Khasiat Bawang Dayak Dan Manfaatnya Bagi Tubuh
September 10, 2018
vaksin difteri untuk dewasa
9 Hal Penting, Mengapa Vaksin Difteri untuk Dewasa Diberikan
September 12, 2018

Waspada, Inilah 13 Gejala Tipes Pada Orang Dewasa

gejala tipes pada orang dewasa

Gejala tipes pada orang dewasa – Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Penyakit tipes dapat menyebar melalui makanan atau air yang ditularkan dari orang yang terinfeksi. Cara penularan bakteri ini melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri kemudian bakteri masuk ke dalam aliran darah.

Baca Juga  13 Khasiat Bawang Lanang Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Bakteri tersebut selanjutnya dibawa oleh sel darah putih ke sumsum tulang hati dan limpa. Bakteri yang berkembang biak pada organ tersebut akan masuk kembali ke aliran darah. Penderita akan mulai mengalami gejala demam saat bakteri menyerang aliran darah.

gejala tipes pada orang dewasa

Waspada, Inilah 13 Gejala Tipes Pada Orang Dewasa

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara gejala tipes pada orang dewasa dan pada anak – anak secara umum. Beberapa gejala tipes pada orang dewasa diantaranya:

1. Demam tinggi

Gejala tipes pada orang dewasa yang paling umum muncul pertama adalah demam. Gejala demam pada minggu pertama biasanya terjadi pada malam hari saja. Sedangkan pada pagi dan siang hari demam akan turun tetapi menjelang malam hari demam kembali muncul.

Demam yang turun naik ini dapat ditandai dengan suhu tubuh penderita bisa mencapai 38 derajat celcius sampai 40 derajat celcius.

Umumnya pada minggu pertama demam akan naik, akan tetapi cenderung tidak terlalu tinggi dan bahkan demam tersebut bisa saja mengalami turun nain.

2. Pusing atau sakit kepala

Gejala tipes selanjutnya yaitu penderita akan merasakan sakit kepala atau pusing. Sakit kepala ini tidak mudah hilang hanya dengan obat sakit kepala yang dijual di warung karena sakit kepala ini disebabkan infeksi kuman tipesnya.

3. Terasa Sakit pada perut

Gejala tipes untuk orang dewasa lainnya adalah penderita akan mulai merasakanetrasa saki pada bagian perut, bahkan dalam beberapa kasus seseorang bisa merasakan sampai ulu hati, di kanan atas atau di kiri atas. Bakteri yang menyerang beberapa organ di dalam perut menimbulkan nyeri perut yang tidak tertahankan.

4. Mual dan muntah

Selain merasakan sakit perut yang tidak tertahankan, penderita tipes juga mengalami mual – mual. Karena rasa mual tersebut penderita tipes enggan untuk makan dan imbasnya tubuh kekurangan nutrisi hingga kehilangan berat badan. Bahkan penderita tipes juga mengalami muntah – muntah yang membuat kondisinya semakin melemah.

Baca Juga  Kenali Segera Ciri Ciri Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

5. Penurunan nafsu makan

Penderita tipes pada umumnya akan mulai merasa tidak lapar. Kondisi sakit perut disertai mual dan muntah membuat penderita tidak enak makan sehingga terjadi penurunan nafsu makan. Tidak sedikit penderita tipes yang kehilangan berat badannya.

6. Ruam pada kulit

Gejala tipes lainya yang akan muncul adalah ruam pada kulit. Ruam ini biasanya berbentuk bintik – bintik yang berwarna merah. Awal kemunculan ruam merah ini hanya sedikit tetapi lama – kelamaan ruam merah akan semakin banyak dan dapat tersebar di seluruh bagian tubuh. Namun kebanyakan orang mengalami ruam merah ini di bagian perut dan leher.

gejala tipes pada orang dewasa

7. Mengalami kelelahan

Infeksi yang diakibatkan bakteri Salmonella Typhi membuat daya tahan tubuh menurun drastis sehingga tubuh menjadi cepat lelah. Ditambah lagi dengan menurunnya nafsu makan membuat tubuh semakin melemah.

8. Konstipasi

Konstipasi atau sembelit biasanya dialami sebagian penderita tipes. Dengan berubahnya pola buang air besar menjadi tidak beraturan terkadang membuat penderita tipes menjadi susah buang air besar. Tekstur tinja cenderung keras sehingga terjadilah konstipasi ini.

Baca Juga  8 Ciri Ciri Gejala Tipes Pada Pria dan Wanita yang Perlu Ketahui

9. Diare

Pola buang air besar yang tidak beraturan selain dapat menyebabkan konstipasi juga dapat menyebabkan diare. Hal ini dipicu adanya infeksi pada saluran pencernaan.

10. Batuk kering

Salah satu gejala tipes pada orang dewasa yaitu munculnya batuk kering. Infeksi penyakit tipes yang menyebar dapat menimbulkan batuk kering .

11. Lidah berwarna agak putih

Gangguan pencernaan yang dialami penderita tipes menyebabkan permukaan lidah berwarna putih dan sebagian sampingnya berwarna merah.

12. Badan terasa pegal – pegal

Penderita tipes akan merasakan pegal – pegal di beberapa bagian tubuh seperti pinggang, kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya.

13. Denyut nadi menjadi melemah

Saat penyakit tipes tidak segera diobati dan mulai parah maka denyut nadi pada penderita tipes akan melemah. Biasanya denyut nadi yang akan melemah akan terjadi setelah dua puluh sampai dua puluh lima hari setelah bakteri menginfeksi sistem pencernaan anda.

Nah, itulah tadi berbagai macam gejala tipes untuk orang dewasa yang perlu Anda waspadai, dan jika misalkan Anda menderita salah satu atau lebih gejala-gejala di atas maka segeralah hubungi dokter.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *