susu formula bayi yang mendekati asi
6 Susu Formula Bayi Yang Mendekati ASI Untuk Si Kecil
September 26, 2018
cara mencangkok tanaman
7 Cara Mencangkok Tanaman yang Benar Agar Hidup dan Berbuah
September 26, 2018

Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius

laju endap darah tinggi

Laju Endap Darah Tinggi – Bagi Anda yang rutin melakukan pemeriksaan atau check up, pasti sudah tidak asing dengan istilah Laju Endap Darah atau LED.

Hal tersebut memang umum diperiksakan karena memang sangat penting untuk diketahui, terutama apabila hasil pemeriksaan LED tersebut menyatakan status lanju endap darah tinggi.

Sejarah Uji Lanju Edap Darah Tinggi

Uji LED awalnya diperkenalkan pada tahun 1897 oleh seorang dokter asal Polandia, yaitu Edmund Faustyn Biernacki.

Penelitian ini kemudian justru berlanjut sebagai cara untuk menguji kehamilan wanita, setelah dikembangkan oleh Robbert Sanno Fahraeus pada tahun 1918.

Baca Juga  7 Cara Menaikan Trombosit Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Tidak lama dari itu, tepatnya 1921, cara ini disempurnakan lagi oleh westergren Alf Vilhelm untuk mengukur laju endap darah. Hingga kini, cara ini disebut sebagai metode Westergren.

laju endap darah tinggi
Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Sehingga penemuan ini menjadi sangat penting dalam dunia kedokteran. Kita ketahui bahwa menurut dunia medis hari ini, darah tinggi adalah penyebab dari banyak sekali penyakit serius seperti jantung kororner, stroke, sampai diabetes.

Hal itu disulitkan untuk diantisipasi karena kebanyakan darah tinggi terjadi begitu saja, bahkan penderitanya juga tidak tahu atau tidak merasakan gejala apa-apa.

Tahu-tahu, sudah stoke. Maka tidak heran bahwa banyak orang check up hanya untuk memastikan tidak berstatus laju endap darah tinggi, karena dengan menjaga tekanan darah normal, maka kesehatan mudah dijaga.

Darah tinggi atau hipertensi umumnya terjadi karena adanya plak yang menggumpal di pembuluh darah sehingga tekanan yang ada meningkat. Anda dapat membayangkan selang air pada kasus ini. apabila selang ditekan mejadi lebih kecil, maka air akan menyembur semakin kencang.

Baca Juga  5 Cara Menaikan Hb Rendah yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Hal itu juga terjadi pada darah di pembuluh darah. Ketika aliran darah tidak normal, maka hal itu akan membuat semua organ yang berhubungan akan mengalami masalah, terutama jantung.

Nah, pentingnya Anda rutin mengetes laju endap darah adalah untuk mengetahui kondisi darah sehingga cara-cara tertentu dapat dilakukan sedini mungkin, misalnya langsung tidak mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi apabila ternyata tekanan darahnya tidak normal.

Sehingga untuk mengetahui hal itu, satu-satunya cara hari ini adalah dengan melihat laju endah darah di laboratorium.

laju endap darah tinggi
Berapakah Laju Endap Darah Normal?

Laju Endap Darah atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Erythocyte sendimentation rate secara singkat dapat dipahami sebagai kecepatan sel darah merah mengendap pada suatu saluran yang dilewati. Jika laju endap sel darah merah ternyata berstatus tinggi, maka hal inilah yang biasa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Untuk mengetahui laju endap darah tinggi, tenaga medis menggunakan metode westergren. Seperti yang sudah dijelaskan asal usulnya di atas, metode westergren dilakukan dengan cara mengambil sempel darah, kemudian di masukan ke dalam tabung uji khusus.

Pada tabung uji itu juga dicampurkan antikoagulan. Darah tersebut kemudian didiamkan selama satu jam untuk melihat seberapa cepat sel darah merah sampai ke dasar tabung. Hal tersebut merupakan simulasi pada apa yang terjadi dalam pembuluh darah.

Baca Juga  Manfaat Buah Okra yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

Pada manusia normal atau tidak berstatus memiliki laju endap darah tinggi, pengendapan pada tabung reaksi adalah sebanyak 0-15mm/jam bagi pria dewasa, 0-20mm/jam untuk wanita dewasa, dan 0-10mm/jam bagi anak-anak.

Jika kadarnya lebih dari itu, maka sudah bisa dinyatakan bahwa seseorang tersebut memiliki status laju endap darah tinggi. Misalnya pada penderita tuberkulosis, laju endap darah tingginya mencapai 50mm/jam.

Namun, untuk mendapatkan uji LED yang tepat, Anda juga harus memperhatikan tenaga medis yang bekerja. Kualitas tabung dan perlakuan nyatanya dapat menjadi faktor penting status laju endap darah tinggi.

Tabung harus memiliki tinggi atau kedalaman sesuai syarat tertentu. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya dalah posisi tabung yang harus dalam posisi vertikal sempurna.

Mendapati hasil laju endap darah yang rendah juga belum berarti aman. Faktanya, kecepatan mengendap suatu sel darah merah juga dipengaruhi bentuknya. Ini dapat Anda bayangkan sebagai buah apel yang memiliki berat berbeda-beda tergantung seberapa besar dan seberapa sempurna bentuk apel tersebut. Begitu pula pada darah.

Bentuk abnormal pada sel darah memungkinkan laju endapnya menjadi rendah, padahal di tubuh penderitanya terdapat gejala masalah kesehatan. Keadaan sel darah merah abnormal biasa dimiliki oleh seseorang yang mengalami anemia sel sabit.

Untuk seseorang yang memiliki kelainan sel darah merah, atau memiliki kasus di mana darahnya tidak cukup ideal untuk dilakukan pengujian LED ini, untungnya dapat juga dilakukan pengujian pada protein C-reaktif untuk melihat apakah ada gangguan pada pembuluh darah yang menyebabkan darah tinggi.

Apabila kadar protein c-reaktif dalam tubuh meningkat tajam, maka bisa disimpulkan bahwa telah terjadi infeksi atau peradangan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan protein c-reaktif dikeluarkan hati sebagai bentuk pertahanan tubuh.

Nah, sahabat, itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai lanju endap darah. Apabila Anda mengalami gejala kekebalan tubuh yang kurang baik, atau mengalami infeksi organ tubuh serta mudah terkena virus, ada baiknya Anda memerikasakan diri untuk memastikan tidak memiliki status laju endap darah tinggi. Sahabat, semoga sehat terus, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *