letak kelenjar getah bening
Letak Kelenjar Getah Bening dan Penyebab Bengkaknya
August 30, 2018
cara memancungkan hidung secara alami
Gak Perlu Minder, Ini 6 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami
August 31, 2018

Jangan Panik, Begini Pengobatan Gigitan Tomcat yang Ampuh

gigitan tomcat

Gigitan Tomcat – Mungkin anda sudah tidak asing bukan mendengar hewan tomcat? ya hewan ini memiliki nama lain semut semai adalah salah satu jenis serangga dewasa yang biasa hidup ditempat yang lembab, dengan panjang tubuh biasanya 1Cm, warna pada umumnya adalah hitam dan orange atau merah. Kepala berwarna hitam dan tubuh berwarna orange bergaris hitam, tubuhnya cukup mirip dengan semut.

Lalu, apakah anda pernah disengat atau digigit oleh tomcat? jika ya pasti nyerinya luar biasa, terlebih jika tidak segera ditangani, akibatnya cukup fatal karena bisa mengakibatkan kulit melepuh.

Baca Juga  Letak Kelenjar Getah Bening dan Penyebab Bengkaknya

Namun sebenarnya tomcat tidak menyengat orang tanpa sebab. Tomcat hanya akan mengeluarkan racunnya jika tomcat merasa terancam, misalnya terjepit. Tetapi setiap orang yang tersengat tomcat juga tidak merasa mengganggu tomcat tetapi tetap disengat.

Jawaban itu bisa dibenarkan, tetapi sebenarnya sudah spontanitas manusia jika merasa ada sesuatu yang berjalan dikulitnya akan segera menepiskannya, saat kita menepiskan tomcat dari tubuh atau kulit kita, saat itulah tomcat merasa terancam dan langsung menyengat, hanya hitungan perdetik, racun tomcat sudah masuk ke kulit kita.

gigitan tomcat

Jangan Panik, Begini Pengobatan Gigitan Tomcat yang Ampuh

Untuk anda yang suka travelling di alam paling rentan dengan gigitan semut semai, atau juga untuk anda yang sering ke ladang atau sawah. Karena tomcat biasa tinggal di daerah lembab dipersawahan, ladang atau perkebunan yang tempatnya lembab dan pas untuk tempat tinggal tomcat.

Jika gigitan tomcat tidak di obati dalam 24-36 jam setelah digigit, biasanya akan cukup fatal dan satu hal yang harus anda lakukan pertama kali jika terkena gigitan tomcat adalah jangan panik.

Dan berikut di bawah ini adalah tips penting pengobatan gigitan tomcat yang ampuh dan bisa dicoba, diantaranya:

1. Menggunakan Sabun Mandi

Sabun mandi bisa memantu mematikan racun akibat gigitan dari tomcat, cukup oleskan sabun pada bagian gigitan dari tomcat. Jangan menggosok sabun ke kulit yang tegigit tomcat karena akan merusak pigmen kulit anda. Cukup oleskan, kemudia diamkan hingga mengering. Lalu bersihkan dengan air bersih, dan keringkan dengan kain kain atau tisu dengan lembut, atau ulangi pengobatan dengaan mengolesi kembali dengan sabun mandi.

Baca Juga  9 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Perawatan Kulit

2. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih dikenal sebagai daun yang kaya akan anti-bakteri dan anti-oksidan bisa dimanfaatkan untuk mengobati gigitan dari tomcat, tumbuk atau haluskan daun sirih yang masih segar, campurna dengan minyak zaiun atau jika tidak ad abisa dicampurkan dengan minyak kayu putih. Oleskan ke bagian kulit bekas gigitan tomcat. Diamkan hingga mengering, dan ulangi hingga beberapa kali supaya gigitan tomcat benar-benar sembuh.

3. Menggunakan Salep

Belilah salep khusus untuk mengobati gigitan serangga dari toko obat terdekat. Oleskan hinga 3-4 kali sehari untuk memaksimalkan pengobatan.

gigitan tomcat

4. Tidak Menggosok Luka Gigitan Tomcat

Sangat disarankan untuk tidak menggosok atau menggaruk bagian kulit gigitan dari tomcat, karena akan memperparah luka dan biasanya akan membuat kulit semakin nyeri dan melepuh dan paling fatalnya kulit akan bernanah, dan setelah sembuh bekasnya menghitam. Gigitannya mungkin akan terasa nyeri dan gatal tetapi jangan menggaruknya.

5. Menggunakan Garam

Pengobatan pertama untuk gigitan dari tomcat, jika anda berada didaerah wisata yang jauh dari pemukiman penduduk, misalnya anda sedang mendaki gunung, atau anda sedang disawah, dan terkena gigitan tomcat, mungkin yang biasa tersedia adalah garam.

Anda bisa menggunakan garam sebagai pengobatan pertama, sebelum kulit anda memerah atau melepuh segera siram kulit anda yang terkena gigitan dari tomcat dengan air bersih, jangan dikeringkan tetapi ditabur dengan garam, supaya garam bisa larut dan membunuh racun tomcat.

Baca Juga  Penyebab Anyang Anyangan Dan Cara Mengatasi Anyang Anyangan

Atau bisa juga dengan cara panaskan air, kemudian larutkan garam kedalam air yang sudah dipanaskan dan kompres gigitan dari tomcat dengan kain bersih yang sudah dibahasih dengan air larutan garam yang masih hangat.

Untuk menghindari gigitan tomcat, usahakan menggunakan pakaian yang tertutup saat anda berada di tempat yang biasa ditinggali tomcat.

Sekian untuk tips penting pengobatan gigitan tomcat dan sekali lagi jangan panik jika digigit tomcat dan jika setelah melakukan pengobatan awal ada efek samping akibat gigitan dari tomcat maka segera berobat ke dokter secepat mungkin.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *