daun gedi
23 Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya
August 15, 2018
manfaat minyak zaitun mustika ratu
Manfaat Minyak Zaitun Mustika Ratu Untuk Rambut dan Kulit
August 16, 2018

Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

khasiat daun seledri

Khasiat Daun Seledri – Umumnya daun seledri hanya dipakai sebagai pelengkap bahan masakan. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata banyak khasiat daun seledri yang belum Anda tahu?

Daun seledri dengan nama latin Apium graveolens L. merupakan tumbuhan yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada jaman penjajahan Belanda. Daun seledri mudah didapatkan dimana saja, karena tumbuhan tersebut dapat hidup di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Baca Juga  23 Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Biasanya sayuran akan kehilangan vitaminnya setelah dimasak, namun berbeda dengan daun seledri. Vitamin pada daun seledri tetap ada sebesar 80 % setelah dimasak.

Daun seledri mengandung beragam vitamin dan mineral yaitu asam amino esensial, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, asam volat dan vitamin K. Untuk kandungan mineral daun seledri terdiri dari kalsium, potassium, natrium, zat besi, fosfor dan magnesium.

 khasiat daun seledri

Khasiat daun seledri untuk kesehatan

Banyaknya khasiat daun seledri menjadikan daun seledri dimanfaatkan untuk kesehatan, diantaranya untuk :

1. Menurunkan kadar kolestrol
Daun seledri mengandung nutrisi yang dapat memecahkan zat kolestrol yang menjadi pemicu penyumbatan dalam aliran darah.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Seseorang yang menderita darah tinggi bisa mengonsumsi daun seledri secara rutin. Dikarenakan daun seledri mengandung zat flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Mencegah kanker
Dalam kandungan daun seledri terdapat flavonoid jenis leutolin yang berfungsi menghambat sel kanker.

4. Meredakan nyeri haid pada wanita
Dari beberapa penelitian, konsumsi seledri bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri pada saat haid.

5. Mengatasi rematik
Kandungan vitamin dan mineral pada daun seledri ternyata bisa membantu mengurangi zat purin pada persendian. Zat purin biasanya memicu peningkatan asam urat dalam tubuh.

Baca Juga  Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui

6. Membantu mengatasi anemia
Zat besi yang terkandung dalam daun seledri membuat daun seledri memiliki kemampuan mencegah dan menyembuhkan anemia

7. Membantu menurunkan berat badan
Nutrisi yang terkandung dalam daun seledri dipercaya mampu menekan rasa lapar. Dengan kemampuan tersebut, seseorang yang mengonsumsi daun seledri dapat mengontrol nafsu makan. Dengan khasiat daun seledri ini bisa membantu saat program diet.

8. Mencegah mata kering
Vitamin A yang terdapat pada daun seledri membantu menyehatkan mata dan mengatasi mata kering.

9. Membantu menyehatkan ginjal
Kandungan nutrisi pada daun seledri membuat ginjal menjadi lebih mudah menyaring dan mengeluarkan toksin dalam tubuh.

10. Membantu mengatasi dehidrasi
Nutrisi yang ada pada daun seledri mampu mengganti cairan tubuh yang hilang. Para atlet bisa memanfaatkan daun seledri untuk mengganti cairan elektolit tubuh yang hilang.

Khasiat daun seledri untuk kecantikan

 khasiat daun seledri
Selain banyak manfaatnya untuk kesehatan ternyata ada juga khasiat daun seledri untuk kecantikan.
Manfaat daun seledri untuk kecantikan yaitu:

1. Membantu menyuburkan rambut
Kandungan vitamin yang tinggi pada daun seledri dapat membantu menyuburkan rambut yang rusak karena pemakaian shampo atau paparan sinar matahari. Penggunaan daun seledri pada rambut membuat akar rambut semakin kuat dan rambut tidak mudah rontok.

2. Membantu mencegah penuaan dini
Efek radikal bebas bisa menyebabkan penuaan dini. Namun vitamin – vitamin yang terkandung dalam daun seledri seperti vitamin A, B5, B6, C dan E dapat membantu mengendurkan ketegangan saraf dan pembuluh darah di sekitar wajah dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga  5 Cara Memperkecil Payudara yang Alami dan Efektif

3. Membantu mengontrol kelebihan minyak pada wajah
Daun seledri yang dicampur dengan jeruk nipis dapat dijadikan masker untuk wajah.

Walaupun seledri memiliki banyak manfaat, namun untuk kondisi – kondisi tertentu seseorang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun seledri. Beberapa kondisi tersebut yaitu : seseorang yang mempunyai riwayat reaksi alergi, adanya kelainan pendarahan, gangguan ginjal, menderita tekanan darah rendah atau ketika akan melakukan operasi.

Di samping itu, untuk wanita yang sedang hamil disarankan membatasi asupan daun seledri karena risiko kontraksi rahim dapat menyebabkan keguguran. Sedangkan untuk wanita menyusui, belum diketahui dengan jelas efek seledri pada ASI.

Daun seledri memang banyak sekali manfaat dan khasiatnya, namun kita tetap harus bijak dalam penggunaannya karena bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Artikel Terkait

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *