Girls, Ini Dia Cara Melukis Alis yang Benar Mudah Tanpa Ribet
September 10, 2018
gejala tipes pada orang dewasa
Waspada, Inilah 13 Gejala Tipes Pada Orang Dewasa
September 12, 2018

Khasiat Bawang Dayak Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Khasiat Bawang Dayak- Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal memiliki tanah ajaib karena banyak sekali spesies yang tumbuh. Lebih hebatnya lagi, banyak spesies tumbuhan yang hidup di tanah Indonesia dapat dijadikan obat alami.

Kita telah mengenal tanaman herbal asli Indonesia yang banyak diminati bahkan hingga mancanegara untuk dijadikan obat menggantikan obat kimia. Kita mengenal tanaman seperti jahe, temulawak, kunyit, atau yang lainnya.

Satu lagi tanaman herbal Indonesia non endemik yang kini mulai banyak diminati, yaitu bawang dayak. Sebenarnya, dalam dunia herbal, tanaman yang satu ini memang telah lama dikenal sebagai tanaman yang dapat mengobati beberapa penyakit.

Baca Juga  Manfaat Bawang Putih Hitam yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Seperti namanya, bawang ini memang banyak tumbuh di pulau tempat tinggal para masyarakat adat Dayak, yaitu Kalimantan. Tepatnya Kalimantan Tengah. Mesipun demikian, sebenarnya tanaman ini tidak endimik Kalimantan melainkan merupakan bawang yang berasal dari Amerika.

Di tempat asalnya, bawang ini banyak tumbuh di pegunungan dengan udara tebuka.

Dalam klasifikasi ilmiahnya, bawang dayak berasal dari kerajaan plantae, berordo asparagales, berfamili iridaceae, bersubfamili iridoideae, bergenus eleutherine herb, dan berspesies E. Bulbosa. Tanaman yang satu ini tidak berbuah melainkan berumbi, sehingga tidak termasuk monokotil.

Tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah di lingkungan tanah bermacam-macam ini memiliki bentuk menyerupai bawang merah biasa, walau pun tentu ada bedanya. Misalnya perbedaan bahwa bawang dayak tidak memiliki bau.

Dilihat dari daunnya, bawang dayak memiliki daun pita berwarna hijau. Sekilas daun bawang ini menyerupai alang-alang. Pada bagian umbinya, yang memang berbentuk seperti bawang, memiliki warna merah. Adapun bunga yang keluar pada usia tertentu memiliki warna putih.

Karena daya tumbuhnya yang sangat baik, tidak peduli tempat, suhu, atau pun perlakuan khusus, bawang ini banyak ditanam oleh penggemar herbal di halaman rumah atau pun pot-pot kecil di teras.

Bawang dayak memiliki nama latin eleutherine palmifolia, namun beberapa masyarakat Indonesia menyebutnya dengan nama bawang sabrang, bawang berlian, bawang tiwai, bawang hantu, bawang lubak, atau pun teki sebrang.

Khasiat dan manfaat bawang dayak, sangatlah banyak untuk tubuh. Kandungan yang berkhasiat tersebut terutama terletak pada bagian umbinya. Dalam umbi tanaman bawang dayak tersebut terkandung senyawa fitokimia seperti alkaloid, fenolik, streoid, glikosida, flavonoid, dan tanin.

Beberapa kandungan tersebut bermanfaat bagi tubuh, yaitu sebagai berikut.

1. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk melancarkan peredaran darah.

Kandungan terbaik dalam tanaman bawang dayak terletak pada umbinya. Salah satu fakta pada tanaman ini adalah bahwa umbi bawang dayak mengandung karbohidrat yang memiliki senyawa likosida sehingga dapat memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh manusia. Selain itu, pada penderita diabetes atau gula darah, bawang dayak berfungsi untuk mengurangi kadar gula pada tubuh.

2. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk pernapasan

Umbi bawang ini dikenal dapat menaikkan suhu tubuh dalam level aman jika dikonsumsi rutin. Hal tersebut dapat membuat lendir atau plak pada paru-paru hilang.

Selain itu, benda asing yang ikut terbawa bersama udara pernapasan atau pun makanan yang kurang higenis dapat ditolak, lalu dikeluarkan bersama dahak atau lendir yang keluar lewat batuk.

3. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk menjaga organ reproduksi prempuan

Bawang dayak juga baik dikonsumsi oleh perempuan dari segala umur. Menurut penelitian, kandungan flavanoid dan saponin dalam bawang dayak dapat mengatasi masalah organ intim wanita seperti keputihan, memperlancar datang bulan, membantu membersihkan bagian intim, dan menghilangkan rasa sakit atau kram pada saat datang bulan.

Baca Juga  13 Khasiat Bawang Lanang Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

4. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk melancarkan ASI

Bagi ibu yang sedang menyusui, bawang dayak juga sangat berguna memperlancar air ASI seperti halnya daun katu. Selain itu, bawang dayak juga menurunkan efek tak biasa dari menyusui seperti mual, demam, atau bahkan kaki bengkak. Walaupun, efek tersebut tidak dirasakan oleh semua ibu.

5. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk menguatkan tulang.

Bawang dayak diketahui memiliki banyak kandungan kalsium dan mineral fosfor yang dapat bermanfaat untuk mencegah pengapuran tulang.

Hal ini sangat berharga bagi orang tua yang telah memasuki masa menopause dan rentan terkena osteoporosis. Selain orang tua, bawang dayak juga baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

6. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk mengobati amandel

Penyakit amandel yang sejatinya radang amandel adalah penyakit yang biasanya timbul perlahan. Hingga kini belum ada obat yang mujarap menyelesaikan penyakit ini.

satu-satunya cara yang dapat dilakukan penderita adalah dengan mengurangi peradangannya karena apabila dibiarkan, radang amandel dapat parah dan berbahaya.

Utuk itu, bagi Anda yang mengalami gejala radang amandel, tidak keliru jika mulai menkonsumsi bawang dayak karena tanaman herbal ini dapat mengurangi radang pada amandel.

7. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk mengobati asam urat

Produk bawang dayak yang telah dikeringkan dipercaya dapat dijadikan sebagai obat asam urat. Pada kasus penyakit ini, lebih manjur bila dikonsumsi dalam bentuk minuman atau menyeduh bawang dayak kering selayaknya teh.

8. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk kekebalan tubuh

Bawang ini dipercaya dapat menghalau beragam bakteri dan mikroba yang mungkin masuk melalui saluran pernapasan atau pun saluran pencernaan.

Dengan begitu, penyakit ringan seperti flu, sakit perut, atau pun peradangan pada khususnya saluran pernapasan dapat diatasi.

9. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk mengobati kanker dan tumor

Bawang dayak memiliki anti-oksidan tinggi yang tidak hanya berguna sebagai penangkal penyakit ringan, namun juga ampuh untuk mematikan sel-sel awal kanker dan tumor.

Selain itu, kandungan seperti vitamin C, bawang ini juga ikut serta menambah kekebalan tubuh sehingga sel asing tidak dapat subuh tumbuh begitu saja.

10. Khasiat dan manfaat bawang dayak untuk mengobati penyakit kuning dan hepatitis

Bawang dayang yang dikonsumsi secara rutin dalam berbagai bentuk diyakini memiliki pengaruh pada penyakit kuning dan hepatitis.

Selain beberapa yang telah dijabarkan itu, bawang dayak juga dipercaya dan telah dibuktikan dapat mengobati berbagai penyakit lain akibat bakteri atau virus seperti penyakit sembelit, disentri, bisul, luka sukar mengering, kanker payudara, diabetes, hipertensi, dan hiperkolesterol.

Hal tersebut masih terus diuji laboratorium sehingga nantinya dapat ditentukan dosis yang tepat.

Nah, sahabat, itu tadi adalah beberapa khasiat bawang dayak, manfaat bawang dayak, yang dapat diperoleh apabila kita menkonsumsinya dengan rutin.

Kabar baiknya adalah bahwa sejauh ini belum ditemukan efek samping yang merugikan bagi tubuh apabila kita menkonsumsinya secara rutin.

Baca Juga  Begini Cara Membuat Bawang Putih Hitam Untuk Kesehatan

Selain itu juga, bawang ini telah banyak diolah menjadi bentuk makanan atau pun minuman seperti keripik dan teh sehingga sangat mudah dikonsumsi dalam berbagai situasi serta selera. Nah, Sahabat, cintai terus tanaman herbal dan sehat terus, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *