cara mengobati hidung tersumbat
Cara Mengobati Hidung Tersumbat Sesuai Jenis Penyebabnya
November 6, 2018
penyebab asam urat
Penyebab Asam Urat dan Ciri Ciri Asam Urat Dan Pencegahannya
November 6, 2018

Inilah 9 Kegunaan Daun Sirih dan Cara Menggunakannya

kegunaan daun sirih

Kegunaan Daun Sirih – Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang mudah hidup di mana saja, termasuk di halaman rumah kita.

Pada zaman nenek-nenek kita dulu, daun sirih merupakan tanaman yang identik sebagai bahan untuk menginang atau mengunyah sirih.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Padahal menurut para pakar kesehatan, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari daun ini. Hal ini dikarenakan daun sirih kaya akan nutrisi diantaranya vitamin C, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin, karoten, serta kalsium. Berikut ini beberapa kegunaan daun sirih yang bisa kita dapatkan

Inilah 9 Kegunaan Daun Sirih dan Cara Menggunakannya

kegunaan daun sirih

1.Membantu penyembuhan luka bakar ringan

Luka bakar ringan seringkali terjadi ketika kita sedang menyalakan lilin, korek api, atau memasak di dapur.

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu membantu proses penyembuhan luka bakar ringan. Selain itu daun sirih juga memiliki kandungan polifenol yang bersifat antiseptik, sehingga mampu melindungi dari infeksi kuman.

Baca Juga  10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dan Penyebab Bintitan

Caranya sangat mudah, siapkan lima lembar daun sirih yang sudah dibersihkan, remas-remas hingga lembut, campur dengan madu murni lalu tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar. Kombinasi daun sirih dan madu murni ini akan mencegah peradangan dan mengurangi rasa perih.

2.Menurunkan kadar kolesterol

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, anda bisa memanfaatkan daun sirih merah untuk menurunkannya.

Daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang ampuh menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL (lemak jahat dalam tubuh). Kadar trigliserida dan kolesterol LDL yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena akan meningkatkan risiko hipertensi, penyakit jantung, maupun stroke.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, caranya adalah dengan merebus 5-7 lembar daun sirih merah dalam 2 gelas air dan minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

3.Menurunkan kadar gula darah

Diabetes mellitus tipe 2 ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah akibat dari pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang mencukupi.

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang berkhasiat mengatasi penyakit diabetes mellitus tipe 2. hal ini karena kandungan senyawa alkaloid dan flavonoid pada daun sirih memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah.

Untuk penyajiannya, anda bisa membuat sendiri dengan cara merebus 3 lembar daun sirih menggunakan 3 gelas air. Rebus air tersebut hingga air tersebut tinggal setengahnya. 1,5 gelas air rebusan daun sirih yang dihasilkan tadi bisa digunakan untuk 3 kali pemakaian dalam sehari.

Yang harus diingat, jika anda tengah menjalani pengobatan medis, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apakah daun sirih ini memiliki efek samping jika dipakai berbarengan dengan obat dari dokter.

4.Menjaga saluran pencernaan

Kegunaan daun sirih berikutnya adalah mampu membantu produksi lendir yang akan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Lendir yang diproduksi tadi akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung. Selain itu, daun sirih juga berguna menormalkan tingkat pH sehingga meredakan sembelit, maag, maupun asam lambung. Anda bisa menyajikan daun sirih dengan beberapa cara, diantaranya dengan membuat jus daun sirih atau dibuat dalam bentuk air rebusan daun sirih.

Baca Juga  Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC

kegunaan daun sirih

5.Mengatasi batuk

Saat menderita batuk, anda bisa atasi dengan ramuan daun sirih merah. Karena daun sirih merah ternyata mengandung vitami B, vitamin C, serta alkaloid yang mampu meredakan radang tenggorokan penyebab batuk.

Untuk meredakan batuk, caranya adalah dengan merebus 5 lembar daun sirih ke dalam 300 mL air. Anda bisa menambahkan cengkeh dan kapulaga, rebus hingga mendidih dan minum tiga kali sehari.

6.Menurunkan depresi

Depresi merupakan gangguan psikis yang sangat menyiksa. Penderitanya akan merasa gelisah, murung, dan emosi tak stabil.

Nah, menurut beberapa riset, mengunyah atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia (serotonin) lebih banyak sehingga mampu menurunkan depresi yang ada pada penderitanya.

Baca Juga  Cara Merebus Daun Sirsak Agar Bermanfaat Dengan Cara yang Benar

7.Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Daun sirih mengandung zat antioksidan yang sangat alami sehingga mampu berfungsi sebagai antibakterial. Dengan sifat antibakterial tersebut, daun sirih mampu melindungi mulut dari bakteri, kuman, dan patogen lainnya.

Tidak hanya itu, daun sirih juga berkhasiat mencegah kerusakan gigi, serta memperkuat gigi dan gusi. Karena khasiatnya tersebut, ekstrak dari daun sirih bisa dijadikan komponen dalam produk kesehatan gigi. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, anda bisa mengunyah daunnya atau dengan berkumur air rebusan daun sirih.

8.Menghentikan mimisan

Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat mengobati mimisan. Daun sirih mampu menghentikan pendarahan yang terjadi pada rongga hidung karena mengandung antioksidan tannin yang mampu membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pembuluh darah dalam hidung.

Caranya adalah dengan menempatkan daun sirih di lubang hidung. Atau juga dengan memasukkan daun sirih ke air hangat, letakkan campuran daun sirih dan air hangat tadi di bawah hidung dan hirup uapnya.

9.Mengobati penyakit asma

Asma merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak napas, nyeri dada, dan batuk-batuk.

Nah, tahukah anda bahwa penyembuhan asma tidak hanya dengan obat apotik, tapi daun sirih juga mampu mengobati asma secara alami lho. Hal ini tidak terlepas karena daun sirih memiliki senyawa kompleks yang dipercaya mampu mengatasi asma.

Untuk mengobati asma, tumbuk hingga halus 10 daun sirih yang sudah dicuci dengan satu sendok lada putih.

Lalu campur kedua bahan yang sudah digerus tadi dengan minyak kayu putih secukupnya. Oleskan obat asma alami ini pada bagian dada dan leher ketika asma kambuh.

Baca Juga  10 Manfaat Daun Sirih Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Itulah tadi beberapa kegunaan daun sirih yang perlu anda ketahui. Khasiat daun sirih bagi kesehatan memang amat banyak, tapi anda tetap disarankan berkonsultasi dulu dengan Dokter. Apalagi bagi anda yang masih dalam perawatan Dokter. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan keluarga.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *