manfaat petai cina
8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak
September 17, 2018
Cara Ampuh Mengusir Tikus dengan Bahan di Sekitar Kita
September 17, 2018

Gak Cuman Untuk Kue, Ini 11 Kegunaan Baking Powder Lainnya

kegunaan baking powder

Kegunaan Baking Powder – Baking powder merupakan pengembang kue yang selalu diperlukan dalam proses pembuatan kue. Kegunaan baking powder ini sangat dibutuhkan karena tanpa baking powder kue tidak akan mengembang dengan sempurna. Lalu apa bedanya baking powder dan baking soda?

Mungkin sebagian orang masih merasa kebingungan mengenai perbedaan baking powder dan baking soda karena kedua bahan tersebut sama – sama digunakan sebagai pengembang kue. Padahal baking powder dan baking soda itu berbeda.

Baking soda merupakan pengembang kue yang mengandung 100% natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Sedangkan baking powder mengandung bahan kimia yang sama tetapi juga mengandung bahan lain seperti cream of tartar yang bersifat asam dan bahan pengering.

kegunaan baking powder

Gak Cuman Untuk Kue, Ini 11 Kegunaan Baking Powder Lainnya

Selain dipakai sebagai pengembang kue, ternyata baking powder ini useful banget lho. Karena baking powder ini juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari – hari, untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Baca Juga  8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak

1. Menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu

Sepatu yang berada dalam kondisi lembab atau jarang dicuci dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Kegunaan baking powder dapat menyerap bau yang tidak sedap pada sepatu dengan cara memasukkan baking powder ke dalam kantong kecil dan menaruhnya di dalam sepatu. Diamkan kantong baking powder itu selama semalam.

2. Menghilangkan bau pada tangan

Setelah mencuci dan mengolah ikan biasanya tangan akan menjadi ikut terkena bau amis. Anda bisa menghilangkan bau amis tersebut dengan membubuhkan baking powder pada telapak tangan kemudian menggosok – gosokkan dengan kedua tangan.

3. Membersihkan kuas make up

Salah satu kegunaan baking powder yaitu dapat digunakan untuk membersihkan kuas make up. Cara penggunaannya dengan merendam 1 sendok makan baking powder ke dalam wadah yang berisi ar hangat. Kemudian masukkan kuas make up ke dalam wadah tadi dan diamkan sebentar. Kemudian bilas dengan air dingin setelahnya.

4. Menghilangkan kerak pada peralatan dapur

Kerak pada panci, wajan maupun alat dapur yang lain biasanya sulit dihilangkan dan membandel. Kegunaan baking powder dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Anda cukup mengoleskan campuran baking powder sedikit air lalu mendiamkannya sebentar. Dengan begitu kerak pun akan mengelupas dan mudah dibersihkan.

kegunaan baking powder

5. Membersihkan buah dan sayur

Untuk membersihkan sisa – sisa pestisida yang menempel pada buah dan sayuran, Anda bisa menggunakan baking powder. Kegunaan dari baking powder ini bisa dilakukan dengan cara menggosokkan baking powder pada buah dan sayuran yang sebelum mencucinya hingga bersih.

6. Memutihkan gigi

Kegunaan dari baking powder dapat menjadikan gigi lebih putih. Cara penggunaannya yaitu campurkan baking powder dengan pasta gigi, kemudian gunakan untuk menyikat gigi.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Telinga Berdengung dan Makanan Untuk Meredakannya

7. Menghilangkan bau mulut

Baking powder dapat digunakan sebagai pengganti cairan kumur – kumur. Dengan melarutkan baking powder dengan air kemudian gunakan untuk berkumur – kumur selama 30 detik akan membantu menghilangkan bau mulut.

8. Membersihkan WC

Jika terdapat noda membandel pada WC dan sulit dihilangkan, cobalah dengan menggunakan baking powder untuk membersihkan noda membandel tersebut.

9. Membersihkan noda krayon di tembok

Anak – anak biasanya menunjukkan kreativitasnya melalui gambar ataupun tulisan. Namun anak yang masih kecil terkadang suka mencoret – coret tembok dengan krayon mereka. Anda tidak perlu kuatir jika anak Anda melakukan hal tersebut karena Anda bisa menggunakan baking powder untuk membersihkannya.

Kegunaan dari baking powder ini dapat Anda aplikasikan dengan menggunakan lap basah yang diberi baking powder kemudian lap krayon yang ada di tembok tersebut maka noda krayon akan hilang.

10. Menghilangkan noda bekas jerawat

Kebanyakan orang pasti merasa terganggu dengan adanya noda bekas jerawat. Kegunaan dari baking powder ini dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cara mencampurkan bubuk baking powder dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut ke bekas jerawat dan diamkan sebentar. Lalu bilas dengan air bersih setelahnya.

11. Membuat kaki rileks

Aktivitas yang padat di luar kantor sepanjang hari mungkin membuat kaki Anda pegal – pegal dan terasa kaku. Anda bisa merilekskan kaki Anda sendiri tanpa harus pergi ke salon untuk perawatan.

Anda cukup hanya mencampurkan baking powder ke dalam air hangat kemudian merendam kaki Anda di air tersebut. Kegunaan dari baking powder ini akan membuat kaki Anda lebih rileks.

Baca Juga  9 Hal Penting, Mengapa Vaksin Difteri untuk Dewasa Diberikan

Nah, itulah 11 Kegunaan Baking Powder yang Antimainstream yang ternyata tidak hanya saja dimanfaatkan untuk bahan pengembang kue dan semoga saja artikel di atas ini bermanfaat yah selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *