khasiat jengkol
Lupakan Bau, Inilah 5 Khasiat Jengkol dan Manfaat Jengkol
January 8, 2019
manfaat daun kumis kucing
Manfaat Daun Kumis Kucing, Cara Mengolah Hingga Efek Samping
January 10, 2019

7 Khasiat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

khasiat daun kemangi

Khasiat Daun Kemangi – Semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan daun kemangi yang biasa digunakan untuk lalapan ini. Daun yang mempunyai bau yang khas ini juga dipercaya untuk menghilangkan bau mulut, bahkan biasanya daun kemangi ini juga digunakan untuk cuci tangan untuk menghilangkan bau tangan bekas sambal.

Tapi taukah kalian jika daun kemangi mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan yang tidak banyak orang ketahui? Apa sajakah khasiat daun kemangi tersebut?? Daun kemangi mempunyai nama ilmiah Ocium santum L. Daun kemangi kebanyakan dimanfaatkan orang untuk lalapan.

Baca Juga  8 Manfaat Petai Cina Salah Satunya Untuk Kecerdasan Otak

Daun kemangi ini dapat dengan mudah tumbuh subur di daerah tropis, seperti di Indonesia ini. Ternyata dibalik daun kemangi ini tersimpan segudang khasiat yang baik lho untuk kesehatan kita. Di China, daun kemangi ini sudah dimanfaatkan untuk obat tradisonal untuk mengobati infeksi, sakit perut, sengatan serangga, gigitan ular bahkan untuk mengobati kanker.

Apa Sajakah Kandungan Daun Kemangi?

kandungan daun kemangi

Pasti kalian masih penasaran segudang khasiat daun kemangi itu apa saja?? Tentunya sebelumnya kita harus ketahui apa saja sih kandungan dari daun kemangi ini. Daun kemangi ini mempunyai kandungan zat yang sangat bervariasi dan sangat berkhasiat bagi kesehatan kita

Diantaranya adalah daun kemangi mengandung kalori, minyak esensial, serat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalsium, zat besi,mangan, magnesium dan masih banyak lainnya.

7 Khasiat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui

manfaat daun kemangi
Ternyata banyak juga kandungan dari daun yang sering dianggap orang sepeleh sebagai lalapan. Pasti kalian juga penasaran kan apa saja sih khasiat daun kemangi bagi kesehatan? Khasiat daun kemangi bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Menurunkan Kadar Gula Darah

Pasti kalian semua sudah tau kan guys apa efek dari kadar gula darah yang terlalu tinggi melampaui batas normal? Kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit Diabetes mellitus, bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

Baca Juga  Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Aturan Minumnya

Tahukah kalian jika ternyata ada khasiat tersembunyi dari daun kemangi ini? Daun kemangi ini berkhasiat menurunkan kadar gula darah, kandungan zat yang ada di dalam daun kemangi ini dapat membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Jadi bagi penderita diabetes bisa mencoba mengkonsumsi daun kemangi secara teratur untuk menurunkan kadar gula darah.

B. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah stau organ vital yang benar-benar harus dijaga. Pola makan yang tidak baik dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi lho guys. Karena daun kemangi ini mengandung banyak beta karotein, magnesium dan masih banyak mineral lainnya yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Oleh karena itu mulai sekarang kita bisa menjaga kesehatan jantung kita dengan rutin olahraga, menjaga pola makan yang sehat serta rutin mengkonsumsi kemangi ya guys.

C. Sebagai Antioksidan

Taukah kalian jika khasiat daun kemangi lainny adalah sebagai antioksidan? Daun kemangi ini kaya akan kandungan antioksidan lho guys. Oleh karena itu khasiat daun kemangi ini adalah untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Sehingga radikal bebas tersebut tidak akan berkembang di dalam tubuh. Antioksidan yang ada di dalam daun kemangi ini diantaranya adalah flavonoid dan eugenol. Kedua antioksidan ini sangat berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan virus, bakteri dan jamur yang masuk ke dalam tubuh. Mulai sekarang jangan malas-malas untuk mengkonsumsi daun kemangi ya

D. Melancarkan Aliran Darah

Khasiat daun kemangi selanjutnya adalah untuk melancarkan aliran darah. Lancar tidaknya lairan darah juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena aliran darah yang tidak lancar dapat berdampak buruk bagi kesehatan, diantaranya adalah dapat menyebabkan henti jantung atau stroke karena otak tidak tersuplai ng ada oksigen darah secara lancar.

Baca Juga  8 Daftar Sayuran Penurun Darah Tinggi Yang Wajib Konsumsi

Khasiat daun kemangi untuk melancarkan aliran darah ini disebabkan karena kandungan magnesium yang tinggi di dalam daun kemangi. Magnesium ini akan merefleksikan jantung dan pembuluh darah sehingga aliran darah akan menjadi lancar dan semua organ tubuh akan tersuplai oksigen secara lancar. Jadi, mulai saat ini yuk guys rutin konsumsi daun kemangi agar aliran darah kita lancar.

E. Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Bicara tentang pertumbuhan tulang pasti kita akan berpikir untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kalsium dan fosfor kan guys. pasti yang terpikir di benak kalian adalah mengkonsumsi susu atau makanan lainya yang kaya akan kalsium dan fosfor.

Tapi taukah kalian jika daun kemangi ini juga berkhasiat membantu pertumbuhan tulang lho guys. Daun kemangi yang sering dianggap remeh hanya untuk lalapan ternyata punya khasiat tersembunyi untuk membantu pertumbuhan tulang kita. Daun kemangi ini kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang.

Selain itu daun kemangi ini juga mengandung astenol dan boron yang sangat berkhasiat untuk merangsang fungsi kerja dari hormone estrogen dan endrogen serta untuk mencegah pengroposan tulang. Gimana apa masih ragu untuk konsumsi daun kemangi setiap hari?? Banyak banget kan khasiat dari daun kemangi ini.

F. Memperkuat Masa Hidup Sperma

Taukah kalian jika khasiat daun kemangi lainnya adalah untuk memperkuat masa hidup sperma? Masa hidup sperma ini nantinya sangat mempengaruhi proses pembuahan. Karena masa hidup sprema yang terlalu pendek juga akan menyulitkan terjadinya proses pembuahan. Karena agar terjadi proses pembuahan maka sperma harus mampu bertahan hidup di dalam rahim untuk menunggu pelepasan sel telur.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Oleh karena itu masa hidup sprema ini sangat diperhatikan. Khasiat daun kemangi untuk memperkuat masa hidup sprema disebabkan kandungan zat arginine yang ada di dalam sperma. Zat arginine ini berfungsi untuk memperkuat masa hidup sperma sehingga dapat mencegah terjadinya kemandulan. Jangan ragu lagi untuk banyak konsumsi daun kemangi ya guys.

G. Menurunkan Asam Urat

Kalian pasti tau kan apa akibatnya jika asam urat terlalu tinggi. Pasti tubuh akan terasa berat dan persendian akan terasa berat, biasanya sangat mudah dirasakan pada kaki yang akan terasa berat dan ngilu ketika digunakan untuk jalan. Tapi taukah kalian jika asam urat yang terlalu tinggi dapat diturunkan dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi?

Karena di dalam daun kemangi ini banyak mengandung cineole, myrcene dan eugenol yang berfungsi sebagai antiperadangan dan antibiotic yang dapat menurunkan asam urat.

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *