kata kata rindu dalam bahasa inggris dan artinya
Kumpulan Kata Kata Rindu Dalam Bahasa Inggris dan Artinya
April 16, 2019
khasiat belimbing wuluh
Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan dan Kencatikan
April 16, 2019

Kenali Gejala Kanker Nasofaring Hingga Cara Penyembuhannya

kanker nasofaring

Kanker Nasofaring – Salah satu jenis kanker yang berada di leher adalah kanker nasofaring. Kanker ini berada memulai dari di atas bagian tenggorokan hingga pada bagian belakang hidung. Disebut juga sebagai nasopharynx.

Nasofaring terletak di dasar tengkorak Anda dan di atas atap mulut. Lubang hidung terbuka ke arah nasofaring hingga saat bernafas air akan mengalir melalui hidung ke tenggorokan dan nasofaring akhirnya pada paru-paru.

Banyak peneliti yang tidak yakin apakah sumber atau penyebab dari penyakit kanker ini. Namun penyakit ini memiliki kaitan yang kita dengan Epstein-Barr virus (EBV). Walaupun penyakit EBV adalah penyakit biasa, tidak semua memiliki EBV akan mengidap penyakit kanker nasofaring.

Baca Juga  Mengenal Penyebab, Gejala Tetanus dan Penanganan Penyakit Tetanus

Penelitian hingga saat ini masih dilakukan untuk mengetahui apakah penyebab utamanya. Namun sebagai kesimpulan penyakit kanker ini beresiko tinggi oleh mereka yang menjalani diet ketat yang hanya mengkonsumsi ikan asin dan daging. Rokok dan alkohol juga mampu meningkatkan resiko.

Apakah kanker nasofaring menular? Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kanker ini bukanlah penyakit yang menular. Munculnya kanker berasal dari pertumbuhan pada sel yang menjadi sel kanker. Sehingga tidak ada jalan untuk membuatnya menular kepada orang lain seperti virus.

Orang yang paling banyak mengidap penyakit kanker nasofaring adalah orang China selatan dan Asia Tenggara. Pria adalah kaum mayoritas yang paling banyak mengidap kanker ini dan beberapa diantaranya telah melakukan kontak dengan virus EBV.

Gejala Kanker Nasofaring yang Perlu Diwaspadai

gejala kanker nasofaring

Bagaimana seseorang yang memiliki kanker pada nasofaring dapat dideteksi? Infeksi yang ditimbulkan pertama kali adalah virus EPV namun selama tahun pertama tidak akan ada gejala yang muncul. Bahkan virus dapat tinggal dalam tubuh manusia tanpa menunjukkan tanda-tanda yang berarti.

Baca Juga  Lupakan Bau, Inilah 5 Khasiat Jengkol dan Manfaat Jengkol

Pada stadium dini banyak orang yang tidak mengetahuinya karena tidak ada gejala signifikan yang muncul. Namun virus tetap bertahan dan bersembunyi di belakang rongga hidung. Namun tetap saja ada beberapa gejala dini yang perlu dikenali seperti berikut ini:

– Telinga sering mendengarkan suara berdengung pada satu sisi saja.

Telinga akan terasa penuh seperti kemasukan air dan lama kelamaan kemampuan mendengar akan berkurang.

– Bagian hidung akan sering mengalami mimisan.

Keluar ingus yang bercampur dengan darah disertai pilek di satu sisi terus menerus.

Gejala dini ini harus segera diperiksakan ke dokter karena jika tidak akan mengalami keberlanjutan gejala yang semakin parah seperti berikut ini:

– Muncul benjolan di leher yang merupakan gejala paling umum

– Penglihatan menjadi kabur atau dilihat suatu objek menjadi ganda

– Rasa mati rasa dan kebas

– Sakit kepala

– Sulit untuk membuka mulut

Bahaya kanker nasofaring diklasifikasikan menjadi beberapa stadium

Dimana setelah rangkaian tes yang dilakukan oleh dokter Anda akan mengetahui pada stadium berapa kanker yang bersarang dalam tubuh. Berikut ini penjelasan mengenai stadium kanker nasofaring.

Baca Juga  10 Ciri Ciri Amandel Meradang yang Perlu Anda Waspadai

Stadium 0
Adalah stadium awal yang disebut sebagai carcinoma in situ

Stadium I
Adalah dimana kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening dan bagian tubuh yang jauh

Stadium II
Adalah dimana kanker telah menyebar ke jaringan terdekat dan kelenjar getah bening tetapi belum menyebar ke bagian tubuh yang jauh

Stadium III dan IV
Artinya sebagai stadium lanjut karena ukuran tumor yang besar dan telah menyerang ke jaringan terdekat, kelenjar getah bening dan bagian tubuh yang jauh.

pengobatan kanker nasofaring
Pengobatan yang Biasa Dilakukan Untuk Kanker Nasofaring

Ketika Anda telah didiagnosa terjangkit penyakit ini maka serangkaian pengobatan akan dijalani di rumah sakit. Pengobatan yang dilakukan ditentukan sesuai dengan lokasi kanker, stadium dan kesehatan tubuh. Beberapa pengobatan kanker nasofaring yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Terapi Radiasi

Terapi ini menggunakan sinar X untuk membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya. Cara ini adalah perawatan standar yang dilakukan untuk melawan kanker di stadium awal.

Namun pada beberapa efek samping yang akan dialami karena radiasi dosis tinggi diberikan langsung ke tumor. Efek sampingnya adalah mulut kering, kebutaan, cedera otak batang, kerusakan gigi dan kematian jaringan sehat.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Difteri, Infeksi Mematikan yang Harus Dihindari

2. Kemoterapi

Penyembuhan melalui kemoterapi ini berfungsi untuk membunuh sel kanker. Pengobatan ini tidak terlalu bermanfaat untuk membunuh kanker nasofaring namun akan membantu hidup lebih lama.

3. Operasi

Pembedahan dilakukan untuk mengangkat tumor tidak sering dilakukan karena lokas tumor yang berada pada dekat saraf dan pembuluh darah. Langkah ini dapat berakibat kerusakan permanen pada mata dan struktur lain di sekitarnya.

Tidak semua penderita kanker dapat menjalani operasi. Pertimbangan yang diberikan oleh dokter antara lain adalah lokasi dan stadium kanker.

4. Obat Biologik

Obat ini akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh melawan penyakit. Obat yang termasuk didalamnya adalah antibodi monoklonal seperti cetuximab (Erbitux), pembrolizumab (Keytruda), dan nivolumab (Opdivo).

Cara kerja obat berbeda dengan kemoterapi dan dapat sering digunakan pada kanker yang sudah masuk tahap lanjut.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *