penyebab sariawan di lidah
Kenali 7 Penyebab Sariawan Di Lidah dan Cara Mudah Mengobatinya
November 1, 2018
manfaat semangka untuk ibu hamil
7 Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin
November 2, 2018

Awas, Kenali 4 Gejala Usus Buntu Pada Wanita Hamil

gejala usus buntu pada wanita

Gejala Usus Buntu Pada Wanita – Usus buntu merupakan salah satu organ yang terdapat dalam tubuh manusia yang berbentuk kantung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung ke usus besar. Usus besar sendiri merupakan organ tempat terbentuknya tinja yang kita keluarkan sebagai kotoran.

Adapun penyakit usus buntu atau dalam dunia medis disebut juga dengan istilah apendistis merupakan kondisi peradangan atau pembengkakan pada usus buntu.

Baca Juga  Benjolan Di Kelopak Mata, Bisa Jadi itu Kalazion Ini Penyebabnya

Peradangan ini terjadi karena adanya penyumbatan pada usus buntu, akibatnya bakteri bisa berkembang di dalam usus buntu. Pada beberapa kasus penyakit usus buntu yang parah, adanya bakteri tersebut akan menimbulkan nanah.

Jika tidak segera mendapatkan pertolongan medis, usus buntu bisa bocor sehingga bakteri menyebar ke seluruh organ tubuh dan berakibat fatal bagi nyawa penderita.

Gejala Utama Usus Buntu Adalah Sakit Perut

gejala usus buntu pada wanita

Penyakit usus buntu bisa menyerang siapa saja, tetapi paling banyak menyerang wanita dengan rentang usia 18-30 tahun. Sedangkan anak-anak di bawah 10 tahun dan wanita berusia di atas 50 tahun sangat jarang mengalami penyakit usus buntu ini.

Gejala utama penyakit usus buntu adalah sakit perut. Meskipun demikian, tidak bisa juga digeneralisasi bahwa semua yang sakit perut pasti terkena usus buntu.

Sakit perut yang mengindikasikan penyakit usus buntu, adalah nyeri perut bagian tengah. Pada awalnya, sakit perut tersebut datang dan pergi. Beberapa jam kemudian, rasa sakit perut pindah ke bagian perut dimana usus buntu berada, tepat pada perut kanan bagian bawah. Rasa nyeri ini terjadi karena organ usus buntu mengalami pembengkakan dan peradangan.

Tidak semua penderita merasakan gejala usus buntu yang sama. Bahkan menurut laporan penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of American Medical Association pada tahun 2007, gejala penyakit usus buntu pada anak-anak dan orang dewasa tidak selalu sama.

Pada anak balita usia di bawah 2 tahun, gejala usus buntu yang nampak diantaranya demam, muntah, perut membengkak dimana kalau ditepuk terasa empuk, serta perut terasa kembung. Adapun gejala yang dirasakan pada anak-anak dan dewasa adalah mual, muntah, dan rasa nyeri pada bagian kanan bawah perut.

gejala usus buntu pada wanita

Awas, Kenali 4 Gejala Usus Buntu Pada Wanita Hamil

Nah, adapun gejala usus buntu pada wanita hamil justru seringkali terabaikan, karena gejala tersebut sering dianggap sebagai keluhan yang diakibatkan oleh kehamilan. Padahal jika dibiarkan tanpa pengobatan bisa berbahaya bagi ibu maupun anak. Berikut ini beberapa gejala usus buntu pada wanita hamil

1. Diare dan nafsu makan menurun drastis

Salah satu gejala usus buntu pada wanita hamil adalah mengalami diare atau mencret. Hal ini karena adanya penyumbatan pada usus buntu. Penyumbatan tersebut membuat feses tidak bisa keluar dengan normal, tapi hanya keluar dalam bentuk cair dengan volume yang sedikit. Selain itu, penyakit usus buntu akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut.

Ketidaknyamanan pada perut tersebut akan membuat nafsu makan menurun drastis. Disarankan bagi penderita penyakit usus buntu untuk mengkonsumsi makanan lunak agar tetap mendapatkan asupan nutrisi.

Baca Juga  Manfaat Bunga Rosella untuk Penyakit Ringan hingga Serius

2.Gangguan pencernaan yang mengakibatkan mual dan muntah

Saat terjadi penyumbatan pada usus buntu, maka saluran pencernaan akan terganggu. Akibatnya sekresi tidak dapat dibuang sempurna sehingga timbul rasa mual dan muntah yang akan dialami penderita.

3.Rasa sakit pada bagian bawah perut

Apakah anda merasakan rasa sakit di perut saat kehamilan? Sebaiknya anda waspada dengan kondisi tersebut, karena ada kemungkinan itu adalah gejala radang usus buntu. Usus buntu merupakan bagian dari usus besar yang terletak di perut bagian kanan bawah

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu dan Cara Pengobatannya

Itulah kenapa, jika seseorang merasakan nyeri pada perut bagian kanan bawah, besar kemungkinan itu merupakan gejala penyakit usus buntu.

4.Rasa sakit saat buang air kecil

Rasa sakit saat buang air kecil ini disebabkan karena adanya hambatan atau tersumbatnya usus buntu sehingga aliran urine ke saluran kencing menjadi terhambat. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit ketika kencing serta buang air kecil terasa sulit dilakukan.

Demikian tadi beberapa gejala penyakit usus buntu, khususnya gejala usus buntu pada wanita hamil. Apabila anda mengalami gejala-gejala di atas, segeralah menghubungi dokter agar segera mendapatkan perawatan dan tidak menimbulkan efek yang lebih parah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *