manfaat ikan patin
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan
November 13, 2018
manfaat jamu kunyit asam
Minum Secara Rutin dan Dapatkan 12 Manfaat Jamu Kunyit Asam
November 13, 2018

Mengobati Hipertensi Dengan 8 Jus Penurun Darah Tinggi

jus penurun darah tinggi

Jus Penurun Darah Tinggi – Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah seseorang mengalami peninggian dalam arti kata berada di atas nilai normal. Penyakit ini lebih banyak disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Kebiasaan merokok, makan makanan asin, fast food, tinggi garam, serta pemanis buatan bisa meningkatkan risiko terkena darah tinggi. Darah tinggi merupakan penyakit yang harus diwaspadai dan segera diatasi karena menjadi faktor pemicu penyakit lainnya seperti stroke, penyakit jantung, maupun gagal ginjal.

Baca Juga  Cara Membuat Masker Alpukat Sederhana Untuk Kecantikan Naturalmu

Untuk mengatasi darah tinggi, tidak selalu menggunakan obat-obatan medis. Tetapi harus dibarengi juga dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat seperti olahraga, tidak merokok atau minum alkohol, serta mengurangi makanan tinggi lemak.

Mengobati Hipertensi Dengan 8 Jus Penurun Darah Tinggi

jus penurun darah tinggi

Selain itu, disarankan juga untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung nutrisi yang diperlukan untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Berikut ini cara penanganan dengan jus penurun darah tinggi yang bisa anda coba sendiri di rumah

1.Jus wortel

Wortel mengandung zat yang bernama beta-karoten dan kalium yang berguna untuk menormalkan detak jantung dan ginjal. Konsumsi jus wortel secara teratur agar tekanan darah dan jantung anda normal kembali. Sebaiknya buatlah jus wortel tanpa gula karena wortel sendiri sudah terasa manis. Selain itu, anda bisa membuat jus kombinasi wortel, seledri, mentimun, bit, pir, dan jahe. Minumlah jus wortel selama seminggu, dan rasakan perubahannya.

2.Jus delima

Jus biji delima mengandung berbagai antioksidan dan polifenol bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, termasuk mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi jus delima tiap hari selama 2 minggu mampu menurunkan tekanan darah secara alami.

Baca Juga  Cara Mengobati Hidung Tersumbat Sesuai Jenis Penyebabnya

3.Jus mentimun

Mentimun merupakan salah satu buah kaya serat. Kandungan serat ini mampu meminimalkan kolesterol serta mengatur tekanan darah agar tidak naik tak terkontrol.

Selain itu mentimun juga mengandung mineral berupa potassium, megnesium, dan pospor yang mampu meningkatkan pembuangan urine dengan kandungan air yang tinggi, sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Tidak hanya disajikan dalam bentuk lalapan, anda juga bisa mengolahnya dalam bentuk jus mentimun.

4.Jus apel

Apel juga termasuk salah satu buah yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan potassium pada apel memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah seseorang. Adanya zat pectin di dalam buah apel juga membantu mengontrol kolesterol serta toksin dalam darah. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda bisa memakan secara langsung maupun disajikan dalam bentuk jus apel.

Baca Juga  Mau Punya Momongan? Inilah 7 Makanan Penambah Sperma Untuk Pria

5.Jus tomat

Jus penurun darah tinggi berikutnya adalah jus tomat. Tomat ternyata kaya akan kandungan lycopene. Lycopene merupakan senyawa yang memberi warna merah pada tomat dan bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara alami. Selain itu tomat juga kaya akan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, protein, vitamin A, B1, B2, B3, C, kalsium, natrium, kalium, serat, dan air.

jus penurun darah tinggi

6.Jus pisang

Siapa sangka pisang yang banyak ditemui di sekitar kita ini ternyata memiliki khasiat menurunkan hipertensi. Sebab pisang mengandung kalium yang cukup tinggi. Kandungan kalium inilah yang memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk itu, mulailah dari sekarang mengkonsumsi pisang, baik dimakan langsung maupun dalam bentuk jus pisang.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

7.Jus alpukat

Alpukat mengandung berbagai nutrisi diantaranya vitamin E, vitamin C, serat, dan kalsium. Dengan kekayaan nutrisi dan gizi inilah, alpukat dengan efektif mampu menurunkan dan menyembuhkan hipertensi secara alami. Alpukat juga mengandung kadar lemak tak jenuh yang sangat tinggi yang mampu membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

8.Jus melon

Buah melon tidak hanya menyegarkan dan enak dimakan, tetapi juga berkhasiat mencegah hipertensi. Melon mengandung asam amino yang berguna untuk melancarkan peredaran darah dan memicu pelebaran pembuluh darah bagi penderita hioertensi, sehingga tekanan darah yang tadinya tinggi menjadi normal kembali.

Walaupun mengkonsumsi jus penurun darah tinggi diatas diklaim bisa menurunkan hipertensi, tetapi harus diingat bahwa khasiat tersebut tidak bisa diperoleh dengan instan

Baca Juga  Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Karena hampir semua pengobatan alami tidak langsung bekerja pada sel-sel tubuh yang sakit, tetapi penyembuhannya bersifat perlahan-lahan. Selain itu juga harus diimbangi juga dengan olahraga teratur serta pola hidup sehat lainnya. Yuk, kita aplikasikan pola makan dan pola hidup sehat dalam kehidupan kita.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *