gusi bengkak bernanah
5 Cara Murah Meriah Mengobati Gusi Bengkak Bernanah
September 21, 2018
cara mengolah buah mengkudu
Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Makanan
September 21, 2018

Mengenal dan Tahu Khasiat Terong Belanda

Khasiat terong belanda – Sahabat, apakah Anda sudah mengenal baik terong atau terung belanda yang kaya khasiat? Jika belum, Anda dapat mulai mempertimbangkan tanaman ini menjadi salah satu penghuni di kebun herbal Anda atau sekedar tanaman penghias halaman depan rumah. Sebab apa? Sebab tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali khasiat. Nah, sahabat, mari mengenal tanaman terong belanda dan khasiat terong belanda!


Tanaman terong belanda memiliki nama ilmiah solanum bataceum. Buahnya yang memiliki bentuk berbeda dari kebanyakan jenis terong ini, yang lebih menyerupai bentuk lemon, memiliki warna hijau ketika muda dan kuning kemerahan ketika matang. Pada bagian tengah buah terdapat corak garis khas berwarna ungu. Namun demikian, beberapa jenis terong belanda memiliki warna utama lain seperti ungu dan merah dengan corak hijau muda.

Karena keragaman warna itu juga buah ini sering dijadikan tanaman hias. Berbeda dengan jenis terong seperti terong ungu atau pun terong gelatik, terong belanda ini umumnya disebut sebagai buah, bukan sayur-sayuran. Walaupun demikian, tanaman yang bernama sama dengan buahnya ini juga satu klasifikasi dengan terong lain yang kita kenal sebagai sayuran. Dalam klasifikasi ilmiahnya, terong belanda atau solanum bataceum berasal dari kerajaan plantae, be-rordo solanales, berfamili solanaceae, bergenus solanum, dan berspesies S. Betaceum.

Di Indonesia, penamaan tanaman dan buah yang satu ini didasari oleh pembawa persebarannya. Tetapi, walaupun masyarakat lokal menyebutnya sebagai terong belanda, sebenarnya tanaman jenis terong-terongan ini berasal Amerika Latin, tepatnya dari wilayah Amazon. Penamaan masyarakat lokal tersebut dikarenakan tanaman ini memang pada awalnya dibawa oleh kolonial Belanda.

Pada tahun 1941, ketika saat itu Indonesia masih di bawah penjajahan Belanda, buah terong-terongan ini dikembangkan di daerah Bogor, Jawa Barat oleh masyarakat Belanda yang bertugas di Hindia Belanda. Sejak saat itulah terong belanda menyebar ke seluruh nusantara. Selain Indonesia, terong belanda banyak ditemukan juga di daratan sekitar sungai Amazon, Peru, dan beberapa negara tropis lainnya.


Tanaman ini memang sangat mudah berkembang biak. Kandungan isi pada buah tanaman terong belanda yang banyak menjadi bentuk perkembangbiakan utama, walaupun di beberapa kasus tanaman ini juga dapat berkembang biak dengan batang tanamannya. Selain itu, tanaman terong belanda hampir bisa menyesuaikan diri pada berbagai kondisi tanah dan berbagai kondisi cuaca. Namun, umumnya tanaman terong belanda akan berbuah lebat jika tumbuh di tanah berhumus pada ketinggian sekitar 1000 mdpl.

Baca Juga  Cara Mengatasi Batuk Berdahak Dengan Obat Herbal Pilihan

Penelitian mengenai terong belanda pada bagian akar, batang, atau daun belum banyak dilakukan. Sejauh ini, bagian dari tanaman terung belanda yang dapat dimanfaatkan hanyalah buahnya.

Meskipun tidak terlalu populer menjadi buah sajian, sebenarnya terung belanda juga dapat dinikmati sebagai buah segar. Buah ini memiliki tektur kulit yang ideal untuk dimakan secara langsung, serta rasa yang bisa diterima lidah kebanyakan orang. Selain itu, beberapa masyarakat memanfaatkannya sebagai bumbu masak, sayuran, atau bahkan minuman.

Kini terong belanda juga kerap ditemukan di rumah makan sebagai lalapan dan rebusan atau dijual di pusat oleh-oleh sebagai manisan. Dengan aneka ragam olahan tersebut, mengkonsumsi terong belanda yang memiliki banyak khasiat menjadi sangat menyenangkan. Nah, sahabat, inilah manfaat atau khasiat terong belanda jika dikonsumsi secara rutin.


Sebagai buah yang kaya serat, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa khasiat terong belanda yang paling umum adalah melancarkan pencernaan. Gangguan pencernaan yang umumnya dialami oleh seseorang yang kekurangan cairan atau justru kekurangan serat akan segera teratasi. Selain serat, terong belanda diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Hal ini berfungsi menjaga tubuh tetap segar dan kebal terhadap penyakit. Bagi Anda yang merasa mudah kantuk dan tidak bersemangat, perlu mencoba buah ini. Selain itu, kandungan lain seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium dapat berkhasiat untuk mencegah tulang keropos.

Antioksidan tinggi yang dimiliki oleh terong belanda memungkinkan seseorang yang mengkonsumsinya menjadi lebih kebal terhadap penyakit-penyakit ringan seperti flu, sariawan, dan bahkan juga berpengaruh sebagai anti-aging pencegah kulit keriput. Selain itu, antioksidan sangat baik untuk memulihkan sel DNA yang rusak. Sel DNA yang beregenerasi dengan baik inil juga yang menutup kesempatan sel kanker untuk tumbuh. Itu masih belum cukup.

Antioksidan pada terong belanda dapat berguna untuk menjauhkan penyakit saraf otak seperti alzheimer dan parkinson.
Melihat baiknya nutrisi yang terkandung dalam terong belanda, memang tidak mengherankan jika khasiat terong belanda juga berpengaruh pada penyakit serius. Masyarakat di Negara Kolombia percaya bahwa buah yang satu ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit amandel. Sementara itu, menurut penelitian ilmiah, terong belanda mengandung likopen yang mampu menangkal setiap radikal bebas pemicu kanker. Untuk mendapatkan khasiat ini secara maksimal, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus segar.

Baca Juga  8 Penyebab Telinga Berdengung, Salah Satunya Akibat Stres


Terong belanda dalam bentuk jus juga baik dikonsumsi ketika Anda baru saja memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Terong belanda dapat menetralisir kolesterol sehingga pembuluh darah tetap bersih dan lancar. Mengenai darah, khasiat belanda juga baik untuk obat hipertensi. Diketahui dalam 100 gram terong belanda mengandung setidaknya 321 mg potasium yang sangat cukup untuk mempertahankan tekanan darah normal dan menormalkan detak jantung. Apalagi, serat tinggi dalam buah ini juga bisa menstabilkan gula darah. Selain kandungan kolesterol menurun yang tidak bisa dirasakan secara langsung, setidaknya khasiat terong belanda adalah menurunkan panas dalam.

Dalam komposisi yang lain, pada 100 gram terong belanda juga mengandung hingga 0.9 zat besi. Hal ini menyatakan khasiat terong belanda sebagai pencegah penyakit anemia. Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah dimana akibatnya membuat tubuh menjadi letih, lesu, rentan penyakit, dan malas beraktivitas. Nah, jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut maka Anda sudah tahu apa obatnya.

Terong belanda juga diketahui mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Seperti halnya wortel, khasiat terong belanda dapat mengurangi berbagai penyakit mata seperti katarak dan rabun. Keuntungannya ketimbang wortel adalah bahwa Anda dapat menikmatinya dalam buah segar untuk keseharian.

Nah itu tadi adalah terong belanda yang sangat baik bagi tubuh. Sejauh ini buah yang satu ini belum diketahui memiliki efek samping serius bagi seseorang yang mengkonsumsinya. Bahkan tanaman ini sendiri jarang sekali terkena penyakit seperti jenis terong yang lain. Apabila Anda ingin menanamnya sendiri, maka cara-cara non pestisida pun dapat dilakukan dengan mudah. Cukup memberi tanaman terong belanda udara dan sinar matahari yang melimpah maka buahnya akan lebat.

Meskipun demikian, memakan makanan lain yang memiliki kandungan baik juga sangat diperlukan. Terlebih lagi untuk mendapat kandungan nutrisi yang tidak diproduksi buah-buahan seperti terong belanda. Nah, intinya sahabat, tetap jaga pola dan porsi makanmu, ya!

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *