manfaat infused water lemon
40 Manfaat Infused Water Lemon untuk Tubuh
January 14, 2019
manfaat daun sirih bagi wanita
5 Manfaat daun sirih Bagi wanita dan Cara Menggunakannya
January 14, 2019

Ingin Tahu Manfaat dan Khasiat Brotowali? Simak Ini

khasiat brotowali

Khasiat BrotowaliBrotowali merupakan salah satu tanaman yang biasa dibudidayakan sebagai tanaman obat keluarga. Pada awalnya tanaman ini sebagaimana tumbuhan lainnya tumbuh liar.

Namun ketika sudah diketahui manfaat yang dimiliki oleh tanaman ini, mulai banyak masyarakat yang membudidayakannya dan menanamnya di pekarangan rumah.

Ciri tanaman obat ini antara lain menyukai daerah yang panas, bertulang daun mirip sirih, dengan daun tunggal dan memiliki tangkai. Adapun batang tanaman ini memiliki bintil-bintil yang banyak dan rapat.

Bila dirasakan, batang tanaman ini sangat pahit mirip rasa yang dimiliki daun sambiloto. Besarnya batang ini kadang sebesar jari kelingking sampai telunjuk manusia dewasa. Saat ini jika Anda ingin mengembangbiakkan tanaman ini, cukup dengan proses stek, maka tanaman ini bisa diperbanyak.

khasiat brotowali

Sifat-sifat Tanaman Brotowali

Ada beberapa sifat yang dimiliki oleh tanaman brotowali, yang membuat tanaman ini dipercaya menjadi salah satu tanaman obat bagi keluarga. Kandungan alkaloid berberin dalam brotowali sampai saat ini masih dipercaya sebagai antiseptik dan bisa untuk menyembuhkan luka dengan cara membunuh bakteri.

Selain itu kandungan dalam brotowali yang lain adalah pikroretin, yang merupakan salah satu zat yang bisa digunakan untuk merangsang urat saraf dan juga dapat memperbaiki kerja pernafasan.

Sementara untuk sifat-sifat yang dimiliki oleh tanaman ini sangat beragam. Setidaknya ada lebih dari 5 sifat dari brotowali yang membuat masyarakat semakin yakin akan kandungan herbal yang dimiliki oleh tanaman ini.

Baca Juga  40 Manfaat Infused Water Lemon untuk Tubuh

Adapun sifat-sifat brotowali antara lain yaitu sebagai analgesik atau untuk menghilangkan rasa sakit, sebagai alkaloid atau flavonoid, sebagai antipiretik atau penurun panas, sebagai antioksidan atau melindungi dari radikal bebas, serta sebagai imunologi atau stimulus bagi sistem immune.

Sifat lain yang dimiliki oleh daun brotowali adalah antidepresan yakni bisa digunakan untuk menghambat depresif pada Anda. Kemudian juga bisa sebagai antiporotik yang bisa untuk menguatkan tulang, anti alergi, dan juga bisa sebagai anti neoplastik atau menghindarkan Anda dari penyakit tumor maupun kanker.

Sifat-sifat yang dimiliki brotowali ini akan dapat dirasakan khasiatnya dengan memanfaatkan batang dan daun brotowali.

Cara memanfaatkan daun brotowali sendiri yakni dengan merebus daun-daun muda brotowali dengan beberapa gelas air dan kemudian meminumnya. Khasiat brotowali akan dapat dirasakan dengan rutin meminum air rebusan tersebut.

Meskipun rasanya sangat pahit, tapi itulah yang khas dari batang dan daun brotowali. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun brotowali, ada beberapa manfaat brotowali yang bisa Anda capai, antara lain sebagai berikut:

1. Menambah Nafsu Makan

Anda mungkin sering menemui keadaan diri Anda atau anak atau bahkan saudara yang mengalami penurunan nafsu makan, bahkan tidak ingin memakan sesuatu sama sekali. Hal ini tentu karena banyak sebab, bisa karena sedang sakit atau memang karena nafsu makan sedang tidak ada.

Nah, bagi Anda yang mengalami hal demikian, sangat disarankan mengkonsumsi air rebusan dari batang dan daun brotowali ini. Sebagaimana fungsi temulawak, salah satu khasiat brotowali adalah sebagai penambah nafsu makan. Jadi ini sangat cocok juga untuk Anda yang tengah melakukan program penggemukan.

2. Menyembuhkan Luka

Ternyata daun brotowali juga mengandung alkohol yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan luka dan membunuh bakteri. Caranya yakni tidak dengan direbus, akan tetapi dengan menumbuk beberapa lembar daun, kemudian tinggal menempelkannya ke bagian yang luka. Selain daun, batang brotowali juga bisa digunakan untuk membersihkan luka.

3. Mengobati Penyakit Diabetes

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit mematikan satu ini? Diabetes memang terkenal ganas dalam membunuh orang yang sudah terjangkit kelebihan gula ini. Biasanya jika tidak segera ditangani, penderita diabetes akan berakhir dengan kematian. Dengan rutin mengkonsumsi rebusan brotowali, kadar gula darah Anda akan dapat terkontrol.

4. Menyembuhkan Hepatitis

Hepatitis atau penyakit kuning adalah salah satu penyakit serius yang bisa disembuhkan dengan pengobatan herbal menggunakan rebusan daun dan batang brotowali secara rutin. Dengan mengonsumsi ¾ gelas sebanyak dua kali sehari, Anda akan bisa menghilangkan penyakit tersebut dari tubuh Anda dan keluarga.

khasiat brotowali

5. Mengobati Rematik

Jika Anda mengalami peradangan pada sendi, bisa jadi itu adalah salah satu gejala rematik. Peradangan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, bahkan saat ini usia remaja pun bisa terserang rematik karena pola hidup yang salah.

Untuk meminimalisir gangguan rematik, Anda cukup rutin meminum ½ gelas air rebusan brotowali, baik batang dan daunnya.

Baca Juga  Lupakan Bau, Inilah 5 Khasiat Jengkol dan Manfaat Jengkol

6. Menghilangkan Jerawat dan Mencerahkan Kulit Wajah

Jika Anda menghendaki perawatan wajah yang alami dan anti efek samping, maka mencuci muka dengan air rebusan batang dan daun brotowali ini bisa jadi alternatif.

Dengan rutin menggunakan air rebusan brotowali, sel-sel kulit mati yang ada di wajah, termasuk bekas jerawat dan kusam akan semakin pudar dan menghilang. Tentu dengan perawatan yang rutin, kulit wajah Anda dapat cerah secara alami, tanpa obat-obatan dan tanpa efek samping.

Enam poin di atas hanya sebagian kecil dari segudang manfaat brotowali yang bisa Anda rasakan ketika rutin mengkonsumsinya. Sebagaimana ramuan herbal yang lain, brotowali memang memiliki rasa yang tidak enak di lidah, tapi khasiat brotowali bisa sangat berguna untuk Anda dan anak cucu Anda.

Tidak hanya bagian batang, bahkan daun brotowali bisa sangat mujarab untuk mengobati segala jenis penyakit kulit bahkan penyakit yang berujung kematian seperti tumor ganas dan kanker sekalipun. Manfaat brotowali akan dapat terasa maksimal apabila dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari minimal dua gelas perhari.

Baca Juga  Manfaat Daun Kumis Kucing, Cara Mengolah Hingga Efek Samping

 

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *