Jerawat di Jidat
4 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Jidat Dalam Semalam
October 2, 2018
Daun Meniran, Si Gulma yang Kaya Khasiat
October 3, 2018

Jangan Dibuang, Ini 7 Khasiat Teh Basi Untuk Kesehatan Kulit

khasiat teh basi

Khasiat Teh Basi – Jangan pernah membuang teh yang telah basi, karena di sana banyak terkandung khasiat untuk mempercantik kulit Anda. Para wanita selalu mengidam-idamkan kulit yang sehat, bercahaya dan putih. Anda bisa mendapatkan kulit impian hanya dengan menggunakan teh basi. Jadi jangan membuang teh basi yang belum Anda campur dengan gula atau bahan lainnya.

Teh yang telah basi memiliki kaya kandungan polifenol yaitu sebuah senyawan yang dikenal dengan EGGG. Kandungan di dalam teh basi sendiri lebih banyak vitamin C hingga 500 kali lipat lebih dibandingkan dengan berbagai macam jenis jeruk.

Baca Juga  Penyebab Cantengan dan Cara Mudah Mengatasinnya

Kandungan vitamin selain C yang bisa dimanfaatkan oleh kulit adalah vitamin A dan E yang sangat baik memberikan nutrisi pada kulit kering Anda.

khasiat teh basi

Jangan Dibuang, Ini 7 Khasiat Teh Basi Untuk Kesehatan Kulit

Mungkin kebanyakan orang akan membuang kantung teh yang sudah tidak digunakan lagi, karena mereka tidak mengetahui bahwa ternyata teh basi bisa digunakan untuk hal lain salah satunya untuk kesehatan kulit.

Ingin tahu lebih lengkap bagaimana Anda dapat memanfaatkan teh yang telah basi untuk mememilhara kulit dan merasakannya secara langsung? Berikut ini penjelasannya:

1. Kulit wajah lebih cerah

Memiliki kulit yang kusam dan kering adalah hal yang paling dihindari terlebih pada saat cuaca sedang panas atau Anda yang bekerja di ruang ber AC. Handbody saja tidak cukup untuk memberikan kelembaban dari kulit. Dengan teh basi Anda akan mendapatkan manfaat alaminya. Cara untuk menggunakannya agar kulti wajah lebih cerah dan kencang adalah menggunakannya sebagai masker.

Gunakan teh yang daun teh yang telah basi dan letakan pada wajah Anda. Jangan takut karena teh basi ini mengandung vitamin E tinggi dan dibutuhkan oleh wajah Anda yang kering. Lakukan dua hingga tiga kali selama satu minggu.

2. Kulit lebih kencang

Ketika usia sudah bertambah maka kekencangan kulit di seluruh bagian tubuh akan mengendur. Khasiat teh basi yang lainnya untuk kulit adalah membuatnya kencang kembali. Anda yang sering berolahraga akan lebih mudah merasakan khasiatnya dengan menggunakannya ke seluruh tubuh.

Baca Juga  Tidak Sekedar Tanaman Liar, Inilah Manfaat Enceng Gondok

Caranya gunakan daun teh basi sebagai masker ke seluruh tubuh terutama pada bagian yang kendur. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas. Anda bisa melakukannya tiga kali seminggu.

3. Mengurangi resiko jerawat

Bagi Anda yang memiliki banyak jerawat pada wajah atau pada bagian tubuh lainnya jangan khawatir karena teh basi dapat mengobatinya. Jerawat yang sering timbul akibat debu dan kotoran yang banyak menempel selain itu juga masalah hormon.

Jika kulit kotor maka antioksidant dariteh basi akan mengatasinya. Tempelkan teh basi pada seluruh bagian kulit yang ditumbuhi jerawat kemudian tunggu beberapa menit. Bilas daun teh dan Anda bisa merasakan berkurangnya peradangan kulit akibat jerawat. Anda bisa melakukannya setiap hari hingga jerawat berkurang.

khasiat teh basi

4. Menghilangkan mata panda

Tidur terlalu larut malam atau Anda yang suka begadang untuk menyelesaikan pasti sering merasakan masalah ini. Memang banyak obat yang dapat digunakan untuk mengatasi mata panda namun lebih murah dan praktis jika Anda menggunakan teh basi untuk mengatasinya. Jika Anda memiliki teh celup bekas Anda bisa meletakannya pada bagian mata panda.

Kompreslah pada bagian tersebut atau meletakannya di atas mata yang tertutup. Lakukan ini hingga mata panda sudah mulai berkurang. Apabila Anda ingin hasil yang segar maka Anda bisa mendiamkan kantung teh basi ke dalam lemari es baru kemudian digunakan. Efek dingin dari es juga akan menyegarkan mengecilkan kantung mata Anda.

5. Membersihkan kulit wajah

Siapa bilang membersihkan kulit wajah harus selalu menggunakan sabun cuci pembersih? Anda bisa menggunakan teh basi untuk membersihkan kulit. Kandungan vitamin C dan anti inflamasi akan memebrsihkan kulit wajah dari kotoran dan juga debu.

Cara melakukannya adalah dengan air teh basi dan cuci wajah Anda menggunakannya. Lakukan cara ini pada saat pagi atau pada malam ketika Anda akan tidur. Bakteri dari kotoran akan terangkat dan hilang. Setelah Anda melakukannya beberapa kali wajah juga akan terasa sejuk.

Baca Juga  Daun Pohpohan yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

6. Tabir surya

Kulit yang terkena sina UV terlalu sering tidak sehat dan meningkatkan resiko kanker kulit. Bagi Anda yang sering bekerja di luar ruangan maka pastikan Anda menggunakan pelindung untuk kulit. Pelindung ini bisa berwujud variasi salah satunya adalah teh basi.

Menggunakan ini justru akan mengurangi resiko kanker karena banyaknya bahan kimia yangbiasanya terdapat pada lotion anti tabir surya yang banyak dijual di toko. Caranya adalah dengan membasuh kulit Anda menggunakan air teh basi sebelum Anda melakukan kegiatan di luar ruangan dan terkena sinar matahari sevara langsung.

7. Meredakan kemerahan pada kulit

Ketika kulit terkena sinar matahari atau terkena udara panas dalam ruangan maka kemerahan akan muncul. Gigitan serangga atau bekas luka yang menimbulkan kemerahan juga bisa menjadi penyebabnya. Jika Anda mengalami masalah ini maka Anda bisa mengatasinya dengan teh basi.

Khasiat teh basi untuk meredakan kemerahan pada kulit bisa dilakukand engan cara mengoleskan bagian kemerahan dengan air teh basi. Anda bisa enggunakan kain atau kapas dalam tahapan aplikasinya. Cara ini perlu dilakukan secara rutin jika perlu setiap hari hingga kulit Anda berubah menjadi mulus dan menghilangnya bekas kemerahan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *