kota di jerman
Ingin Melamar Kekasih? Coba Kunjungi 5 Nama Kota Di Jerman Ini
October 5, 2018
Pantangan Cacar Air
Ikuti 4 Pantangan Cacar Air Agar Cepat Sembuh – Antrilikeaking
October 11, 2018

Kenali Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

gejala tipes pada anak

Gejala Tipes Pada Anak – Apakah anak Anda menderita demam tinggi? Apakah Anda melihat bintik-bintik berwarna merah di dadanya? Jika Anda mengangguk dengan sungguh-sungguh, maka si kecil tercinta Anda mungkin menderita tipes.

Tipes adalah infeksi bakteri serius yang menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Bakteri ini disebut dengan Salmonella typhi (S. typhi), yang berhubungan dengan bakteri salmonella penyebab keracunan makanan.

Apakah Penyebab Tipes?

Bakteri penyebab tipes hadir di urin atau tinja dari individu yang terinfeksi. Akibatnya, tipes sangat menular.

Infeksi terjadi ketika seseorang makan atau minum sesuatu yang terkontaminasi dengan bakteri. Ketika bakteri masuk ke dalam tubuh, mereka dengan cepat berkembang biak dan menyebar ke dalam aliran darah.

Baca Juga  4 Cara Mengenali Gejala Tipes Ringan Dengan Mudah dan Tepat

Tipes akan mempengaruhi secara keseluruhan kesehatan anak Anda. Anak yang terinfeksi akan membutuhkan perhatian medis yang cepat.

Tipes adalah penyakit yang sering ditemukan di negara Asia terutama Indonesia. Tingkat kebersihan yang rendah membuat bakteri penyebar tipes berkembang dengan sangat mudah.

Orang biasanya menderita demam tipes dengan minum minuman atau makan makanan yang telah tercemar oleh seseorang yang demam tipes atau merupakan pembawa penyakit.

Mereka yang terinfeksi juga dapat menularkan penyakit ini kepada orang lain secara langsung (misalnya, dengan menyentuh mereka melalui tangan yang tidak dicuci).

Orang-orang juga mendapatkan penyakit dengan meminum air yang terkontaminasi oleh kotoran.

gejala tipes pada anak
Kenali Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

Tanda dan gejala tipes muncul sekitar tujuh hingga 14 hari setelah tertular bakteri. Beberapa anak mungkin tidak menjadi sakit selama dua bulan setelah terpapar bakteri. Tanda dan gejala demam tipes dapat meliputi:

• demam terus-menerus yang meningkat secara bertahap hingga 39° C sampai 40° C (102 ° F hingga 104 ° F)

• sakit kepala

• sakit tenggorokan

• gejala tipes pada anak selanjutnya adalah seperti merasa kelelahan

• energi rendah

Baca Juga  Kenali Segera Ciri Ciri Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

• sakit perut

• sembelit

• diare

• gejala tipes pada anak yang selanjutnya adalah timbul ruam sementara dengan bintik-bintik merah muda di perut atau dada

Jika anak Anda menunjukkan gejala demam tipes, segera bawa mereka ke dokter. Ketika diobati, gejala biasanya mereda beberapa hari setelah dimulainya antibiotik. Jika tidak diobati, demam tipes dapat menyebabkan penyakit berat, bahkan kematian.

Jika infeksi tidak diobati, anak dapat mengalami penurunan berat badan, perut membengkak atau kembung bahkan mengembangkan ruam merah, terlihat di dada bagian bawah atau perut bagian atas.

Setelah sembuh dari demam tipes, beberapa orang menjadi pembawa bakteri. Ini berarti bahwa mereka tidak akan memiliki gejala, tetapi memiliki bakteri di dalam tubuh mereka dan dapat menyebarkannya ke orang lain.

Bagaimanakah Cara Mengobati Tipes?

Demam karena gejala tipes pada anak diobati dengan antibiotik yang membunuh bakteri. Penting untuk minum obat sepanjang waktu yang diresepkan dokter, bahkan jika anak Anda merasa lebih baik. Jika Anda menghentikannya terlalu cepat, beberapa bakteri bisa tetap berkembang.

Sebagian besar anak-anak mulai merasa lebih baik dalam 2 hingga 3 hari sejak perawatan awal. Tawarkan banyak cairan pada anak Anda untuk mencegah dehidrasi. Anak-anak yang mengalami dehidrasi berat karena diare mungkin perlu mendapatkan cairan infus (intravena) di rumah sakit atau fasilitas perawatan medis lainnya.

Acetaminophen dapat membantu mengurangi demam dan membuat anak Anda merasa lebih nyaman. Hubungi dokter segera jika gejala anak Anda bertahan, jika gejala tipes pergi dan kembali, atau jika anak Anda memiliki gejala baru.

Baca Juga  Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Berikut Cara Menghilangkan Dahak

Demam dari gejala tipes pada anak membuat mereka harus tetap di rumah sampai penyakitnya sudah sembuh dan dokter memastikan bahwa bakteri sudah hilang.

Hal yang sama berlaku untuk orang dewasa yang bekerja di industri jasa makanan, yang mungkin tidak diizinkan secara hukum untuk kembali bekerja sampai dokter telah membuktikan mereka bebas dari bakteri di negara tertentu.

Dua vaksin tipus tersedia untuk pecegahan bakteri Salmonella typhi. Satu adalah serangkaian kapsul dan yang lainnya adalah suntikan. Dalam beberapa kasus, diperlukan penguat.

Vaksin tipes bukan vaksinasi anak rutin. Jika anak Anda bepergian ke daerah di mana demam tipes sering terjadi, Anda harus meminta dokter Anda untuk memberikan vaksin. Anak-anak harus divaksinasi setidaknya 1 hingga 2 minggu sebelum perjalanan langkah ini akan memberi waktu vaksin untuk bekerja.

Cara Mencegah Tipes

gejala tipes pada anak
Bahkan jika semua orang di keluarga Anda telah divaksinasi, vaksin tidak sepenuhnya efektif dan kehilangan efektivitas dari waktu ke waktu.

Jadi, lakukan tindakan pencegahan ini di area berisiko tinggi dengan cara berikut ini:

• Sanitasi air.

Rebus atau disinfeksi air yang akan digunakan untuk minum, mencuci atau menyiapkan makanan, membuat es, atau menyikat gigi. Lebih baik lagi, cobalah untuk hanya minum air kemasan (berkarbonasi lebih aman daripada biasa) atau minuman lain yang terdapat dalam kaleng atau botol, tetapi bersihkan bagian luar kaleng atau botol sebelum meminumnya.

Beri tahu anak-anak untuk menghindari air keran dan es batu, dan ingatkan mereka untuk tidak menelan air apa pun di pancuran atau berendam.

• Masak semua makanan.

Masak semua makanan, dan hindari makanan dari pedagang kaki lima dan makanan yang disimpan atau disajikan pada suhu kamar. Sebagai gantinya, sajikan makanan kemasan atau makanan yang baru dimasak dan disajikan dalam keadaan masih panas.

• Hindari makanan mentah.

Hindari buah-buahan dan sayuran mentah yang tidak dikupas yang mungkin telah dicuci dengan air yang terkontaminasi, terutama selada dan buah-buahan seperti buah yang tidak bisa dikupas.

Pisang, alpukat, dan jeruk adalah pilihan yang lebih baik, tetapi pastikan Anda mengupasnya sendiri. Demi keamanan, Anda mungkin ingin anak-anak Anda menghindari makanan mentah sepenuhnya.

Baca Juga  8 Ciri Ciri Gejala Tipes Pada Pria dan Wanita yang Perlu Ketahui

• Cuci tangan dengan baik dan sering.

Cuci dengan sabun dan bersih, air hangat, terutama setelah anak-anak menggunakan kamar mandi atau sebelum mereka makan atau menyiapkan makanan. Jika tidak ada sabun dan air yang tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

Cara pencegahan ini akan sangat efektif membantu pencegahan penyakit tipes pada anak Anda. Jika rumah Anda kotor pastikan Anda membersihkannya setiap hari.

Lingkungan yang bersih akan menghindari bakteri tipes menyerang anak dan anggota keluarga yang lain.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *