cara menghilangkan kutu dan telurnya
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya yang Wajib Dicoba
January 2, 2019
manfaar daun kenikir
Luar Biasa Inilah 13 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan
January 4, 2019

8 Khasiat Pinang Muda Untuk Kesehatan dan Kecantikan

khasiat pinang muda

Khasiat Pinang Muda – Pinang muda atau Areca catechu juga dikenal dengan nama penang, jambe enom, wua, dan banyak nama lainnya di berbagai daerah merupakan buah pinang yang masih berusia muda.

Perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya pinang muda berwarna hijau kekuningan, semakin tua buahnya, warnanya akan berubah menjadi kemerahan dan kecoklatan.

manfaat buah pinang muda
8 Khasiat Pinang Muda Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain itu tahukah Anda bahwa ternyata pinang muda memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Mau tahu apa saja khasiat pinang muda untuk kesehatan dan kecantikan? Yuk simak penjelasan di bawah ini

1. Mencegah Gigi Keropos

Khasiat pinang muda yang sudah terbukti sejak dulu adalah dapat mencegah gigi keropos. Dulu, pinang muda dijadikan bahan campuran kapur sirih yang dipakai untuk menginang. Pinang muda langsung dikunyah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dapat dilihat orang tua yang rajin menginang, giginya tetap utuh meskipun sudah lanjut usia.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

2. Mengatasi Nyeri Sendi

Khasiat pinang muda yang kedua adalah dapat digunakan untuk mengatasi nyeri sendi. Cara memanfaatkannya sangat mudah. Pertama, cuci pinang muda sampai bersih kemudian parut pinang muda. Campurkan air dan gula secukupnya pada parutan pinang muda. Lalu rebus campuran tersebut hingga mendidih.

Setelah mendidih, saring air rebusan pinang muda menggunakan saringan teh. Minum air rebusan secara rutin untuk mengatasi nyeri pada sendi.

3. Mengobati Gatal-Gatal di Kulit

Pinang muda juga dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Caranya pun cukup mudah. Pertama, cuci pinang muda sampai bersih kemudian parut pinang muda sampai halus. Oleskan parutan pinang muda ke bagian tubuh yang mengalami gatal-gatal.

Diamkan sebentar sampai meresap, kemudian bilas menggunakan air bersih. Pinang muda memiliki efek rasa hangat pada kulit, bagi yang tidak menyukainya, bisa mencari alternatif lain.

4. Mengatasi Sakit Pinggang

Khasiat pinang muda selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Sakit pinggang dapat terjadi apabila seseorang terlalu lama duduk atau mengalami kelelahan. Caranya memanfaatkannya cukup mudah. Pertama, sediakan 2 pinang muda kemudian belah. Selanjutnya rebus pinang muda yang telah dibelah ke dalam dua gelas air.

Tambahkan sedikit kunyit yang telah digeprek dan sedikit gula aren atau gula pasir. Rebus air sampai mendidih dan air rebusan berkurang kira-kira menjadi satu gelas saja. Saring air rebusan menggunakan saringan teh. Air rebusan tersebut dapat diminum dua kali sehari untuk mengatasi sakit pinggang.

Baca Juga  Wajib Tahu, Inilah 8 Fungsi Cuka Apel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Selain pinang muda, daun pinang juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Caranya yaitu dengan menghaluskan daun pinang lalu mengoleskannya pada pinggang secara teratur sebelum tidur.

manfaat pinang muda

5. Mengobati Cacingan

Khasiat pinang muda selanjutnya adalah untuk mengobati cacingan. Cacingan dapat menginfeksi orang pada segala usia, namun cacingan lebih sering menginfeksi anak-anak. Cara menggunakannya yaitu rebus seperempat pinang muda, setengah jari kunyit dan setengah jari temulawak yang telah digeprek.

Rebus hingga mendidih kemudian saring. Untuk mengobati cacingan, minum air rebusan secara rutin.

6. Menghilangkan Tanda-tanda Penuaan Dini

Khasiat pinang muda yang paling sering dimanfaatkan adalah untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Caranya yaitu dengan mengiris beberapa buah pinang muda, kemudian dijemur sampai benar-benar kering.

Setelah kering, tumbuk atau blender pinang muda sampai halus dan berbentuk tepung. Campur tepung pinang muda dengan air dan gunakan sebagai masker wajah dan leher. Diamkan kurang lebih selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Khasiat pinang muda untuk kecantikan selanjutnya dapat mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakannya yaitu dengan menjadikan pinang muda sebagai masker. Pertama, parut pinang muda sampai halus. Campur parutan pinang muda dengan sedikit air sampai berbentuk pasta.

Oleskan pasta ke area wajah dan leher secara merata. Diamkan selama kurang lebih sepuluh menit, kemudian pijat perlahan kira-kira dua menit. Bilas wajah menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Mengobati Jerawat

Khasiat pinang muda sangat dipercaya untuk mengobati jerawat. Pinang muda juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya jerawat. Caranya cukup mudah yaitu dengan rutin menggunakan bedak pinang muda.

Baca Juga  Penyebab Serta Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Cara membuat bedak pinang muda yaitu dengan menumbuk biji pinang muda, tepung beras, temu giring, dan kencur. Tambahkan sedikit air, kemudian jemur hingga menjadi bedak. Bedak pinang muda dapat digunakan seperti bedak atau dijadikan masker dengan menambahkan sedikit air sebelum tidur, kemudian bilas pada pagi hari dengan air yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis.

Nah, itu tadi 8 khasiat pinang muda untuk kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba dan semoga saja artikel yang Kami berikan dapat bermanfaat yah.

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *