cara memancungkan hidung secara alami
Gak Perlu Minder, Ini 6 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami
August 31, 2018
manfaat terong belanda
Manfaat terong Belanda Ini Jarang Diketahui Banyak Orang
September 1, 2018

Khasiat Buah Plum yang Semakin Populer di Mancanegara

khasiat buah plum

Khasiat Buah Plum – Sahabat, apakah kamu sudah tahu atau pernah mengkonsumsi yang namanya buah plum? Untuk kamu yang belum tahu, tidak apa-apa, karena buah yang satu ini memang masih tergolong jarang di Indonesia.

Meskipun demikian, kamu harus segera tahu karena khasiat buah plum banyak untuk dirasakan bahkan telah terkenal di Mancanegera. Kepopulerannya saat ini pun memungkin bahwa buah ini akan membanjiri pasaran. Jadi, ayo cari tahu.

Buah plum dalam bahasa Indonesia disebut sebagai buah prem. Di tempatnya berasal, yaitu daratan Eropa, nama buah ini merujuk pada nama pohonnya yaitu pohon plum. Mungkin ada beberapa dari kamu yang menganggap bahwa buah plum ini bernama lain buah persik, kesemek, atau yang lainnya. Kenyataanya, bukan.

Mengenal buah Plum Lebih Dekat

khasiat buah plum

Buah plum atau dalam nama latinnya adalah kultivar prunus ini merupakan bagian dari genus prunus dan subgenus prunus. Nah, dalam subgenus prunus inilah buah lain seperti persik dan kesemek berada. Jadi, mereka memang masih bersaudara namun tidak sama. Oh iya, selain Eropa, buah plum juga tumbuh dengan baik di Australia. Orang-orang di negara tersebut biasa memanen buah plum pada musim panas.

Bagi orang Eropa, buah plum adalah buah yang cukup terkenal sebagai bahan konsumsisehari-hari. Dalam waktu ke waktu, karena rasanya yang nikmat, buah ini pun cocok bukan hanya bagi orang Eropa namun bagi orang di banyak tempat lainnya, termasuk Indonesia.

Baca Juga  Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui

Selain rasanya yang nikmat serta bentuk dan teksturnya yang unik, buah ini diminati oleh banyak orang karena kandungan nutrisi di dalamnya. Air dan vitamin C sudah langsung dapat ditebak terkandung di dalamnya. Namun, dari nutrisi lain yang terkandung di dalamnya, apa saja khasiat buah plum yang dapat kita peroleh jika mengkonsumsinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Buah plum berasal dari benua Eropa dan sudah dikenal di sana sejak lebih dari 200 tahun yang lalu. Kini, buah Plum yang kaya manfaat ini telah menyebar ke berbagai negara dengan jumlah varietas lebih dari 40 macam. Dari jenis-jenis buah plum yang ada, jenis yang terkenal di antaranya adalah Plum Angelina Burdet, Plum Anna Spath, dan Plum Tsar. Di Indonesia sendiri orang-orang mengenal jenis buah plum dari warnanya, yaitu buah plum merah dan buah plum hitam.

Secara fisik, buah plum termasuk ke dalam golongan buah batu. Hal itu karena buah plum memiliki biji yang sangat keras walaupun pada dagingnya terkandung banyak air. Di bagian luar, buah plum memiliki kulit halus dengan warna yang bermacam-macam, namun umumnya berwarna ungu kemerahan. Pada kulitnya tersebut terdapat semacam lapisan lilin yang membuatnya tidak kering dan keras.

khasiat buah plum
Khasiat Buah Plum yang Semakin Populer di Mancanegara

Nah, dari bentuknya saja sudah tergambar bahwa buah ini memiliki penampilan yang mewah. Selain itu rasanya juga nikmat. Namun, bagaimana kandungan nutrisi di dalamnya?

Dalam uji laboratorium, pada 100 gram buah plum mengandung setidaknya lemak tak jenuh sebanyak 0,3 %, kandungan pottasium sebanyak 4 %, kandungan karbohidrat sebanyak 3%, kandungan sebanyak 5% serat diet, sebanyak 10 gram gula, 1 % protein, 6% vitamin A, 15% vitamin C, zat besi sebanyak 1%, dan 1% magnesium.

Uji laboratorium tersebut juga menjelaskan komposisi lemak jenuh 0% dan kolesterol 0% pada buah plum. Lalu, khasiat apa yang dapat kita peroleh dari kandungan tersebut?

1. Sebagai Antioksidan

Khasiat buah plum yang pertama adalah sebagai antioksidan dan Anda harus coba mengkonsumsi buah yang satu ini jika mudah merasa lesu dan mudah malas untuk beraktifitas.

Bagi beberapa orang yang pernah mengkonsumsi buah plum mengatakan bahwa khasiat buah plum ini dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Hal tersebut beralasan karena kandungan vitamin C yang ada di dalam buah plum. Selain itu, buah plum jug amengandung fitronutrien seperti lutein, zea-xanthin, cryptoxanthun, neochlorogenic, dan chlorogenic acid. Senyawa-senyawa tersebut berkhasiat sebagai antioksidan yang melawan oksigen yang mengandung anion radikal.

Baca Juga  Tak Perlu Ke Dokter, 8 Buah Penurun Tensi Ini Harus Kamu Konsumsi

2. Penurun Berat Badan

Khasiat buah plum yang selanjutnya adalah sebagai penurun berat badan, karena nutrisi yang baik dalam buah plum telah terbukti dapat menangkal sindrom metabolik yang menyebabkan obesitas pada manusia.

Dan hal tersebut karena kandungan flavanoid dan fenolik seperti asam amino klorogenat, anthocyanin, katekin, dan quercetin yang ada dalam buah prem dapat efektif berperan sebagai anti-obesitas dan anti-inflamasi.

3. Mencegah Osteoporosis

Khasiat buah plum yang selanjutnya adalah bisa mencegah osteoporosis, karena selain dinimati selagi masih segar, buah plum juga dapat dinikmati dalam olahan buah plum kering. Ini memang terpegaruh kebiasaan orang Eropa yang gemar mengeringkan buah. Nah, buah plum kering tersebut dapat berkhasiat untuk mencegah osteoporosis.

Buah plum dapat memberi efek anabolik dan anti-repsortif yang artinya juga hal tersebut menjaga kesehatan tulang. Kandungan flavanoid juga dapat menghambat kerusakan jaringan tulang dan persendian. Efek tersebut dapat sangat berguna pada wanita pascamenopause untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, potasium dan polifenol yang ada juga dapat membantu dalam pembentukan jaringan tulang sehingga lebih padat dan kuat.

4. Melancarkan Pencernaan

Khasiat buah plum yang selanjutnya adalah melancarkan pencernaan, karena seperti halnya buah-buahan lain, buah plum mengandung banyak serat yang membuat pencernaan menjadi baik.

Khususnya buah plum kering. Buah plum kering bahkan efektif untuk mengobati sembelit. Hal itu karena di dalam buah pluk kering mengandung zat sorbitol dan isatin. Itu adalah zat yang berfungsi sebagai pencahar serta mendorong cairan dalam usus dan membilasnya dengan lebih efisien.

5. Kesehatan kongnitif

Khasiat buah plum yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan kongnitif dan ini adalah hal yang paling penting bagi Anda yang berumur senior atau 60 tahun ke atas.

Buah plum, menurut penelitian sangat berguna bagi pencegahan penurunan kecerdasan kognitif yang disebabkan oleh usia. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan phytonutrisi yang menyehatkan otak.

Selain itu, kandungan lain seperti Fitonutrien juga dapat mengurangi peradangan dalam proses neutrologi serta meningkatkan fungsi memori dalam otak. Jangan ragu untuk mengkonsumsi buah plum karena dalam pola teratur, buah plum dapat mencegah gangguan pada saraf neurodegenaratif seperti pada penyakit parkinson dan alzhaimer.

6. Pemberantas sel kanker payudara

Khasiat selanjutnya buah plum adalah sebagai pemberantas sel kanker payudara.

Karena menurut penelitian, senyawa fenolik chlorogenic dan neocholorogenic yang terdapat dalam ekstrak buah plum berkhasiat untuk mematikan sel kanker tanpa membunuh sel sehat yang terdapat dalam tubuh. Hal tersebut juga berlaku bagi buah bersubgenus lain seperti buah persik.

7. Menjaga kesehatan janin

Khasiat selanjutnya buah plum adalah Ketujuh, khasiat buah plum sebagai penjaga kesehatan janin.

Bagi ibu hamil, buah plum khususnya buah plum yang berwarna hitam dapat sangat baik untuk dikonsumsi. Hal tersebut karena di dalam buah plum hitam terkandung kalsium dan asam folat yang berfungsi sebagai penjaga pertumbuhkembangan janin.

Nah, dengan khasiat buah plum yang melimpah begitu, apakah Anda ragu untuk memilihnya sebagai pelengkap dalam menu makanan sehat di rumah? Kita doakan juga petani-petani kita supaya dapat mengembangkan bibit dari pohon plum ini sehingga buah plum menjadi bahan makanan yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *