manfaat sarang semut papua
Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Kesehatan Tubuh
August 15, 2018
khasiat buah naga untuk ibu hamil
Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui
August 15, 2018

Kutek Inglot Buat Wanita Apakah Aman dan Halal Digunakan?

kutek inglot

Kutek Inglot – Kutek merupakan salah satu kosmetik yang populer dan digemari para wanita. Berbagai merk kutek menawarkan kutek dengan warna, tekstur dan kemasan yang beragam. Pada dasarnya, kutek biasa mengandung zat anti air dan kedap udara. Sehingga ketika dipakai rasanya tebal dan berat di kuku.

Berkembangnya dunia fashion hijab mendorong orang – orang menciptakan berbagai inovasi. Beberapa tahun terakhir ini munculah kutek ini , inovasi kutek yang diciptakan oleh orang Polandia bernama Wojciech Inglot. Kutek ini diberi nama kutek inglot sesuai dengan nama penciptanya.

kutek inglot

Kutek Inglot Buat Wanita Apakah Aman dan Halal Digunakan?

Kutek inglot ini terbuat dari bahan Highly – Advanced Polymer yang memungkinkan oksigen dan air dapat masuk ke bagian dalam kuku. Produk kutek ini diklaim aman bagi kuku atau O2M Breathable Enamel karena memiliki pori yang bisa ditembus air wudhu sehingga memenuhi kriteria halal bagi umat muslim.

Beberapa penelitian dilakukan untuk uji coba pada kutek ini . Salah satu penelitian dilakukan oleh Shaykh Mustafa Umar dari Director of Education & Outreach in Islamic Institute of Orange Country di California. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengoleskan kutek pada kertas penyaring kopi dan menunggu hingga kertas itu kering. Saat kutek mengering, kertas tersebut lalu ditetesi air.

Baca Juga  Perbedaan BB Cream Dan Foundation Dari Segi Manfaat dan Kegunaan

Ternyata air yang diteteskan menyerap ke bawah kertas. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa kuku yang memakai kutek ini  bisa lembab dan tembus air. Shaykh Mustafa Umar pun memberi label halal pada kutek ini

Biasanya wanita muslimah hanya memakai kutek pada saat periode menstruasi dikarenakan kutek yang biasa menghalangi air wudhu sehingga air tidak terserap pada kuku. Tetapi dengan memakai kutek inglot, para wanita muslim tidak perlu melunturkan kutek yang mereka pakai setiap kali akan melaksanakan ibadah sholat. Bisa dibilang kutek ini “wudhu friendly”.

Kelebihan kutek inglot

Kutek inglot banyak disukai karena selain “wudhu friendly”, produk ini juga bisa mempertahankan kuku dalam kondisi terbaik dan juga tidak membuat kuku menjadi kuning. Terlebih lagi kutek ini  tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti toluene, camphor, dibutyl phthalate dan formaldehyde.

Baca Juga  Manfaat Masker Spirulina Tiens Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kelebihan kutek inglot yang lain yaitu tidak mudah retak dan lebih tahan lama dibandingkan dengan kutek lainnya.

Brand Inglot Cosmetics merilis 112 pilihan warna variasi produk yang mengesankan. Beberapa warna kutek ini  yang ditawarkan mulai dari light, dark, soft matte, metallic, nude hingga pastel. Harga kutek ini dibanderol mulai dari Rp 150.000 – Rp 300.000.

Harga tersebut memang cukup mahal jika dibandingkan dengan merk kutek lainnya. Namun mengingat banyak kelebihan yang dimiliki kutek ini , harga tersebut cukup worth it.

kutek inglot

Pro dan kontra mengenai kutek inglot

Walaupun sudah ada penelitian dan diklaim halal, ternyata masih ada pro dan kontra mengenai kehalalan kutek tersebut.

Menurut pendapat dari salah satu blogger Malaysia yang bernama Shea, cat kuku jenis apapun tidak bisa digunakan sholat walaupun diklaim bisa tembus air dan udara. Ia juga berpendapat bahwa saat berwudu, air harus benar – benar menembus kulit dan kuku bukan hanya sekedar meneteskan air.

Dikutip dari publikasi hijablicious, kutek ini  terbukti halal dan dapat menyerap air dengan baik. Dari publikasi tersebut dikatakan bahwa kutek inglot O2M telah membenarkan bahwa kutek tersebut bisa dipakai saat berwudhu.

Baca Juga  Shampo Kuda Terbaik dan Bermanfaat untuk Anda

Dibalik kontroversi mengenai halal atau tidaknya kutek ini  untuk sholat, ternyata kutek ini banyak dicari. Pada awalnya, kutek ini  hanya dijual di beberapa online shop saja. Namun karena semakin banyak orang yang mereview kutek tersebut, produk kutek ini  semakin populer.

Banyaknya permintaan produk kutek ini  membuat Inglot Cosmetics membuka beberapa gerai di Indonesia. Perusahaan yang didirikan lebih dari 30 tahun yang lalu di Polandia ini membuka gerai pertamanya di Grand Indonesia Central Department Store, Jakarta. Saat ini sudah ada beberapa gerai Inglot Cosmetics di beberapa kota di Indonesia, di antaranya : Jakarta, Bandung dan Makassar.

Lalu, masih penasaran dengan kutek inglot? Coba saja ?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *