minyak urang aring
10 Manfaat Minyak Urang Aring dan Cara Membuat Minyak Urang Aring
September 20, 2018
keramas saat haid
Keramas Saat Haid Dilarang? Apa Sebabnya dan Apakah Bahaya?
September 20, 2018

6 Khasiat Buah Naga Ungu dan Manfaat Buah Naga Ungu

khasiat buah naga ungu

Khasiat Buah Naga Ungu – Banyak orang mengkonsumsi buah naga hanya sebatas menu pelengkap makan siang semata. Tanpa mengetahui manfaat dan khasiatnya. Buah naga merupakan buah-buahan khas tropis yang termasuk dalam rumpun buah nangka. Akan tetapi jika nangka memiliki daging buah berwarna kuning.

Buah naga mempunyai daging buah berwarna ungu, maka disebut buah naga ungu. Selain buah naga ungu, terdapat juga buah naga putih. Perbedaannya terletak pada warna daging buahnya. Selain itu, buah naga ungu harganya lebih mahal dibanding buah naga putih.

Baca Juga  Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah naga ungu awalnya tidak dijadikan santapan manusia. Hanya menjadi tanaman hias dari daerah aslinya Meksiko. Setelah ditemukan manfaat dan khasiatnya oleh para peneliti. Kini, buah naga ungu menjadi santapan yang diolah beraneka macam dan bahkan menjadi bahan kosmetik dan kecantikan.

Buah naga ungu jika disantap akan terasa lezat dan nikmat. Apalagi sekarang sudah tersedia berbagai macam aneka makanan terbuat dari buah naga ungu, seperti jus, puding dan ice cream. Aneka makanan ini cocok diolah untuk menjadi bekal pelengkap buah makan siang. Untuk snack makan di sekolah si kecil. Dibuat jus kemudian disimpan di kulkas untuk diminum saat cuaca panas.

manfaat buah naga ungu

6 Khasiat Buah Naga Ungu dan Manfaat Buah Naga Ungu

Karena banyak dijadikan olahan. Anda harus memahami khasiat dan manfaat buah naga ungu agar tidak menjadi makanan sepintas saja. Khasiat dan manfaat ini berguna untuk asupan nutrisi maupun pendukung gaya hidup sehat dan berikutdi bawah ini adalah khasiat buah naga ungu dan manfaat buah naga ungu bagi kesehatan:

1.Menunjang diet sehat

Buah naga ungu mengandung serat tinggi serta kalori yang rendah. Sehingga cocok untuk diet kesehatan dan kecantikan. Setiap 100 gram buah naga ungu, mengandung 60 kkl sehingga membuat perut terasa kenyang dengan sedikit makan saja.

Pola makan ini cocok bagi mereka yang mengandalkan diet kesehatan dengan memperbanyak makan olahan buah-buahan. Selain itu, buah naga ungu juga mengandung banyak air yang bermanfaat bagi kelancaran saluran pencernaan dan saluran pembuangan sekresi.

Baca Juga  11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

2.Bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui.

Buah naga ungu mengandung folat yang menunjang pertumbuhan janin dan mencegah penyakit anemia yang biasanya terjadi pada ibu hamil dan menyusui. Bagi anak balita yang sudah diperbolehkan makan-makanan padat.

Buah naga ungu bisa menjadi makanan pendamping ASI sebagai varian dari buah-buah lain. Buah naga ungu bermanfaat sebagai penunjang nutrisi perkembangan balita.

3.Mengandung berbagai mineral dan vitamin.

Tubuh memerlukan asupan mineral dan vitamin yang cukup dalam rangka mencapai kondisi hidup sehat dan optimal. Buah naga ungu setidaknya mengandung 3 vitamin dan beberapa mineral. Vitamin meliputi vitamin C, vitamin B3, dan Vitamin B1. Sementara mineral yang terkandung adalah protein, lemak, karbohidrat, kalsium dan besi.

manfaat buah naga ungu

4.Mencegah penyakit-penyakit degeneratif

Penyakit-penyakit degeneratif yang biasanya menyerang usia dewasa atau lansia. Biasanya diakibatkan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit degeneratif meliputi kanker, diabetes, kardiovaskuler, dan osteoporosis.

Mengonsumsi buah naga ungu dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit tersebut. Karena buah naga ungu mengandung antioksidan penguat kekebalan tubuh. Mengandung kalsium untuk pertumbuhan tulang, meningkatkan nafsu makan sehingga menjaga tubuh dari kekurangan gizi dan nutrisi.

Serta mengandung antioksidan yang mencegah penuaan dini dan berfungsi membersihkan sel-sel kulit mati (detoksifikasi). Selain itu, buah naga ungu mengandung kadar gula rendah sehingga tidak menyebabkan diabetes di kemudian hari.

Baca Juga  Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5.Mencegah penyakit thalasemia

Tahukah anda mengenai penyakit thalasemia? Penyakit ini membuat penderitanya cepat merasa lelah dan sering menjangkiti penderita anemia. Penyakit anemia sendiri adalah penakit kekurangan sel darah merah. Sementara thalasemia lebih kepada kelainan protein di dalma sel darah merah. Karena darah mengalami kelainan protein yang membuat kadar oksigen di dalam darah berkurang.

Maka penderita thalasemia akan kekurangan oksigen dalam darahnya. Sehingga merasa cepat lelah dan mengantuk. Bahkan menjadi malas dan tubuh kurang gerak. Buah naga ungu berkhasiat sebagai peningkat kadar hemoglobin dalam sel darah merah (eritrosit). sehingga membuat anda tidak merasa cepat lelah dan mengantuk.

6.Mencegah penyakit batu ginjal.

Anda pasti sering mendengar penyakit batu ginjal. Penyakit yang disebabkan adanya penumpukan endapan di saluran ginjal menuju saluran kencing. Penyakit ini diderita 150 ribu orang per tahun di Indonesia.

Penyebab utamanya adalah kelebihan kalsium, kekurangan serat dari buah-buahan, serta jarang minum air putih. Buah naga ungu selain memiliki serat tinggi, mengandung air juga mengandung potasium untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Jadi jika anda sudah mengetahui khasiat buah naga ungu dan manfaat buah naga ungu. Anda bisa menyisipkan buah naga ungu ke dalam menu makan rutin anda. Menjadi santapan buah makan siang keluarga. Menjadi menu pengganti puding di acara keluarga dan arisan. Atau menjadi bekal makan ke kantor dan anak-anak di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *