cara membuat masker alpukat
Cara Membuat Masker Alpukat Sederhana Untuk Kecantikan Naturalmu
November 8, 2018
ielts preparation course jakarta
3 Lembaga Untuk IELTS Preparation Course Jakarta Paling Rekomendasi
November 8, 2018

Cara Menghitung Siklus Haid Dengan Kalender Menstruasi Dan Manfaatnya

kalender menstruasi

Kalender Menstruasi – Setiap wanita yang berada pada usia subur akan mengalami haid paling tidak sebulan sekali. Penting bagi seorang wanita untuk memprediksi siklus menstruasi yang datang tiap bulan.

Baca Juga  7 Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Hai ini karena siklus haid menjadi indikasi kesehatan dan tingkat kesuburan wanita. Semakin teratur siklus haid pada perempuan dewasa, menandakan kondisi kesehatnnya baik. Lalu bagaimana cara menghitung siklus haid dan manfaat mengetahui siklus haid? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini

kalender menstruasi

Cara Menghitung Siklus Haid Menggunakan Kalender Menstruasi

Satu kali masa haid berlangsung 3-7 hari. Nah yang dimaksud dengan siklus haid adalah rentang waktu mulai dari hari pertama haid sampai satu hari sebelum masuk masa haid berikutnya. Karena tiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, maka anda harus menghitungnya sendiri. Nah, berikut ini langkah-langkah menghitung siklus haid dengan kalender menstruasi.

1.Tandai hari pertama haid

Hari pertama haid merupakan tanda dimulainya siklus haid. Tandai hari pertama menstruasi dengan menggunakan kalender biasa ataupun kalender pada ponsel. Menstruasi dimulai ketika anda mengeluarkan darah merah segar, bukan darah coklat atau munculnya PMS.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

2.Ketahui panjang siklus haid anda

Panjang siklus haid dimulai dari haid hari pertama sampai hari terakhir, yaitu hari sebelum masa haid berikutnya dimulai. Rata-rata siklus haid wanita normal adalah sekitar 28 hari, ini menjadi pertanda bahwa wanita tersebut subur dan tidak bermasalah sistem reproduksinya. Tapi siklus haid terkadang memang tidak teratur, hal ini bisa dikarenakan stress psikis, lelah fisik, maupun pola hidup sehari-hari yang tidak sehat.

3.Mencatat lama siklus haid bulan berikutnya

Panjang siklus haid bisa sedikit berbeda dari bulan ke bulan. Hari pertama siklus haid bisa sedikit maju atau mundur dari perkiraan, tergantung kondisi tubuh. Nah, untuk menentukan berapa lama siklus haid anda, sebaiknya anda mencatatnya selama beberapa bulan dan membuat rata-ratanya.

Perhitungan siklus haid diatas hanya berlaku untuk wanita yang memiliki pola menstruasi teratur. Beberapa wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur, kadang dua bulan atau tiga bulan sekali. Sangat sulit menghitung siklus haid bagi wanita yang memiliki pola haid tak menentu.

kalender menstruasi
Manfaat Menghitung Siklus Haid Dengan Kalender Menstruasi

1.Mengetahui masa subur

Memiliki keturunan merupakan tujuan dan idaman setiap pasangan suami istri. Salah satu faktor penting agar segera memiliki momongan adalah dengan mengetahui siklus menstruasi atau haid anda. Dengan memahami siklus haid, anda bisa mengetahui kapan jadwal datang bulan maupun masa subur anda.

Masa subur sangat penting karena merupakan saat yang tepat untuk berhubungan intim dan memperbesar peluang mendapatkan keturunan.

Baca Juga  5 Penyebab Utama Mengapa Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, tapi rata-rata seorang wanita normal mengalami haid setiap 28 sampai 36 hari. Sedangkan masa subur terjadi 12 sampai 14 hari sebelum hari ke 1 haid berikutnya. Sebagai Contoh, anda mengalami hari ke 1 haid pada tanggal 1 januari dengan siklus 30 hari, maka haid berikutnya terjadi pada tanggal 31 januari. Sedangkan masa subur terjadi 12-14 hari sebelum haid berikutnya atau pada tanggal 15-17 januari.

2.Membantu mengetahui kondisi kesehatan tubuh dan reproduksi

Teratur tidaknya siklus haid anda bisa menjadi indikasi kondisi sistem reproduksi anda bekerja dengan baik atau tidak. Normalnya periode menstruasi wanita adalah selama 3-7 hari dengan rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari.

Kondisi tidak normal terjadi ketika seorang wanita tidak haid atau terlambat selama 3 periode berturut-turut. Keterlambatan menstruasi ini bisa menjadi pertanda kemungkinan gangguan pada organ reproduksi.

Jika anda tidak haid selama 3 periode berturut-turut, bisa jadi anda mendapatkan kabar baik yaitu anda sedang mengandung buah hati. Tapi bisa juga anda sedang mengalami beberapa gangguan kesehatan diantaranya amenorrhea, perimenopause, atau bahkan menopause.

Amenorrhea merupakan kondisi dimana seorang wanita tidak dapat haid. Amenorrhea bisa diakibatkan oleh penyakit tumor ovarium, stress, olahraga yang terlalu berat, atau bisa juga akibat dari penggunaan KB suntik. Akibat amenorrhea yang paling ditakuti oleh wanita adalah kemandulan.

3.Mendeteksi tanda kehamilan

Saat hamil muda, tidak semua tanda kehamilan terlihat dengan jelas. Salah satu cara termudah untuk mengetahui tanda kehamilan adalah dengan melihat adanya keterlambatan haid.

Setelah anda mendapati keterlambatan menstruasi, anda bisa mengecek tanda-tanda lainnya seperti sering mual dan muntah, sembelit, hilang nafsu makan, maupun sensitif terhada aroma tertentu. Setelah itu anda bisa memeriksakan diri ke Dokter atau Bidan.

Baca Juga  Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid yang Perlu Diketahui Wanita

Nah, demikianlah tadi cara menghitung siklus haid dengan kalender menstruasi yang bisa dilakukan oleh setiap wanita. Mengetahui siklus haid mendatangkan banyak manfaat, terutama bagi anda yang ingin segera memiliki keturunan. Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi para ibu dan calon ibu dan langsung bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *