perkenalan bahasa jerman
5 Ungkapan Mudah Untuk Memulai Perkenalan Bahasa Jerman
March 14, 2019
beasiswa di jerman
5 Program Beasiswa di Jerman Terbesar Untuk Mahasiswa Asing
March 14, 2019

Wujudkan Cita-citamu Dengan Kuliah Gratis di Jerman

kuliah gratis di jerman

Kuliah Gratis di Jerman – Buat kamu yang bercita-cita kuliah di luar negeri, Jerman harus ada di prioritas atas. Kenapa? Selain kualitas pendidikannya yang luar biasa, Jerman membebaskan biaya kuliah bagi semua mahasiswa yang diterima di universitas negeri. Kuliah gratis di Jerman berlaku bagi mahasiswa lokal atau asing, semua mendapat hak dan kesempatan yang sama dalam pendidikan.

Sebagian besar Universitas di Jerman berstatus public atau negeri. Ada sekitar 300 Universitas negeri di Jerman dan hampir semuanya memiliki kualitas yang sama bagusnya. Bahkan beberapa Universitas Jerman masuk peringkat 100 besar terbaik di dunia.

Syarat Kuliah Gratis di Jerman

syarat kuliah di jerman

Lalu apa syarat utama kuliah gratis di Jerman? Apalagi kalau bukan kemampuan dan kapasitas intelektual calon mahasiswa tersebut. Selain prestasi akademik yang dibuktikan dengan IPK yang baik, syarat lainnya yang tidak kalah penting adalah kemampuan bahasa asing.

Tidak semua program studi di Jerman menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahannya. Sehingga selain memiliki bukti skor IELTS atau TOEFL, kamu harus memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jerman minimal pada level B1.

Syarat utama lainnya adalah bukti deposit uang jaminan senilai € 8600. Semua mahasiswa wajib menunjukkan bukti uang jaminan ketika mengajukan visa belajar. Ini karena pemerintah Jerman ingin memastikan bahwa mahasiswa tersebut memiliki modal yang cukup untuk biaya hidup selama tinggal di Jerman.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah, Murah Atau Mahal?

Kalau kamu tidak ingin menyediakan uang jaminan, cara lainnya adalah dengan menunjukkan bukti memperoleh beasiswa. Ada banyak beasiswa yang disediakan baik oleh pemerintah Jerman, organisasi non profit, maupun swasta. Dan yang terbesar tentu saja beasiswa DAAD.

Tiap tahun, puluhan ribu mahasiswa dari berbagai negara mendapatkan bantuan beasiswa penuh dari Deutscher Akademischer Austauschdienst atau dinas pertukaran pelajar Jerman.

Biaya kuliah di Jerman

Universitas negeri di Jerman memang menggratiskan biaya kuliah atau tuition fee, tapi ini bukan berarti mahasiswa tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Tiap semester, ada biaya administrasi yang dibebankan ke mahasiswa. Besaran biaya administrasi ini berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing universitas, tapi rata-rata berkisar antara € 100-250 per semester.

Biaya inipun sebenarnya dikembalikan lagi ke mahasiswa berupa akses fasilitas olahraga gratis, kafetaria, serta transportasi gratis ke sekitar area kampus. Bandingkan dengan beberapa negara tujuan studi lainnya yang membebankan biaya kuliah sangat besar bagi mahasiswa asing.

Tapi biaya kuliah yang sangat kecil, bahkan bisa dibilang gratis ini hanya berlaku kalau kamu diterima di universitas negeri. Sedangkan universitas swasta memberlakukan biaya kuliah yang tidak jauh dibanding negara-negara Eropa lainnya, yaitu antara € 3000 sampai € 20.000 per tahun.

Baca Juga  5 Daftar Universitas di Jerman yang Gratis Biaya

Biaya kuliah universitas swasta memang tinggi, tapi biasanya bidang studi yang ditawarkan sangat spesifik. Selain itu, mereka menawarkan kelas kecil dan fasilitas lebih canggih sehingga biaya yang dikeluarkan sebanding dengan skill yang didapatkan.

Tapi jangan khawatir, kalau kamu sudah terdaftar sebagai mahasiswa, ada banyak peluang beasiswa yang bisa dicoba. Selain itu, universitas swasta biasanya memiliki program beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi.

Biaya hidup di Jerman Termasuk Tinggi

kuliah gratis di jerman

Untuk mahasiswa yang kuliah di negara Eropa seperti Jerman, urusan yang dipikirkan tidak hanya tentang bahan kuliah dan bagaimana meraih prestasi akademik saja. Tapi mereka juga harus memikirkan cara mencukupi kebutuhan sehari-hari. Karena biaya hidup di Jerman memang termasuk tinggi, apalagi untuk ukuran orang Indonesia.

Diperlukan setidaknya € 700 per bulan untuk biaya akomodasi (sewa kamar), makan dan minum, biaya kebutuhan kuliah sehari-hari, dll. Untuk mahasiswa yang mendapat beasiswa penuh, mereka akan ditanggung semua kebutuhannya. Tapi kalaupun tidak mendapat beasiswa dan financial tidak mendukung, kalian bisa memanfaatkan lowongan part time job yang banyak tersedia untuk mehasiswa. Apalagi mahasiswa biasanya diperbolehkan bekerja selama 20 jam/minggu.

Baca Juga  Cara Kuliah di Jerman Serta Persiapan Yang Harus Dilakukan

Nah itu tadi beberapa informasi menarik seputar kuliah gratis di Jerman. Kuliah di luar negeri memang menarik, tidak hanya unggul dalam kualitas pendidikan, tapi kamu ditantang untuk mandiri dalam menyelesaikan berbagai masalah sehari-hari.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kuliah di Jerman? Dapatkan konsultasi gratis mengenai pendidikan Jerman dengan menghubungi Virtu Education di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau www.virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini.

Artikel Terkait

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *