penyebab penyakit difteri
Penyebab Penyakit Difteri, Infeksi Mematikan yang Harus Dihindari
November 10, 2018
cara mengusir tikus dari rumah
Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Mengenal Sifatnya
November 12, 2018

Khasiat Daun Sambiloto Untuk Menggobati Pilek Hingga Jantung

khasiat daun sambiloto

Khasiat Daun Sambiloto – Tanaman Sambiloto atau yang lebih sering disebut Daun Sambiloto (karena yang umum dimanfaatkan adalah bagian daunnya) dikenal sebagai salah satu tanaman obat. Tanaman ini memiliki bentuk sebagai terna tegak yang bisa mencapai tinggi 90 cm.

Tanaman ini diperkirakan berasal dari daratan Asia yang beriklim tropis, karena hingga kini penyebaran alaminya ada di sekitar India, Malaysia, dan Indonesia dengan daratan ketinggian di atas 700 mdpl.

Baca Juga  Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC

Masyarakat tropis pun memiliki nama-nama tersendiri untuk menyebut tanaman sambiloto ini, misalnya disebut sambilata oleh orang-orang Melayu, ampadu tanah oleh orang Sumatera Barat, bidara oleh orang-orang Jawa Tengah, pepaitan oleh orang-orang Madura, Ki Orae di Sunda, dan chuan xin lien oleh orang-orang di Cina.

khasiat daun sambiloto
5 Khasiat Daun Sambiloto Untuk Menggobati Pilek Hingga Jantung

Secara tradisional, sambiloto digunakan dalam pengobatan radang, susah buang air kecil, panas badan atau antipiretika, sakit perut, tifus, kencing manis, dan ampuh juga untuk menetralisir racun. Faktanya, tanaman sambiloto memang memiliki kandungan kalium yang dapat berguna dalam menurunkan tekanan darah.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Selain khasiat daun sambiloto yang telah diketahui sejak dulu, seperti yang ada di atas, berikut ini adalah khasiat daun sambiloto yang lainnya.

1. Mengatasi masalah ringan, seperti pilek dan demam

Dauan sambiloto memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat bermanfaat dalam mencegah banteri dan virus berkembang di dalam tubuh. Efeknya adalah kekebalan tubuh yang terjaga. Kondisi yang biasa dialami seperti pilek, masuk angin, demam, sakit tenggorokan, dsb. akan semakin berkurang resikonya.

2. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Dia farmatologi telah membuktikan bahwa dengan sambiloto dapat menurunkan kadar gula glukosa sehingga menyebabkan efek hipoglikemik dan hipolipidemik. Hal tersebut karena di dalam daun sambiloto terdapat senyawa andrographolide yang ampuh mengatasi masalah gula darah tinggi.

3. Menyehatkan Jantung

Khasiat daun sambiloto Tanaman sambiloto yang diolah menjadi ekstrak dapat berguna dalam mencegah pembentukan gumpalan darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Selain itu, daun sambiloto juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yang akan membuat jantung sehat.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun sambiloto juga berperan dalam melemaskan otot-otot pembuluh darah yang secara langsung akan membantu menormalkan tekanan darah.

khasiat daun sambiloto

4. Mengatasi Masalah Infeksi

Salah satu khasiat daun sambiloto yaitu datang dari sifatnya yang antivirus, antibakteri, dan antiparasit yang tentu sangat baik dalam menyembuhkan infeksi karena beberapa faktor, misalnya sinusitis. Ekstrak daun sambiloto dapat menghambat dan menghentikan kerja bakteri yang akan menyebabkan penyakit sinusitis.

Selain itu, penyakit-penyakit infeksi yang diketahui tidak ringan juga dapat dibantu dengan tanaman sambiloto. Beberapa penyakit seperti lepra atau kusta, herpes kulit, tuberkulosis, infeksi paru-paru pneumonia, penyakit seks gonore, sifilis, malaria, leptospirosis, rabies, bahkan juga HIV/ AIDS.

Dalam cara kerjanya mengobati HIV, tanaman sambiloto akan meningkatkan jumlah sel darah merah yang biasanya terkikis seiring memburuknya kekebalan tubuh pasien HIV.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Daun sambiloto juga baik dalam memelihara kesehatan pencernaan. Masalah-masalah seperti diare, sakit perut, kembung, sembelit, kolik, dsb. dapat teratasi. Sistem ekskresi juga akan terpengaruh oleh daun sambiloto ini dalam menyembuhkan beberapa penyakit hati seperti sakit kuning dan pembengkakan.

Baca Juga  Luar Biasa, Ini 8 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai khasiat daun sambiloto yang baik bagi kesehatan. Cara hidupnya yang mudah memungkinkan apabila akan ditanam di pekarangan atau kebun herbal. Namun, dalam penggunaannya Anda harus betul-betul tahu dosis agar mendapat khasiat daun sambiloto optimal.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *