disentrigejala disentri

Jika bayi atau anggota keluarga lain mengalami gajala disentri maka pertolongan pertama di rumah harus segera dilakukan. Ada banyak obat disentri dewasa yang bisa di beli di apotek. Tindakan ini untuk menghentikan kinerja virus agar tidak menyerap banyak cairan tubuh namun selain obat meminum air putih atau air yang ditambahkan gula jawa akan baik untuk perbaikan tubuh.

Selain obat, pengobatan disentri juga dapat dilakukan dengan asupan makanan yang tepat. Tambahkan jumlah buah yang harus dikonsumsi setiap harinya sehingga banyak asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Terutama Vitamin C yang akan mengembalikan stamina tubuh menjadi lebih baik.

Baca Juga  Sudahkah Mengenal Ciri Ciri Campak Pada Anak Dengan Benar?

Sedangkan perawatan yang harus dilakukan oleh bayi adalah dengan menjaga seluruh peralatan makan dan minum tetap bersih. Siapa saja yang akan menggendong bayi harus memastikan dirinya bersih. Jangan berikan makanan padat pada bayi atau balita Anda, makanan padat akan sulit dicerna oleh usus yang sedang terkena virus disentri.

Gantinya makanan lunak seperti bubur akan sangat baik. Bubur yang mengandung banyak protein tinggi adalah cara paling ampuh untuk mengusir virus disentri. Nah bagaimana sebenarnya mudah bukan untuk mengusir virus disentri ini?

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *