ielts preparation jakarta
Daftar Tempat Penyelenggara IELTS Preparation Jakarta
April 11, 2019
manfaat minyak kemiri
9 Manfaat Minyak Kemiri Menakjubkan Untuk Kulit dan Rambut
April 13, 2019

Luar Biasa, Ini Segudang Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Rambut

kegunaan minyak zaitun

Kegunaan Minyak Zaitun – Siapa yang tidak mengenal minyak zaitun atau olive oil? Banyak sekali manfaat yang diberikan mulai dari minyak untuk memasak hingga menjaga kecantikan tubuh.

Minyak ini diperoleh dari buah zaitun yang banyak ditemukan di Asia, Afrika dan Laut Tengah. Buah zaitun sendiri berbentuk seperti buah batu dengan panjang 1 – 2,5 cm dan berwarna hitam mengkilap. Olahan makanan yang menggunakan buah zaitun adalah acar dan banyak dikonsumsi di wilayah Timur Tengah.

Penggunaannya untuk produk kecantikan mengharuskan buah zaitun diubah menjadi minyak. Proses pembuatannya harus menggunakan buah yang tidak terlalu matang karena buah yang matang tidak memiliki kandungan minyak yang baik. Ketika dipanen, buah bisa langsung diambil ketika masih dipohon dan tidak perlu menunggu terlalu matang atau jatuh.

Proses pembuatan minyak zaitun ini dilakukan setelah buah dikeringkan dan bisa dilakukan secara modern atau secara tradisional. Proses secara tradisional dimulai menghaluskan buah zaitun hingga menjadi pasta dan memisahkan minyak dari daging buah.

Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun Wardah Untuk Kecantikan Berikut Harganya

Apabila pasta telah dibentuk dalam waktu 20 – 45 menit lalu dikumpulkan dan di press dengan mesin hidrolik. Cairan minyak beserta air akan keluar yang kemudian dipisahkan. Cara modern adalah memanfaatkan alat stainless steel dimana buah zaitun dimasukan dan digiling.

Hasilnya akan membentuk pasta zaitun yang ditempatkan dalam botol untuk sentrifugasi tiga fase. Maka akan keluarlah air dan minyak zaitun. Proses modern tentu lebih cepat dan untuk menghasilkan virgin oil perlu penyaringan beberapa kali setelahnya.

Beberapa produk merk minyak zaitun untuk wajah yang dapat ditemukan di pasaran adalah Herborist, Sariayu Olive Oil, Ovale, Mustika Ratu, dll. Harga dari masing-masing merk berbeda, biasanya berkisar antara 15 ribu hingga 15 ribu untuk 75 ml hingga 100 ml lebih.

Kandungan yang Terdapat pada Minyak Zaitun

Kegunaan minyak zaitun sangat bervariasi ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat di dalamnya. Anda bisa mengkonsumsi langsung atau menggunakannya sebagai obat luar. Jumlah lemak dalam minyak ini adalah 24% dan tambahan omega 6 dan lemak omega 3.

Dimana asam lemak yang terkandung didalamnya mayoritas adalah asam oleat yang berfungsi sebagai pengurang peradangan. Lemak dalam minyak zaitun sendiri mampu memenuhi kebutuhan lemak harian dalam tubuh sebesar 153%.

Ketika dikonsumsi, kandungan polifenol dalam lemak zaitun akan menjadi pelindung dari sel tubuh yang rusak karena radikal bebas. Polifenol yang merupakan zat pewarna dalam tanaman ini akan bekerja sebagai antioksidan.

Baca Juga  Selain Untuk Memasak, Inilah 5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Berbagai manfaat minyak zaitun untuk mengatasi berbagai penyakit sangat dikenal. Seperti dapat mengatasi kolesterol tinggi, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, tekanan darah tinggi.

Bagi Anda yang sedang diet sangat baik untuk mengkonsumsi minyak zaitun yang dicampurkan pada salad. Pengolahan lemak dalam tubuh akan lebih terjaga dengan adanya minyak zaitun dalam tubuh. Oleh karena itu akan menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil.

Berbicara soal diet, pasti kecantikan menjadi tujuan utama bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Nah disinilah minyak zaitun mengambil peranan penting. Kecantikan kulit dan rambut akan terjaga jika menggunakan olive oil secara rutin dan tepat.

kegunaan minyak zaitunIni Segudang Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Rambut dan Wajah

Cara mudah untuk merawat kecantikan utama yaitu rambut dan kulit tetap sehat adalah dengan minyak zaitun. Minyak ini memiliki lebih banyak khasiat. Berikut ini kegunaan minyak zaitun untuk rambut yang bisa Anda manfaatkan.

1. Mengatasi ketombe

Rambut berketombe menghasilkan rasa gatal. Jika Anda menggaruknya maka kulit kepala akan mudah terluka. Ketombe bisa saja muncul karena cara diet yang salah atau adanya jamur. Juga bisa disebabkan dari shampo yang tidak cocok.

Minyak zaitun berfungsi untuk melembutkan ketombe bahkan mengurangi rasa gatal yang muncul. Oleh karena itu akan mencegah terjadinya peradangan pada kulit kepala.

2. Menguatkan akar rambut dan membuatnya berkilau

Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk meresap ke dalam helai rambut. Memberikan vitamin dan memperkuat dari dalam khususnya rambut yang kering. Kelembaban akan tetap terjaga dan mengembalikan kilau terlihat. Kandungan yang penting dalam minyak zaitun adalah asam lemak yang akan mengeluarkan rambut dari akarnya.

Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun Wardah Untuk Kecantikan Berikut Harganya

3. Mengurangi rambut bercabang

Rambut kering disebabkan oleh seringnya terpapar sinar UV. kemudian akan berakibat menimbulkan rambut merah dan bercabang. Kurangnya kelembaban dapat diatasi oleh minyak zaitun. Kemampuannya untuk mengunci kelembaban akan menjadi perlindungan terbaik pada rambut yang sering terkena panas matahari.

4. Menjaga kelembutan rambut

Rambut yang bagus dan panjang perlu kelembutan sehingga mudah disisir dan tidak kusut. Jika rambut Anda kasar maka kusut seringkali terjadi dan membuat cepat rontok. Jaga rambut Anda agar tetap halus dengan minyak zaitun.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk berbagai manfaat rambut sama yaitu oleskan pada akar rambut hingga pada bagian ujung. Diamkan selama semalaman dan tutup dengan shower cap, keesokan harinya bilas rambut dengan shampo hingga bersih.

kegunaan minyak zaitun

5. Manfaat Minyak Rambut untuk Wajah

Kegunaan minyak zaitun yang lainnya juga berfungsi untuk kulit khususnya wajah. Remaja masa kini biasanya menggunakan berbagai kosmetik untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Hal ini biasanya menimbulkan ketidakcocokan khususnya pada kulit sensitif.

Menghindari masalah yang timbul, manfaat Minyak zaitun untuk wajah dan cara penggunaannya berikut cenderung aman. Berbagai masalah kulit wajah pun dapat diatasi dengan mudah.

6. Perlindungan antioksidan

Manfaat untuk wajah yang pertama adalah sebagai antioksidan. Bagi Anda yang merasa sedang mengalami penuaan dini maka perlu menggunakan minyak zaitun. Kandungan vitamin E, polifenol dan fitosterol berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh.

Vitamin E bekerja untuk mencegah penuaan dini dan membantu mengembalikan kulit yang halus serat melindungi dari serangan sinar UV. Hydroxytyrosol, juga merupakan kandungan dalam minyak zaitun yang berfungsi untuk mengatasi kulit rusak.

Baca Juga  Apa Itu Terapi Gurah dan Apa Manfaat Gurah Bagi Kesehatan

7. Mengatasi bakteri pada wajah

Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat artinya banyak bakteri sumber berjerawat yang hidup. Minyak zaitun memiliki fungsi untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum jerawat timbul bakteri akan diberantas oleh minyak zaitun.

8. Melembabkan wajah

Wajah akan tetap lembab jika Anda mengaplikasikan minyak zaitun dengan rutin. Caranya cukup oleskan minyak zaitun ke seluruh wajah pada malam hari. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air dingin. Jangan biarkan Anda tertidur sebelum membersihkannya.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *