manfaat bawang putih tunggal
9 Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan
October 30, 2018
cara meniruskan pipi
Lupakan Operasi Plastik, Ini 11 Cara Meniruskan Pipi Dengan Mudah
October 30, 2018

Luar Biasa, Ini 8 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh

khasiat daun pegagan

Khasiat Daun Pegagan – Daun pegagan sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak dulu, namun tidak banyak orang yang tahu khasiat dari daun pegagan.

Padahal di negara – negara seperti India, Tiongkok, Pakistan dan sebagian negara di Eropa Timur sudah memanfaatkan daun pegagan ini sejak ribuan tahun yang lalu.

Daun yang memiliki nama ilmiah Centella asiatica berasal dari daerah Asia Tropik dan Daun ini bisa tumbuh subur di daerah yang berawa dan lembab.

Daun pegagan dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membersihkan darah serta melancarkan urin.

Baca Juga  Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu dan Cara Pengobatannya

Di Indonesia daun pegagan cukup dikenal di beberapa daerah. Masing – masing daerah menyebut daun ini dengan nama yang berbeda. Misalnya saja orang Jawa menyebutnya ganggagan atau antanan, sedangkan orang Sunda menyebutnya antanan gede.

Di daerah lain pun daun ini memiliki nama – nama yang berbeda. Daun pegagan berbentuk bulat dengan batang lunak, beruas dan menjalar. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 1 meter. Bagian tumbuhan yang paling sering dimanfaatkan adalah daunnya.

khasiat daun pegagan

Luar Biasa, Ini 8 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh

Daun pegagan mengandung berbagai bahan aktif diantaranya mineral, asam bebas, vitamin B dan C, senyawa triterpenoid glycoside. Triterpenoid ini berperan aktif dalam proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan daun pegagan yang lain juga berperan memberikan efek penenang, antidepresan dan anticemas.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Asiatosida yang terdapat di dalam daun pegagan berguna untuk memperbaiki sel – sel kulit, merangsang pertumbuhan rambut, kuku dan jaringan ikat. Sedangkan glikosida saponin yang juga terkandung dalam daun pegagan dapat meredakan nyeri.

Dengan berbagai kandungan tersebut daun pegagan dipercaya memiliki khasiat yang menyehatkan bagi tubuh. Khasiat – khasiat daun pegagan diantaranya sebagai berikut :

1. Menyembuhkan Luka

Dikutip dari laman organicfacts.net, daun pegagan mengandung saponin dan senyawa organik lainnya yang berkhasiat merangsang penyembuhan luka.

Senyawa dari khasiat daun pegagan ini merangsang aliran darah ke sel serta melindungi kulit dari infeksi. Daun pegagan ini dapat Anda gunakan sebagai metode luar menyembuhkan luka, karena daun ini juga dapat membantu menghentikan pendarahan pada luka.

2. Menyembuhkan Luka Bakar

Daun pegagan memiliki sifat antibakteri, antivirus dan antiinflamasi. Ketika Anda mengalami luka bakar, Anda dapat memanfaatkan daun pegagan ini. Khasiat daun pegagan mampu mengobati luka bakar pada kulit. Selain itu daun pegagan juga dapat meningkatkan suplai darah ke area yang terluka.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Zat antiinflamasi yang terkandung di dalam daun pegagan menjadikan khasiat daun pegagan ini mampu meredakan nyeri sendi dan mengurangi rasa sakit akibat nyeri sendi.

4. Membantu Mengatasi Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan luka pada dinding lambung yang menyebabkan rasa nyeri pada lambung serta mual dan kembung. Khasiat daun pegagan dapat mempercepat penyembuhan tukak lambung.

khasiat daun pegagan

5. Meningkatkan Daya Ingat

Daun pegagan memiliki khasiat yang dapat meningkat kan daya ingat dan Khasiat daun pegagan ini melancarkan aliran darah pada pembuluh otak dan memberikan efek positif bagi daya rangsang saraf otak.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Sehingga dengan mengonsumsi daun pegagan secara rutin kemungkinan besar dapat mempertahankan daya ingat dan mencegah kepikunan.

6. Melancarkan Buang Air Kecil

Kesulitan buang air kecil bisa disebabkan adanya bakteri yang menghambat saluran kencing. Daun pegagan bersifat antibakteri sehingga khasiat daun pegagan dapat mengatasi bakteri tersebut dan melancarkan buang air kecil.

7. Mengurangi Kecemasan

Sebuah riset yang dilakukan peneliti India untuk meneliti adanya efek dari daun pegagan terhadap gejala kecemasan. Uji coba ini dijalani oleh 33 orang yang dijadikan subjek tes yang diberikan 2 kapsul ekstrak pegagan 500 miligram tiap hari selama 60 hari.

Kemudian para peneliti mengamati peserta tes selama periode tersebut. Dari uji coba tersebut didapatkan hasil bahwa daun pegagan mampu mengurangi kecemasan.

8. Melancarkan Peredaran Darah

Daun pegagan mengandung senyawa triterpenoid yang berguna membantu memperlancar proses peredaran darah. Mengonsumsi daun pegagan dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan tersumbatnya pembuluh darah.

Baca Juga  Penyebab Anyang Anyangan Dan Cara Mengatasi Anyang Anyangan

Daun pegagan kerap dijadikan lalapan atau sayur. Karena berbagai khasiat yang dimiliki daun pegagan, belakangan ini daun pegagan dijadikan teh pegagan. Teh pegagan saat ini banyak dijual dalam bentuk teh tubruk maupun teh celup.

Jika Anda ingin mendapatkan khasiat daun pegagan tapi tidak mau ribet mengolahnya, coba saja teh pegagan dan rasakan manfaatnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *