Sipilis pada wanita juga bisa terjadi pada ibu hamil. Hal ini tentunya bukan saja membahayakan sang ibu, namun juga bayi yang sedang dikandungnya. Penyebab dari sipilis ini adalah bakteri treponema pallidum yang bisa menular melalui kontak seksual. Namun sipilis pada ibu hamil juga bisa menularkan penyakit tersebut pada bayi yang sedang dikandung atau disebut sipilis kongenital.

Penyakit sipilis sendiri sudah mencapai 5000 sampai 10000 kasus per tahun. Walaupun tiga dari lima kasus adalah terjadi pada pria. Penyakit ini juga termasuk penyakit menular seksual yang berbahaya. Karena jika diabaikan, maka sipilis bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh. Untuk itu, ketahui beberapa hal terkait sipilis pada ibu hamil berikut ini.

Gejala

Umumnya masa inkubasi penyakit ini terjadi antara 10 sampai 90 hari, dengan gejala yang berbeda pada tiap tahapnya. Pada tahap 1, akan terjadi 9 sampai 90 hari setelah seseorang terinfeksi sipilis. Pada saat ini akan muncul luka kecil, bundar, dan tidak terasa sakit yang muncul pada bagian kulit yang melakukan kontak langsung dengan penderita, misalnya area genital, anus ataupun mulut. Walaupun tidak diobati, gejala pada tahap ini bisa sembuh sendiri, namun bakteri tetap masih ada di dalam tubuh.

Tahap dua biasanya terjadi 1 sampai 2 bulan setelahnya. Pada saat ini penderita akan merasakan sakit tenggorokan, sakit di mulut bagian dalam, nyeri otot, demam, lemah, kerontokan dan juga muncul bintil. Setelah beberapa bulan gejala ini akan hilang. Dan pada tahap 3, atau yang biasa disebut tahap akhir penyakit sipilis, biasanya akan timbul kerusakan organ di tubuh. Karena hal tersebut, penderita bisa saja mengalami kebutaan, tuli, penyakit jantung, kerusakan hati, lumpuh ataupun gangguan jiwa.

Penularan

Penularan penyakit ini hanya bisa terjadi ketika seseorang mengalami kontak langsung dengan kulit penderita yang sedang terinfeksi. Ketika kontak terjadi pada lesi atau luka miliki penderita, maka bakteri bisa berpindah pada tubuh orang lain. Biasanya hal ini terjadi ketika melakukan hubungan seksual. Dan umumnya penularan akan sangat mudah terjadi pada tahap 1 dan juga 2.

Sipilis Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang tidak tau jika terinfeksi raja singa, ataupun mengabaikan infeksi yang terjadi, maka bisa berpengaruh buruk untuk janin yang dikandung. Janin bisa mengalami kematian, partus immaturus, partus prematurus, dan juga sipilis kongenital.

Biasanya pemeriksaan sipilis pada ibu hamil akan dilakukan melalui pemeriksaan VDRL (Veneral Diseases Research Laboratory), karena dikhawatirkan sipilis akan berbahaya bagi janin. Setelah melakukan pengobatan, ibu hamil akan disarankan melakukan evaluasi dengan tes VDRL ini pada 1, 3 6, dan 12 bulan setelah pengobatan selesai dilakukan.

Pengobatan

Pada ibu hamil, sipilis akan diobati dengan pemberian penisilin yang disuntikkan cukup 1 kali, bila dirasa memang sudah cukup kuat. Namun adapula penderita yang membutuhkan lebih dari 1 kali injeksi penisilin ini. Dokter juga akan menyarankan melakukan tes darah sekitar satu tahun setelah pengobatan, untuk memastikan apakah bakteri telah hilang. Penderita yang memiliki alergi pada penisilin bisa diganti dengan jenis antibiotik yang lain.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terinfeksi sipilis pada ibu hamil, maka ibu hamil disarankan menjalani pemeriksaan antenatal, sebanyak minimal 4 kali selama masa kehamilan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui atau mendeteksi secara dini apakah ada komplikasi yang terjadi selama kehamilan, karena akan sangat berpengaruh pada perkembangan dan kesehatan janin yang sedang dikandung.

pemicu kutil kelamin

Di Indonesia, remaja yang telah melakukan free sex atau seks bebas cukup banyak. Kondisi tersebut terlihat dari jumlah kehamilan di luar nikah yang cukup tinggi. Padahal, jika hal itu dibiarkan anak-anak remaja yang telah aktif seksual sejak muda akan rentan mengidap Human Pappilomavirus (HPV) virus penyebab kutil kelamin dan kanker serviks pada wanita.

Tak dipungkiri, sekitar 20 % remaja di Indonesia pernah melakukan hubungan seks di luar nikah. Hal inilah yang akan mendorong cukup banyak remaja-remaja yang akan menderita infeksi menular seksual. Mengapa anak remaja sangat rentan terkena virus ini? Berikut penjelasan terkait mengenai kutil kelamin atau genital warts.

Penyebab

Kutil yang menyerang area kelamin disebabkan oleh HPV. HPV sangat rentan dialami oleh pria dan wanita yang aktif secara seksual. Terlebih, sekitar 360 ribu orang di dunia mengalami genital warts setiap tahunnya. Penyebabnya tak lain adalah hubungan seks di luar nikah dan seringnya bergonta-ganti pasangan seks.

HPV dapat menular melalui hubungan seks, baik itu seks kelamin, anal, dan oral. Virus HPV akan ditularkan oleh orang yang sudah tertular virus jenis ini. Sangat jarang ada penderita kutil kelamin yang mau mengakui jika dirinya memiliki kutil. Ia akan malu, dan tidak akan percaya diri. Sehingga ia akan menyimpan kondisi penyakitnya secara diam-diam.

Bagi mereka yang sering berganti-ganti pasangan seks, melakukan hubungan seks dengan orang yang tak jelas riwayat penyakit kelamin, dan seks tanpa pengaman menjadi pemicu penularan HPV. Bahkan virus ini dapat menular melalui mainan seks (seks toy).

Seorang wanita yang sudah terkena kutil yang disebabkan HPV, maka akan sangat rentan mengalami kanker serviks. Sehingga wanita yang pernah mengalami genital warts di sarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan pap smear setiap tiga hingga enam bulan sekali.

Gejala

Pasti anda juga bertanya-tanya, apa saja gejala yang disebabkan dari virus HPV penyebab genital warts ini. Gejala pada umumnya sering terlihat secara kasat mata, dan juga beberapa gejala tidak terlihat secara kasat mata.

Namun biasanya akan tumbuh benjolan-benjolan disekitar area kelamin, anus, dan juga akan muncul di tenggorokan dan mulut apabila anda pernah melakukan seks oral dengan penderita HPV sehingga virus menyerang bagian mulut dan tenggorokan anda.

Benjolan-benjolan yang muncul akan memiliki warna kemerahan, dan abu-abu. Mulanya akan muncul hanya di satu titik. Lalu akan timbul benjolan disekitar titik yang sudah muncul, dan benjolan akan tumbuh cukup banyak sehingga akan terlihat cukup besar. Pertumbuhan benjolan tersebut, akan menyebabkan rasa gatal di area kelamin mirip dengan gejala herpes.

Pada pria, kutil akan tumbuh disekitar area ujung penis, batang penis, buah zakar, selangkangan, uretra, dan paha bagian atas. Sementara pada wanita, kutil akan muncul diarea dinding vagina, vulva, anus, area sekitar anus, leher rahim, dan didalam vagina. Apabila kutil tumbuh didalam vagina, maka harus dilihat menggunakan alat yang disebut dengan speculum.

pengobatan kuti kelamin

Pengobatan

Kutil kelamin tentunya visa diobati dengan beberapa jenis pengobatan yang umum dilakukan. Namun jika tidak diobati, maka virus akan terus menerus menggerogoti tubuh sepanjang hidup. Sehingga lebih baik virus diobati agar virus tidak menular kembali ke orang lain.

Ada beberapa jenis pengobatan yang biasa diresepkan oleh dokter untuk penderita genital warts, obat-obatan yang umum diberikan terdiri dari:

  • Imiquimod, untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu melawan virus HPV
  • Podophyllin dan podofilox, untuk meracuni sel-sel penyebab kutil
  • Trichloracetic acid, akan membakar sel-sel kutil

Jika sudah menggunakan tiga jenis obat tersebut, namun kutil tak kunjung hilang. Maka pengobatan yang harus dilakukan adalah dengan pembedahan atau ablasi. Terdapat empat jenis pembedahan genital warts yang sering digunakan, yakni:

  • Eksisi
  • Elektrocauter, penggunaan alat bedah listrik
  • Pembedahan laser
  • Pembekuan kutil

Agar anda terhindar dari kutil kelamin maka lakukanlah seks dengan aman, dan tidak melakukan seks dengan bergonta-ganti pasangan dan lakukan kunjungan ke klinik untuk pemeriksaan. Bagi wanita, harus sangat hati-hati ketika sudah mengalami kondisi ini. Karena dapat memicu timbulnya sel-sel kanker serviks.

Air keras merupakan zat yang cukup berbahaya. Apabila terkena air keras, harus diberikan pertolongan untuk mencegah zat kimia merusak jaringan tubuh.

Kemarin pagi Indonesia dikejutkan dengan peristiwa penyiraman air keras kepada salah satu penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. Air keras disiramkan kebagian kepala dan mengenai bagian wajah Novel. Bahkan mengenai bagian mata sang penyidik.

Air keras memang sangat berbahaya jika mengenai wajah seseorang. Bahkan seorang penyanyi di Bandung bernama Intan Novita pernah mengalami hal yang sama dengan Novel Baswedan. Intan sendiri disiram air keras ke seluruh tubuhnya. Kejadian pada 26 Oktober 2016.

Air keras sering digunakan sebagai air untuk menghilangkan karat pada logam dan besi. Serta air keras yang bersifat asam sulfat, merupakan jenis air keras yang digunakan untuk Accumulator (AKI) kendaraan.

Apa saja yang terjadi ketika seseorang terkena air keras? Berikut beberapa  bahaya yang terjadi ketika kulit atau organ tubuh terkena air keras.

Akibat Terkena Air Keras

Mengakibatkan Iritasi Pada Indera Penciuman

Air keras yang terkena tubuh pasti secara tidak langsung akan terhirup oleh hidung. Apabila hidung sudah mengalami hal ini, maka bisa menyebabkan indera penciuman menjadi iritasi. Bagian yang terdampak iritasi tidak hanya hidung, tapi juga akan mengenai tenggorokan serta paru-paru.

Kulit Terbakar

Beberapa orang yang mengalami penyiraman air keras mengalami kulit terbakar. Kulit terbakar disebabkan oleh zat asam yang membuat kulit menjadi seperti terbakar dan rasa sakit yang cukup parah. Bahkan air keras yang terkena kulit akan meninggalkan jaringan parut secara permanen dan tidak akan bisa kembali normal.

Bahkan lebih parahnya, air keras yang bersifat sangat asam dan cukup lama menempel dibagian kulit membuat kerusakan hingga ke bagian dalam kulit. Bahkan air keras yang cukup lama berada disekitar kulit akan menyebabkan lemak, otot, dan tulang meleleh.

Menyebabkan Kebutaan

Kasus Novel Baswedan, air keras disiram kebagian waja korban, dan mengenai bagian mata. Dimana air keras yang terkena mata ini bisa menyebabkan kebutaan pada mata jika kornea terkena air keras. karena tingkat kandungan keasaman air keras dapat membuat kerusakan pada mata.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika air keras sudah mengenai badan. Banyak orang yang bingung dan panic, ketika badan sudah terpapar air keras. Sehingga mereka bingung tindakan apa yang harus dilakukan untuk melakukan hal tersebut.

Tindakan Pertama Ketika Terpapar Air Keras

Basuh Dengan Air mengalir

Tindakan Novel Baswedan ketika terkena air keras dengan cara membasuh menggunakan air yang mengalir merupakan tindakan yang tepat. Karena air yang mengalir dapat mengurangi bahan kimia yang terdapat di permukaan kulit, sehingga kulit tidak akan terkena air keras terlalu parah. Basuhlah tubuh di air mengalir selama lima hingga 20 menit.

Lepas Pakaian

Saat anda sudah terkena air keras, maka lepas seluruh pakaian yang terkena air keras. mulai dari baju, perhiasan, jam tangan, atau apapun yang melekat pada tubuh saat terkena air keras harus segera dilepas.

Jika cara ini dibantu oleh orang lain, seseorang yang melepaskan seluruh pakaian tersebut harus menggunakan sarung tangan. Hal ini untuk mencegah air keras mengenai orang yang menolong korban dan penolong tidak terkena air keras tersebut.

Memberikan Obat Luka Bakar

Cara ini adalah tindakan pertama yang bisa dilakukan oleh seseorang yang mengalami luka bakar akibat air keras. bagian kulit yang terkena luka bakar bisa dioleskan ke bagian tubuh korban. Cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit korban.

Jangan Beri Es

Rasa panas yang terjadi pada kulit korban, terkadang membuat kita ingin memberikan es pada si korban atau cairan dingin lainnya. Cara ini sebenarnya salah, karena seseorang yang terkena air keras dan diberikan es hanya memperparah kondisi korban

Beri Pertolongan Medis

Setelah disiram air mengalir, korban yang terkena air keras harus segera mendapatkan pertolongan medis. Karena air keras yang mengenai korban dapat menyebabkan luka permanen, sehingga harus segera ditangani oleh tim medis.

Pertolongan Psikis

Seseorang yang terpapar zat kimia dari air keras dapat menyebabkan terjadinya gangguan psikis. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan bagian tubuh yang diakibatkan oleh munculnya jaringan parut atau adanya cacat permanen pada tubuhnya. Sehingga seseorang yang terkena air keras, ketika usai pengobatan harus diberikan konseling.

 

 

macam sunat di indonesia

Sunat dalam ajaran Islam merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan bagi seorang pria, terlebih sunat ataupun khitan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan Mr P.

Sunat ataupun khitan adalah prosedur umum di mana kulit yang menutupi ujung Mr P diangkat dengan cara pembedahan di Klinik Gracia Cideng, dan biasanya dilakukan pada anak laki-laki sebelum menginjak usia dewasa, namun terkadang bisa juga dilakukan kepada seorang pria yang sudah dewasa.

Dan berbicara mengenai sunat, tahukah Anda bahwa ternyata khitan memiliki macam macam sunat yang banyak dan mungkin belum diketahui oleh banyak orang, mau tahu apa saja berikut di bawah ini ulasannya.

Macam Macam Sunat yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Gomco Clamp

Macam sunat yang pertama adalah dengan menggunakan penjepit Gomco Clamp merupakan alat khusus yang disebut probe yang digunakan untuk memisahkan kulit khatan dari kepala penis (biasanya mereka bergabung dengan selaput tipis).

Selanjutnya, perangkat berbentuk lonceng ini dipasang di atas kepala Mr P dan di bawah kulup (sayatan bisa dibuat di kulit khatan untuk memungkinkan ini). Kulit khatan kemudian ditarik ke atas dan di atas bel dan penjepit dikencangkan di sekitarnya untuk mengurangi aliran darah ke daerah tersebut, mencegah penyakit raja singa kemudian pisau bedah digunakan untuk memotong dan mengeluarkan kulit khatan.

Penjepit Mogen

Macam sunat yang kedua adalah dengan menggunakan penjepit Mogen sehingga kulit khatan dipisahkan dari kepala Mr P dengan probe.

Kemudian Kulup ditarik keluar di depan kepala Mr P dan dimasukkan melalui penjepit logam dengan slot di dalamnya. Lalu penjepit dipegang di tempat sementara kulup dipotong dengan pisau bedah dan tertinggal beberapa menit setelah ini untuk memastikan pendarahan terkontrol.

Teknik Plastibell

teknik sunat clampTeknik Plastibell sebenarnya sangat mirip dengan teknik penjepit Gomco. Setelah berpisah dengan probe, lonceng plastik diletakkan di bawah kulup dan di atas kepala Mr P.

Setelah kepala Mr P dipotong maka jahitan diikat langsung di sekitar kulup, yang memotong suplai darah ke kulup. Pisau bedah kemudian bisa digunakan untuk memotong kulup ekstra. Dan biasanya ke tiga teknik diatas dilakukan untuk sunat kepada bayi.

Teknik Klasik dan Dorsumsisi

Macam sunat dengan metode klasik dan Dorsumsisi ini kian hari mulai ditinggalkan oleh banyak orang, namun teknik sunat ini masih bisa ditemui di pedesaan.

Biasanya alat digunakan adalah dengan cara tradisional dengan menggunakan bambu ditajamkan, pisau bedah, dan silet. Sebelum alat ini digunakan biasanya akan disterilkan terlebih dahulu dengan menggunakan alkohol.

Teknik Konvensional

Teknik konvensional ataupun teknik umum adalah sebuah metode sunat klasik yang telah berevolusi dan menjadi teknik konvensional, sehingga dengan menggunakan teknik ini semua prosedur telah mengacu kepada aturan atau standar medis, sehingga meningkatkan keberhasilan dalam sunat.

Biasanya seorang pria yang melakukan teknik sunat ini akan diberikan pembiusan lokal dan biasanya dokter menggunakan pisau bedah yang akurat, dibarengi dengan teknologi benang jahit yang bisa menyatu dengan jaringan di sekitarnya sehingga meniadakan keperluan untuk melepas benang jahit dan alhasil bisa meminimalkan terjadinya infeksi.

Sunat Laser

Macam sunat yang saat ini lebih banyak dicari adalah sunat laser dan diketahui teknik sunat ini lebih efektif dibandingkan sunat tradisional, karena pemotongan sinar laser dapat mengontrol perdarahan dari kulit Mr P, selain itu mengakibatkan luka yang sangat rapi. Sunat modern laser biasanya berbentuk gelombang dengan spesifikasi tertentu yang bersifat "membakar" jaringan.

Proses tahapan nya antara lain, setelah pasien diberi bius lokal maka kulup ditarik dan dijepit, lalu dipotong dengan gunting ber laser CO2. Setelah klem dilepas, kulit kulup itu akan bersatu kembali dengan batang penis.

Namun, perlu diingat kulit kulup tetap harus dijahit agar tidak menimbulkan perdarahan susulan dan infeksi dan metode yang termasuk canggih ini hanya membutuhkan waktu 10-15 menit saja.

Sunat modern ini juga memastikan rasa sakit yang minimal dan pendarahan, dan pemulihan sunat modern ini lebih cepat dibandingkan dengan sunat tradisional selain itu hasilnya pun sangat memuaskan.

PID adalah penyakit radang panggul yang bisa menjangkiti organ kewanitaan seperti rahim, tuba fallopi, indung telur dan juga leher rahim.

Pelvic inflammatory disease atau PID adalah peradangan atau infeksi yang terjadi organ-organ yang berada di panggul wanita. Hal tersebut yang membuat PID ini lebih dikenal sebagai penyakit radang panggul. Organ-organ di panggul yang bisa terkena radang seperti uterus (rahim), tuba fallopi, indung telur dan juga leher rahim, konsumsi pepes ikan mas asli sukabumi. Jadi, PID merupakan infeksi pada organ reproduksi wanita yang merupakan komplikasi dari beberapa penyakit menular seksual, seperti gonore ataupun klamidia.

Penyebab PID

Salah satu penyebab PID adalah karena adanya infeksi menular seksual. Bakteri penyebab klamidia ataupun gonore merupakan beberapa contoh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada leher rahim. Bakteri tersebut bisa menyebar dari vagina menuju organ reproduksi bagian atas.

Penyebab PID pada sebagian besar kasus masih belum diketahui. Namun bakteri-bakteri yang biasa hidup di vagina bisa juga mengakibatkan terjadinya PID. Bakteri tersebut akan melalui vagina dan menginfeksi organ lainnya.

Faktor resiko yang bisa menyebabkan terjadinya PID adalah keguguran, persalinan, aborsi, berganti-ganti pasangan seksual, hubungan seksual tanpa pengaman, memiliki riwayat PID ataupun infeksi menular seksual, dan juga kebiasaan mencuci vagina (vaginal douching).

Gejala PID

Banyak penderita PID yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami radang panggul, karena gejala yang ditimbulkan penyakit ini memang ringan bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Gejala yang umum terjadi yaitu sakit di bagian panggul, sakit di perut bagian bawah, sakit saat buang air kecil, dan juga sakit ketika melakukan hubungan seksual. Demam tinggi, mual dan muntah, juga bisa menjadi gejala lain dari PID. Jika telah terjadi infeksi di organ reproduksi, maka akan terjadi gejala seperti keputihan yang berwarna kuning atau hijau.

Periode menstruasi yang lama dan sakit, ataupun pendarahan yang terjadi di antar menstruasi atau setelah melakukan hubungan seksual juga harus Anda waspadai, karena bisa jadi merupakan indikasi terjadinya PID.

Pengobatan PID

Semakin lama PID tidak diobati, akan menyebabkan terjadinya komplikasi yang lebih serius. Jika ditangani sedini mungkin, PID bisa ditangani dengan baik walaupun pengobatan tetap tidak akan memperbaiki kerusakan yang terjadi di sistem reproduksi. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk PID adalah:

  • Jika PID masih berada di tahap awal, maka dokter akan memberikan antibiotik seperti metronidazole, ofloxacin, doxycycline, atau ceftriaxone untuk mengobati terjadinya infeksi karena bakteri. Antibiotik juga bisa dibarengi dengan obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen dan paracetamol jika muncul rasa sakit pada perut atau panggul. Bagi ibu hamil, disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi antibiotik.
  • Melepas alat kontrasepsi IUD. Tindakan ini akan disarankan dokter jika pasien tidak juga membaik setelah beberapa hari.
  • Mengobati pasangan. Pasangan seksual Anda juga akan disarankan untuk melakukan tes dan juga pengobatan walaupun tidak terjadi gejala yang sama. Dokter juga biasanya akan menganjurkan agar Anda tidak melakukan hubungan seksual selama proses pengobatan, sampai Anda benar-benar pulih.
  • Jika PID sudah sampai pada tahapan yang serius, biasanya akan dilakukan prosedur operasi seperti pengangkatan rahim (histerektomi) atau pengangkatan ovarium (ooforektomi). Hal ini akan dilakukan jika antibiotik terbukti tidak efektif menyembuhkan infeksi, ataupun karena munculnya abses pada organ yang terkena infeksi. Prosedur pengangkatan ini dilakukan agar mencegah terjadinya penyebaran infeksi pada panggul ataupun perut.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang PID. Dengan begitu Anda bisa melakukan penanganan sedini mungkin jika dirasa ada gejala-gejala PID yang Anda alami.

Bahayakah Keputihan Saat Hamil?

Keputihan saat hamil adalah suatu hal yang wajar, namun kenali gejala keputihan abnormal yang bisa menyebabkan infeksi vagina berikut.

Keputihan saat hamil adalah suatu hal yang normal dialami oleh para ibu hamil. Peningkatan keputihan saat hamil disebabkan oleh kadar estrogen dan aliran darah ke vagina yang meningkat. Cairan keputihan tersebut adalah sisa pembuangan yang berasal dari rahim dan juga vagina, bakteri normal vagina dan juga sel mati yang berasal dari dinding vagina. Cairan ini memiliki manfaat untuk menghindarkan vagina dari infeksi yang bisa menuju rahim. Namun tidak semua keputihan itu baik, karena jika sudah terkontaminasi oleh bakteri, parasit atau virus malah akan menyebabkan infeksi di vagina, dan ibu hamil adalah yang paling rentan terkena infeksi, karena kesulitan untuk membersihkan daerah organ intimnya.

Penyakit Yang Bisa Terjadi

Apabila keputihan merupakan cairan jernih atau putih tanpa mengeluarkan bau yang tidak sedap, berarti menandakan bahwa keputihan saat hamil adalah suatu hal yang normal. Namun ada beberapa infeksi vagina yang bisa saja muncul karena keputihan yang abnormal, yaitu:

Vaginosis Bakterial

Vaginosis bakterial terjadi karena perubahan hormon yang membuat pertumbuhan bakteri di vagina menjadi berlebihan. Infeksi ini bisa menyebabkan bayi yang dikandung lahir dalam keadaan prematur ataupun lahir dengan kurangnya berat badan. Gejala yang umumnya timbul yaitu gatal pada area vagina, keluarnya cairan warna abu-abu keputihan, rasa nyeri ketika buang air kecil, dan kondisi-kondisi tersebut biasanya akan mereda sendiri. Namun jika diperlukan, Anda bisa mengatasinya dengan antibiotik, karena jika dibiarkan, infeksi ini bisa menyebabkan penyakit radang panggul.

Infeksi Jamur

Hormon estrogen dan progesteron yang meningkat juga bisa meningkatkan pertumbuhan jamur Candida yang berlebihan. Jamur Candida adalah jamur yang bisa tumbuh alami di vagina wanita. Gejala yang umumnya timbul yaitu keluar cairan putih kekuningan yang bisa berbau ataupun tidak, rasa nyeri ketika berhubungan seksual, vagina memerah dan membengkak, rasa nyeri dan juga gatal di vagina, vagina terasa terbakar ketika buang air kecil. Biasanya penanganan akan dilakukan dengan pemberian krim ataupun obat anti jamur.

Group B Strep (GBS)

Satu dari empat tubuh wanita sehat terdapat bakteri GBS. Pada beberapa orang, GBS bisa menyebabkan infeksi yang serius. Gejala yang timbul umumnya mirip dengan gejala infeksi saluran kencing, yaitu seperti urine berwarna keruh, rasa terbakar ketika buang air kecil, dan sering merasakan mendadak ingin buang air kecil.

Pada ibu hamil, dokter akan memberikan antibiotik ketika ibu menjalani proses persalinan, agar bayi tidak tertular. Namun tidak ada langkah yang bisa dilakukan agar mencegah kondisi ini.

Trikomoniasis

Parasit ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Gejala yang umum adalah terdapat cairan berbusa warna kuning kehijauan dan juga berbau busuk, muncul rasa gatal dan juga terbakar ketika berhubungan seksual. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk kondisi ini.

Jika ibu hamil mengalami kondisi-kondisi di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dan hindari untuk penggunaan obat tanpa pengawasan dokter. Anda juga harus waspada jika pada usia kehamilan 37 minggu namun terdapat perubahan warna dan juga bentuk dari cairan yang keluar dari vagina, misalnya menjadi cair, berdarah ataupun berubah warna menjadi coklat atau merah muda. Kondisi-kondisi tersebut bisa menjadi gejala terjadinya kelahiran prematur.

Jika Anda mengalami keputihan saat hamil yang normal dengan warna putih atau jernih dan juga tidak berbau, maka tidak usah khawatir. Dan juga tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Untuk menanganinya Anda bisa menggunakan pantyliner untuk kenyamanan Anda beraktivitas.

Impotensi adalah masalah umum di kalangan pria. Untuk itu Anda wajib mengetahui tentang apa itu impotensi beserta dengan cara mengatasinya.

Pernah mendengar istilah impotensi? Apa itu impotensi? Impotensi atau yang bisa juga disebut sebagai disfungsi ereksi merupakan kondisi dimana penis tidak bisa ereksi ataupun tidak bisa mempertahankan posisi ereksi. Banyak kasus impotensi terjadi pada pria yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Kondisi ini adalah permasalahan seksual yang paling banyak dialami oleh kalangan pria.

Impotensi bisa menjadi dampak buruk bagi keharmonisan hubungan Anda dengan pasangan. Hal ini dikarenakan tidak bisanya Anda untuk ereksi ataupun karena tidak bisanya Anda bertahan pada posisi ereksi. Kondisi impotensi tidak sama dengan ejakulasi dini. Ejakulasi dini adalah kondisi pria yang terlalu cepat mengalami orgasme. Untuk itu Anda perlu mengetahui apa itu impotensi, beserta dengan gejala, penyebab dan cara mengatasinya.

Gejala Impotensi

Impotensi bukan termasuk masalah serius jika terjadi hanya sesekali. Namun jika gejala tidak juga hilang, maka ini merupakan tanda bahwa sedang terjadi kondisi yang serius, seperti diabetes ataupun jantung koroner. Gejala utama yang akan dialami oleh pria yang impotensi adalah penis yang sulit mencapai ereksi, penis sulit bertahan pada posisi ereksi, dan juga menurunnya gairah seksual pria.

Penyebab Impotensi

  • Gangguan sistem saraf. Impotensi bisa dikarenakan penyakit yang berasal dari gangguan pada sistem saraf seperti stroke, Parkinson, multiple sclerosis, cedera pada tulang belakang, tumor tulang belakang, cedera kepala yang parah, tumor otak, Alzheimer, ataupun epilepsi.
  • Gangguan peredaran darah. Seperti hipertensi, diabetes dan juga penyakit jantung.
  • Kelainan struktur penis. Biasanya kelainan ini disebabkan oleh penyakit Peyronie.
  • Gangguan pada keseimbangan hormon. Seperti hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme, serta sindrom Cushing.
  • Gangguan psikologis seperti cemas ataupun sedang stres.
  • Obat-obatan tertentu. Efek samping obat-obatan juga bisa menyebabkan terjadinya impotensi. Seperti obat-obatan antihistamin, antidepresan, antipsikotik, antiandrogen, antikonvulsan, penghambat beta, antagonis H2, diuretik, fibrat, sitotoksik, atau kortikosteroid.
  • Gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi salah satu penyebab apa itu impotensi, seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan juga obat terlarang.
  • Menurunnya stamina.

Diagnosis Impotensi

Dokter akan menanyakan Anda mengalami gejala yang dialami, riwayat kesehatan fisik dan psikologi Anda, dan juga obat-obatan yang Anda konsumsi selama ini. Selain itu dokter juga akan menanyakan tentang gaya hidup sehari-hari, seperti apakah Anda merokok, konsumsi minuman beralkohol ataupun memakai obat terlarang.

Jika impotensi terjadi sepanjang waktu, hal ini bisa menjadi indikasi adanya penyakit tertentu. Namun jika hanya terjadi saat Anda akan berhubungan seksual dengan pasangan, bisa jadi penyebabnya adalah gangguan psikologi.

Terkait hal itu, dokter akan menanyakan apakah penis Anda bisa ereksi saat akan berhubungan seksual, apakah Anda bisa mencapai orgasme ataupun ejakulasi, apakah penis ereksi saat bangun tidur di pagi hari, tinggi tingkat libido Anda, orientasi seksual, dan perbandingan kehidupan seksual Anda yang dahulu dan sekarang. Dokter juga mungkin akan memeriksa penis dan testikel dengan tangan untuk mengukur sensitivitas Anda.

Jika impotensi dikarenakan faktor psikologis, maka dokter akan merujuk Anda ke dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut. Namun jika karena gangguan fisik, maka pemeriksaan lanjutan ini bisa dilakukan, yaitu:

  • USG untuk mengetahui tingkat kelancaran aliran darah.
  • Tes darah untuk mengetahui kadar testosteron dan juga mendeteksi tanda adanya diabetes, penyakit jantung atau penyakit lainnya.
  • Tes urin untuk mengetahui apakah ada diabetes atau penyakit lain.
  • Elektrokardiogram (EKG) untuk mendeteksi gangguan pada organ jantung.

Pengobatan Impotensi

Pengobatan dilakukan tergantung pada penyebab yang diketahui dari hasil diagnosis. Terdapat macam obat-obatan, peralatan, dan juga prosedur operasi yang bisa diterapkan untuk pengobatan impotensi, yaitu:

  • Sildenafil, tadalafil, vardenafil. Obat-obat ini digunakan untuk meningkatkan aliran darah menuju penis secara sementara. Obat-obatan ini diperbolehkan dikonsumsi hanya satu tablet dalam satu hari, dan 30 menit atau satu jam sebelum berhubungan seksual. Efek samping dari obat ini adalah gangguan pada pencernaan, nyeri punggung, mual, muntah, dan juga sakit kepala.
  • Injeksi hormon testosteron.
  • Obat yang digunakan dengan dimasukkan ke saluran uretra melalui ujung lubang penis, atau disuntikkan di bagian samping penis untuk menimbulkan ereksi.
  • Pompa vakum. Alat ini digunakan untuk menarik darah ke penis agar terjadi ereksi. Kemudian ereksi dipertahankan dengan memasangkan sebuah cincin karet di pangkal penis. Cincin ini harus dilepas setelah 30 menit agar tidak terjadinya kerusakan jaringan di penis dan juga memulihkan sirkulasi.
  • Prosedur operasi dilakukan jika suplai aliran darah ke penis terhalang dan tidak bisa ditangani dengan obat atau alat lain. Operasi juga bisa dijalankan pada pria yang mengalami impotensi karena masalah anatomi penisnya ataupun karena cedera serius di bagian panggul.

Itulah penjelasan mengenai apa itu impotensi beserta dengan penjabaran mengenai gejala, penyebab, diagnosis, dan juga cara mengatasinya.

Tips menjaga jantung tetap sehat adalah salah satu solusi yang paling ampuh untuk mencegah penyakit jantung yang bisa menyerang siapa saja. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kesehatan seseorang bisa menurun seiring dengan bertambahnya usia, begitu juga dengan kesehatan jantung Kamu dan ada baiknya mulai sekarang kamu jaga kesehatan jantung Kamu agar tetap sehat di masa tua.

Jantung adalah organ utama dalam sistem peredaran darah yang fungsi utamanya adalah untuk mendorong darah ke seluruh tubuh dan biasanya jantung manusia berdetak 60-100 kali per menit atau bahkan bisa lebih cepat tergantung aktivitas.

Sehingga tak dapat dibayangkan jika kesehatan jantung Kamu terganggu maka sudah dipastikan bahwa kesehatan organ tubuh yang lain juga akan terganggu bukan? Dan alhasil jika Kamu tidak menjaga kesehatan jantung maka bisa saja terserang penyakit jantung yang dimana akibat dari pola hidup yang tidak sehat.

7 Tips Menjaga Jantung Kamu Agar Tetap Sehat Di Masa Tua

1. Berhenti Merokok

Tips menjaga jantung agar tetap sehat pertama adalah dengan cara berhenti merokok dan berhenti minum-minuman beralkohol karena ini adalah tips praktis dan terbaik buat Kamu lakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Karena merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner dan ada baiknya jika Kamu seorang perokok maka berhentilah merokok mulai dari sekarang juga.

2. Berolahraga Secara Rutin

Tips menjaga jantung agar tetap sehat di masa tua selanjutnya adalah dengan cara berolahraga secara rutin dan tetap aktif karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung selain itu olahraga juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk pendorong mood dan menghilangkan stres. Ada banyak olahraga yang bisa Kamu coba seperti joging, push up, senam aerobik, sepakbola, bersepeda maupun jenis-jenis olahraga lainnya.

3. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Normal

Tahukah Kamu, bahwa ternyata kelebihan berat badan ataupun obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami penyakit jantung?

Dan ada baiknya untuk menghindari hal buruk tersebut Kamu selalu melakukan pola hidup sehat seperti melakukan olahraga, diet seimbang, serta mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat dan hindari makanan junk food.

Jika kamu belum mengetahui apakah berat badan Kamu masih dalam batas yang normal maka Kamu harus mencari tahui berat badan yang sehat menurut kalkulator BMI, jika Kamu kelebihan berat badan cobalah untuk menurunkan berat badan.

4. Mengkonsumsi Makan yang Lebih Banyak Serat

Tips menjaga jantung agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan cara mengkonsumsi banyak serat untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung setidaknya 30gr sehari.

Kamu bisa penuhi serat tersebut dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan berserat tinggi, seperti roti gandum, dedak, gandum dan sereal gandum, kentang dengan kulit, dan buah-buahan dan sayur-sayuran.

5. Berjemur di Pagi Hari

Mungkin banyak orang yang enggan untuk melakukan hal ini dengan asalan panas, namun nyatanya berjemur di pagi hari sekitar 20 sampai 30 menit dapat bermanfaat untuk menjaga agar jantung tetap sehat karena pada dasarnya sinar matahari pagi menggantung Vitamin D.

Vitamin D diketahui bermanfaat untuk meminimalisir pembentukan plak pada pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan ada baiknya Kamu berjemur tiap pagi sebelum jam 10.

6. Tidur yang Cukup

Jika Kamu sering begadang maka ada baiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang juga, karena begadang setiap hari dapat menyebabkan Kamu terserang penyakit kardiovaskular yang cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan jantung dipaksa terus bekerja semalaman, sehingga kurang tidur akan menyebabkan penumpukan kalsium dalam pembuluh darah jantung. Sehingga jika dibiarkan maka akan menyebabkan pembuluh tersebut pecah sehingga timbul serangan jantung dan stroke.

7. Mengkonsumsi Ikan

Tips menjaga kesehatan jantung yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Seperti ikan mackerel, sarden, tuna segar dan salmon yang merupakan sumber lemak omega-3 yang dapat membantu melindungi Kamu terhadap penyakit jantung.

Itulah tadi ke 7 tips menjaga kesehatan jantung Kamu agar tetap sehat di masa tua dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Kamu yah.